Jual Polybag Murah: Menanam Padi Dalam Polybag

Rabu, 06 Agustus 2014

Menanam Padi Dalam Polybag

Saat ini menanam padi dlm polybag masih belum dikembangkan secara maksimal, tapi untuk masa yg akan datang menanam padi dlm polybag akan jadi keharusan. Hal ini karena ketersediaan lahan yg makin terbatas akibat pembangunan perumahan, pabrik, gedung perkantoran dll.

Selain itu bertanam padi dengan cara seperti ini bagus juga untuk sekedar menyalurkan hobi dan mengisi waktu luang, bahkan anda akan merasakan sensasi dan kebanggan yang luar biasa ketika padi yang anda tanam dengan tangan anda sendiri tumbuh subur, buah menguning dan berisi.



Bahan yang diperlukan :
-   Tanah
-   Polybag / ember plastik dengan diameter 30 - 40 cm
-   Pupuk organik / kompos
-   Benih padi

CARA MENANAM
* Masukkan benih kedalam air, benih yang mengapung / mengambang dibuang, yang tenggelam biarkan rendam  24 jam.
* Benih diperam / bungkus daun / kain / kertas koran  24 jam.
* Buatlan persemaian : 1 bagian tanah kering subur halus : 1 bagian Pupuk Organik Padat, aduk merata, diayak. Wadah persemaian dilapisi plastik. Tinggi  lahan semai 5 - 7cm. Semaikan benih. Tutup benih dengan media semai tadi, tipis saja sekira 1 - 2mm.
* Pertahankan kelembaban benih dengan cara menyemprotnya dengan air biasa, tiap 4-6 jam. Simpan di tempat yang tidak terkena matahari langsung / di tempat yang teduh.

MENYIAPKAN MEDIA TANAM
Siapkan media tanam pada H-1, sehari sebelum menanam padi. Buatlah media tanam: 60% tanah : 40% Pupuk Organik/kompos. Aduk rata. Masukkan ke dalam ember atau polybag tidak berlubang minimal 20 ltr, volume 30 ltr lebih baik. Media tanam agak “dibukitkan” untuk menanam benih ditengahnya, dan pengairan di pinggirannya.

Hari H Penanaman
Tanamkan benih pada usia 5-7 hari.
Tarik pangkal benih menggunakan tangan kanan, jaga agar butir padi (gabah) yang masih menempel tidak rusak (butir padi berfungsi sebagai ari-ari nutrisi akar & daun benih muda).
Dorong pangkal benih secara horizontal dari pinggir hingga pangkal benih terbenam 1cm dengan butir padi menancap ke dalam tanah secara horizontal (pinggir), biarkan akar tergerai di permukaan tanah (jangan ditekan).
Hanya 1 batang benih, daun tidak dipotong.
Simpan di tempat terbuka-matahari penuh.
Pengairan/Penyiraman Sehari-hari

Umur Padi dan Pengairan
- Umur 0 hari – Berbunga merata: Macak-macak
- Berbunga merata – Padi Menguning: Rendam 2-3cm
- Padi menguning – Panen: Keringkan

Panen
Lakukan panen seperti pada umumnya.
Jerami dapat digunakan untuk bahan baku Pupuk Organik Padat .
Tanah/ media tanam dapat digunakan untuk musim tanam berikutnya. Caranya: airi media tanam hingga lembek, kemudian balikkan/telungkupkan sisa bonggol padi – Campur dan adukkan Pupuk Organik Padat – biarkan 1 minggu – tanami kembali benih dari persemaian seperti diatas.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa setiap tahunnya kita kehilangan ribuan hektar lahan pertanian yang dialih fungsikan menjadi sarana perumahan, pertokoan, dan lain-lain. Hal ini tentu sedikit besarnya akan berpengaruh terhadap menurunnya hasil produksi pertanian terutama makanan pokok seperti padi/beras. Menanam padi dengan media polybag atau ember plastik yang akan saya paparkan nanti walaupun tidak menjadi solusi bagi penambahan lahan pertanian dan peningkatan hasil pertanian tapi diharapkan menjadi salah satu alternatif kalau terus diperdalam dan dikembangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar