Jual Polybag Murah: Jadi Begini, Sukses Budidaya Sawo dengan 6 Langkah Mudah!

Senin, 21 Agustus 2017

Jadi Begini, Sukses Budidaya Sawo dengan 6 Langkah Mudah!

Sawo termasuk jenis buah yang kini sudah populer di Indonesia. Sawo mempunyai bentuk yang bulat dan berwarna kulit serta daging berwarna coklat. Buah ini mempunyai rasa yang begitu khas, begitupun dengan kulit tipisnya. Buah sawo mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan sebab banyak nutrisi dan vitamin terkandung didalamanya yang bagus bagi kesehatan. Buah sawo pula mempunyai banyak kandungan air yang tinggi jadi pas guna dijadikan untuk buah segar pencuci mulut.

1. Pengolahan Lahan
Lahan tanah mula-mula disiapkan dahulu sebelum musim penghujan. Lahan awalnya perlu dibersihkan dahulu dari rerumputan, lalu dibajak serta kemudian dicangkul.

2. Jarak Tanam
Untuk jarak tanam tanamannya kira-kira 8-9 m x 8-9 m, jadi tanaman tak bakal berdempetan jika telah dewasa dan besar. Ajir dipasangkan ditempat yang bakal dibuatkan lubang tanam.

3. Lubang Tanam
Bikinlah beberapa lubang yang berukuran 50 x 50 x 50 cm dengan adanya titik tengah pada tempat pengaliran air. Lalu pisahkanlah tanah galian pada bagian atas serta bagian bawahnya. Isikan lubangnya memakai tanah dibagian atas yang sudah dicampur dengan pupuk kandang sekitar 30 kg/lubang. Lalu biarkan lubang tersebut terbuka selama 2 minggu guna mempersingkat masa pelapukan.
*Baca juga Begini 5 Cara Benar Budidaya Pohon Jati, Yang Kabarnya Bisa Bikin Cepat Kaya!

4. Penanaman
Proses penanaman dikerjakan ketika musim hujan. Sebaiknya ini dikerjakan saat sore hari. Polybag lalu dilepas secara hati-hati, tanah jangan sampai pecah. Usahakan pada leher akar masih utuh seperti ketika masa persemaian serta bagian yang sedang diokulasi tak tertimbun dengan tanah. Berilah peneduh, mulsa, serta tanaman yang bisa menutup tanah yang baik di awal perkembangan tanaman sawo.

5. Perawatan Sawo
Perawatan pada tanaman sawo meliputi :
- Pemangkasan
Sawo tak memerlukan pemangkasan pada bunga, ranting serta cabangnya.
- Penyiangan
Gulma perlu disiangi dahulu supaya tak jadi hama bagi tanaman sawo. Penyiangan perlu dikerjakan secara hati-hati. Baiknya, ini dikerjakan dengan hanya mencabut gulma.
- Penggemburan
Penggemburan dikerjakan di sekeliling tanaman, bebarengan dengan proses penyiangan maka akan memberikan efek lingkungan yang bagus untuk perakaran.
- Penyiraman
Ini dikerjakan tiap hari maka tanaman tak mudah layu. Proses penyiraman perlu secara hati-hati karena sawo amat peka pada genangan air.
- Pemupukan
Pemupukan pada tanaman sawo memerlukan sekitar 1.5 kg N, serta 0.5 kg P2O5 dan juga K2O per pohon.
Pupuk tersebut diberikan sebanyak 2 kali setahun, yakni memasuki musim hujan guna menunjang perkembangannya serta memasuki musim hujan usai guna menunjang tingkat produksi pada buah.

6. Pemanenan
Sawo yang diperbanyak dari biji akan awal berbuah sesudah berusia 5 tahun. Sedangkan dari teknik perbanyakan vegetatif, umumnya berbuah sedikit lebih cepat. Untuk jumlah buahnya tergantung pada usia tanaman.

Sawo yang berusia sekitar 15 tahun bisa menghasilkan pemanenan sekitar 280-300 kg buah. Sawo dapat berbuah selama sepanjang tahun namun umumnya ada sekitar 1-2 musim panen raya atau dimana musim panen berlimpah. Daging buahnya yang matang bakal berubah dari yang awal berwarna hijau menjadi warna kuning sedikit kecoklatan.

*Lim Corporation tak hanya menyediakan polybag saja, plastik mulsa, plastik UV, paranet, insectnet, polytnet juga ada. Untuk info harga silahkan bisa langsung klik ---> DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar