HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Buah Naga Mudah Tumbuh Dalam Polybag

Buah naga sekarang ini masuk didalam jenis buah yang banyak disukai oleh mesyarakat di Indonesia, sebab buah tersebut mempunyai rasa asam manis nan lezat. Tak hanya itu, buah naga ini pun juga mempunyai banyak sekali kandungan vitamin yang baik bagi tubuh Anda. Buah naga termasuk tanaman yang tergolong ke dalam keluarga kaktus. Buah naga ini juga identik dengan buah dari Asia, padahal fakta aslinya buah naga ini berasal dari negara Amerika Tengah, Amerika Selatan, serta juga Meksiko.



Budidaya buah naga sendiri dirasa amat cocok Anda kerjakan di daerah yang beriklim tropis seperti contohnya di Indonesia. Tumbuhan ini sudah banyak dibudidayakan di wilayah yang memiliki ketinggian antara 0-300 meter di atas permukaan laut dengan tingkat curah hujan sekitar 720 mm/tahun. Suhu yang ideal guna budidaya buah naga adalah 26-36 derajat celcius.

1. Pemilihan Bibit

Terdapat 2 cara menanam buah naga didalam polybag yaitu bisa memakai bijinya secara generatif serta memakai polybagongan batangnya secara vegetatif. Cara penanaman buah naga didalam polybag memakai bijinya jarang dikerjakan sebab memakan waktu produksi yang sedikit jauh lebih lama. Cara penanaman buah naga didalam polybag memakai polybagongan batangnya dikerjakan dengan cara memangkas batang pohon induk yang mempunyai keadaan sehat, tua serta telah berbuah sebanyak 3- 4 kali. Batang tersebut warnanya hijau gelap kelabu dengan tingkat ukuran ideal sepanjang 20 – 30 cm. polybagongan dari batang tumbuhan induk itu lalu didiamkan hingga getah mengering supaya tak gampang busuk.

BACA JUGA

2. Persiapan Media Tanam

Untuk mengerjakan cara budidaya buah naga di polybag, Anda bisa memakai polybag apa saja dengan diameter sekitar 40-50 cm, tetapi lebih baik jika polybag berukuran pas. Polybag dipilih sebab sudah terdapat beberapa lubang untuk tempat keluarnya air berlebih dari atas tanaman, hal itu juga memudahkan Anda memantau tanah dalam polybag. Guna media tanamnya, Anda bisa memakai campuran tanah, bubuk bata merah, pasir, kompos serta juga pupuk kandang dengan perbandingan sekitar 1:2:2:1:3. Jikalau dibutuhkan juga, tambahkan 100 gram dolomite serta sekitar 20 gram pupuk NPK ke campuran tadi.

3. Penanaman Bibit

Masukkan campuran media tanam sampai 80 persen dari volume polybag. Buat 3 lubang tanam dengan ukuran diameter sekitar 6 cm serta kedalaman sekitar 10 cm. Isikan tiap lubang tanam dengan beberapa potongan batang yang telah disiapkan. Padatkan media tanam tersebut di tiap pangkal bibit buah naga. Sirami secukupnya, jangan sampai menggenangi pangkal dari batang. Pakailah tiang panjat guna mengikat bibit maka bibit buah naga tak akan gampang roboh. Taruh polybag buah naga di area yang terkena cahaya matahari terutama ketika pagi hari.

4. Perawatan Tanaman

- Proses penyulaman yakni penggantian tanaman buah naga yang mati ataupun busuk pangkal batang. Penyulaman tanaman buah naga ini lebih baik dikerjakan seminggu sesudah menanam bibit buah naga di polybag.
- Siram tanaman buah naga dengan teratur secukupnya sesudah hari ke-10 setelah masa penanaman atau sesuai keadaan lahan. Penyiraman bisa Anda kerjakan seminggu sekali sampai usia 6 bulan atau kalau keadaan tanah kering ataupun ketika musim kemarau maka penyiraman bisa dikerjakan 5 – 7 hari sekali. Ketika tanaman buah naga telah mulai berbunga, kerjakan penyiraman setiap 10 – 14 hari sekali. Penyiraman lebih baik dikerjakan waktu pagi. Penyiraman tak dikerjakan lagi kalau buah telah membesar seukuran kepalan tangan, meskipun masih hijau sedikit kemerahan di bagian kulitnya.
- Pemangkasan tanaman buah naga ini dibutuhkan untuk membentuk cabang baru serta cabang produktif, umumnya dikerjakan sejak tanaman sudah berusia 2-3 bulan. Kerjakan pemangkasan di ujung batang sampai menyisakan 40-60 cm dari media tanam. Kelebihan tinggi tumbuhan lebih dari 140-170 cm perlu dipangkas. Umumnya dari batang pokok bakal tumbuh sebanyak 3-4 tunas cabang baru, pilih satu satu tunas yang perkembangannya paling baik serta cepat, serta juga buang tunas lainnya.

5. Pemanenan Buah

Tumbuhan buah naga didalam polybag umumnya bakal mulai berbunga pada usia kurang lebih sekitar 6 bulan. Dibutuhkan juga waktu selama 50-55 hari guna memperoleh buah siap petik dari bagian kuncup bunga. Petiklah buah yang ditandai dengan warna merah di seluruh bagian kulit buah. Rekahan bakal timbul pada buah yang sudah terlambat dipetik yang bisa mengakibatkan buah cepat rusak. Proses panen dikerjakan dengan cara memotong bagian tangkainya dengan memakai gunting ataupun pisau tanpa harus merusak kulit buah. Ukuran dari buah yang Anda panen dari buah naga di polybag akan bergantung dari beberapa hal, yakni meliputi jenis tumbuhan buah naga, pengaturan lahan tanam yang baik, penyiraman air secukupnya, pemupukan, pemangkasan, dan juga yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Buah Naga Mudah Tumbuh Dalam Polybag"

Posting Komentar