HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Bingung Cari Ladang Penghasilan Tambahan, Budidaya Merica dalam Polybag Bisa Jadi Solusinya


Merica yaitu saah satu rempah-rempah asli Indonesia yang sudah terkenal sejak dulu. Di negara Indonesia sendiri, merica umumnya dipakai untuk bumbu masakan yang mempunyai rasa pedas, mempunyai bau yang khas, serta bersifat menghangatkan untuk tubuh. Dari hari kehari, harga jual merica di pasaran semakin tinggi.

Untuk membudidayakan merica atau lada didalam pot atau polybag ini tak memerlukan lahan yang luas. Bukan untuk memenuhi keperluan pribadi saja, tetapi budidaya merica dengan pot ataupun polybag bisa dijadikan ladang penghasilan tambahan, karena harga jual merica yang cukup tinggi. Jadi bagaimana cara menanam merica dalam pot atau polybag. berikut ini cara dan langkah-langkah menanam merica dengan pot atau polybag.

Cara Menanam Merica Dalam Pot atau Polybag

Budidaya merica di halaman rumah sangat menguntungkan, tak hanya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi keperluan pribadi, bisa juga dijadikan sumber pendapatan tambahan yang sangat menguntungkan. Tak perlu lahan yang luas, budidaya sikecil yang kaya akan manfaat ini bisa ditanam di dalam pot ataupun polybag di pekarangan rumah Anda. Tanaman merica yang dibudidayakan dengan pot ataupun polybag ini disebut sebagai lada perdu, karena dalam proses tumbuhnya tak memerlukan media untuk merambat.

Keunggulan Menanam Merica Dalam Pot atau Polybag

Kenggulan yang paling terlihat dari budidaya merica dengan pot ataupun polybag ini yaitu tak memerlukan lahan tanam yang luas. Pekarangan rumah yang umumnya ditanami dengan tanaman hias yang tak menghasilkan nilai ekonomis, sekarang bisa dirubah menjadi lahan untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Lada perdu yaitu jenis tanaman yang bisa berbuah sepanjang tahun. Dalam 1 kali panen, 1 pot tanaman merica bisa menghasilkan sekitar 200gr-300gr merica. Bahkan, sesudah usia tanam lebih dari 3 tahun, 1 pot tanaman bisa menghasilkan 500gr merica bahkan lebih. Walaupun bisa berbuah sepanjang tahun, tetapi dalam 1 tahun umumnya lada perdu hanya mempunyai 2 kali masa panen besar setiap tahunnya. Karena harga jualnya yang cukup tinggi untuk per kilogramnya, membuat hasil budidaya lada perdu sangatlah menggiurkan.

Baca Juga :

Cara Pembibitan Lada Perdu

* Untuk memperoleh bibit lada perdu bisa dari stek cabang primer serta sekunder, atau bisa juga diambil dari cabang primer dengan stek bertapak.
* Kemudian bibit tersebut disemai dalam media pot atau polybag dengan media semai berupa tanah, pupuk kompos, dan pasir.
* Sesudah bibit ditanam dalam pot atau polybag, tutup dengan plastik transparan dengan kadar 60%-70% supaya sinar matahari bisa masuk.
* Untuk mencegah dari serangan hama, berikan jaring untuk melindungi bibit merica.
* Umumnya penyemaian dilaksanakan sekitar 3-4 bulan, sampai akar tanaman tumbuh dengan baik dan kuat ketika dipindahkan.
* Berikan zat organik Trichoderma pada media semai sebelum tanaman dipindahkan tujuannya untuk merangsang pertumbuhan pada akar.


Cara Menanam Merica atau Lada Perdu di Dalam Pot atau Polybag

Apabila pembibitan lada perdu dinilai cukup merepotkan, Anda bisa membeli bibit merica yang dijual oleh para petani. Tetapi harga bibit merica pada setiap daerahnya berbeda. Ketika bibit merica sudah siap, berikut langkah-langkah yang harus dilaksanakan :

* Membudidayakan merica atau lada perdu dengan pot ataupun polybag cukup gampang, Anda tinggal memindahkan bibit merica kedalam pot atau polybag yang lebih besar dengan ukuran sekitar 60cm x 40cm.
* Supaya nuntrisi dan unsur hara pada media tanam meningkat, tambahkan pupuk kandang 10kg, pupuk Trichokompos 10kg, kapur 500gr, dan Trichoderma 100gr. Kemudian diamkan selama 2 minggu sebelum proses penanaman.
* Supaya cara menanam merica dalam pot atau polybag ini lebih optimal, laksanakan pemupukan rutin dengan memakai pupuk kandang seberat 5kg/tahun. Pemberian pupuk dilaksanakan sebanyak 4 kali dalam 1 tahun.
* Untuk dosis pupuk Trichokompos berikan 2kg pada tahun pertama, kemudian pada tahun yang kedua dosis dinaikan menjadi 3kg, dan juga seterusnya.

Perawatan dan Pemeliharaan Lada Perdu

Jika bibit lada perdu sudah dipindahkan kedalam pot dan sudah diberikan pupuk, proses selanjutnya dalam cara menanam merica di dalam pot yaitu melaksanakan perawatan dan pemeliharaan pada tanaman lada, berikut ini caranya :

1. Antisipasi Terhadap Serangan Jamur
Pada cabang tanaman merica yang rimbun, umumnya sangat rentan pada serangan penyakit khususnya jamur jenis P.Capsici karena tingkat kelembaban udara di area sekitar tanaman cukup tinggi. Untuk mengatasinya buatlah penyangga dari kayu yang mirip dengan bentuk setengah lingkaran.

2. Pengendalian Hama Penyakit
Untuk meminimalkan serangan hama penyakit pada tanaman merica, pakailah agensi hayati dan biopestida. Penyakit yang umum menyerang tanaman lada perdu dan cara penanganannya yaitu dengan memakai agensi hayati yaitu sebagai berikut :

* Untuk mengatasi penyakit busuk yang menyerang batang Anda bisa memakai Jamur Trichoderma.
* Pakailah Bakteri Pasteuria untuk menangani penyakit kuning.
* Jamur Beuveria Bassiana untuk menangani hama walang sangit.

Sedangkan biopestisida yang umumnya dipakai untuk mencegah serangan hama pada tanaman lada perdu yaitu seperti ekstrak biji bengkuang, tepung cengkeh, serta ekstrak akar tuba.

Proses Panen

Untuk tanaman lada perdu ini sudah siap dipanen sesudah berusia sekitar 12 bulan sesudah masa tanam. Tetapi, jauh lebih baik apabila ketika umur tersebut bunga dan bakal buah yang tumbuh di buang terlebih dulu, supaya pertumbuhan pada fase berikutnya jadi lebih baik, dan hasil panennya semakin meningkat. Apabila hasil panen meningkat, maka keuntungan yang diperoleh menjadi lebih besar juga tentunya.


Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

CATATAN :
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bingung Cari Ladang Penghasilan Tambahan, Budidaya Merica dalam Polybag Bisa Jadi Solusinya"

Posting Komentar