HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ganti Pemakaian Pestisida, dengan Pengendalian Hama Terpadu

Jual Polybag Harga Murah - Lim Corporation

Sejauh ini petani cenderung menggunakan pestisida sintetis secara berlebihan, berharap serangan OPT segera akan berkurang atau musnah. Usaha pengendalian hama tersebut bertujuan untuk memusnahkan organisme pengganggu tanaman, tanpa memperhatikan kaidah-kaidah ekologi seperti pada keseimbangan dan kestabilan ekosistem. Oleh karena itu cara pengendalian hama semacam ini harus segera ditinggalkan dan beralih pada konsep pengelolaan hama yang berwawasan ekologi. Kurangnya pengetahuan masyarakat akan bahaya yang ditimbulkan oleh akibat penggunaan bahan kimia, hal ini mendorong para peneliti di bidang pertanian untuk mengembangkan teknik pengendalian OPT yang berbasis lingkungan, dan diharapkan tetap menjaga kelestarian agro ekosistem pada lapangan, dengan menurut pada prinsip Pengendalian Hama Terpadu (PHT).

Pengendalian hama dilakukan dengan cara bercocok tanam seperti pemanfaatan tanaman pinggir atau ada yang menyebutnya dengan tanaman perangkap, dapat mendorong stabilitas ekosistem sehingga populasi hama bisa ditekan dan berada dalam kesetimbangannya. Jenis tanaman pinggir yang dipilih harus memiliki fungsi ganda yaitu disamping fungsi sebagai penghalang masuknya hama ke pertanaman pokok, juga dapat sebagai tanaman refugia yang berfungsi untuk berlindung sementara dan penyedia tepung sari untuk makanan alternatif predator, apabila mangsa utama populasinya rendah atau tidak ada di pertanaman pokok. Teknik bercocok tanam seperti penanaman tanaman pinggir bisa mendorong konservasi musuh alami seperti predator.

 https://bit.ly/2dWIjly

Deskripsi Tanaman Refugia dan Jenisnya
Menurut oleh para ahli definisi dari refugia yakni tanaman dari macam-macam tumbuhan yang dapat menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan atau sumberdaya lainnya yang bagi musuh alami seperti predator dan parasitoid. Refugia dapat  berfungsi sebagai mikrohabitat yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam usaha konservasi musuh alami.

Dengan kata lain bahwa refugia yakni tumbuhan yang tumbuh disekitar tanaman yang dibudidayakan, yang dapat berpotensi sebagai mikrohabitat bagi musuh alami, agar pelestarian musuh alami dapat tercipta dengan baik. Bagi musuh alami tanaman refugia ini mempunyai banyak manfaat diantaranya adalah sebagai sumber nektar bagi musuh alami sebelum adanya populasi hama di pertanaman.Suatu konsep pemecahan masalah yang bisa diterapkan dalam pengendalian hama yakni dengan cara menanam tanaman yang digunakan sebagai refugia sehingga konservasi predator dapat terus terjaga.

Jenis - jenis tumbuhan yang berpotensi sebagai refugia :
1.Tanaman hias
Beberapa penelitian telah menyebutkan jenis tanaman hias yang berpotensi sebagai refugia antara lain bunga matahari, bunga kertas zinnia, kenikir dan masih banyak lagi.
2.Gulma
Gulma yang selama ini disebut sebagai tanaman pengganggu ternyata dapat dijadikan refugia. Terutama yang berasal pada family asteraceae seperti babadotan, Ajeran, Bunga tahi ayam.
3.Tanaman liar yang ditanam atau yang tumbuh sendiri di area pertanaman
Tumbuhan liar yang dengan sengaja ditanam atau tumbuh dengan sendirinya di area pertanaman antara lain, bunga legetan, pegagan, rumput setaria, rumput kancing ungu, dan juga kacang hias atau kacang pentoi.
4. Sayuran
Sayuran juga berpotensi sebagai refugia sekaligus bahan pangan antara lain kacang panjang, bayam, jagung.

Syarat Menanam Tanaman Refugia
Tanaman yang ingin dijadikan sebagai refugia sebaiknya dipilih yang memenuhi kriteria diantaranya
- Pilih tanaman yang mempunyai bunga dan warna yang mencolok
- Regenerasi tanaman dapat cepat dan berkelanjutan
- Benih atau Bibit dapat mudah diperoleh
- Mudah untuk ditanam
- Bisa ditumpang sarikan dengan tanaman pematang lain.

Manfaat Menanam Tanaman Refugia
Serangga disebut musuh alami karena seringkali memerlukan tempat berlindung sementara sebelum menemukan inang atau mangsanya.Penanaman tanaman di pinggir lahan bisa dilakukan untuk memenuhi hal tersebut.Selain dapat bertujuan untuk mendapatkan hasil produksi sampingan, penanaman tanaman di pinggir lahan juga  dapat berfungsi sebagai sumber makanan bagi imago baik parasitoid maupun predator dan tempat berlindung berlindung sementara.

Tumbuhan yang berbunga dapat dijadikan sebagai tumbuhan refugia diharapkan untuk dapat dijadikan tempat perlindungan serta sebagai penyedia pakan bagi predator dari hama tanaman padi. Makanan yang didapatkan oleh predator dari tumbuhan berbunga adalah madu dan nektar dari bunga serta serangga hama yang bersembunyi pada tumbuhan tersebut.Selain bisa untuk memperoleh madu dan nektar dari tumbuhan berbunga yang didatanginya, predator juga bisa menemukan mangsa yang bersembunyi di tumbuhan berbunga tersebut. Sehingga predator bisa dengan mudah memangsa mangsanya.

BACA JUGA:

Adanya beragam fauna karena ada tumbuhan refugia akan dapat menyebabkan terbentuknya ekosistem alam yang lebih stabil, yang pada gilirannya akan dapat menjaga terjadinya keseimbangan komponen ekosistem. Dari Kehadirannya tumbuhan berbunga dengan ini sangat penting untuk melakukan pelestarian populasi musuh alami pada suatu ekosistem seperti agroekosistem. Manipulasi habitat dapat dilakukan dengan menanam tumbuhan berbunga yang berfungsi sebagai sumber pakan, inang atau mangsa alternatif, dan juga refugia bagi musuh alami. Tumbuhan atau gulma berbunga yang berperan penting dalam konservasi musuh alami ini biasanya berasal darifamili Umbelliferae, Leguminosae, dan Compositae.

Dengan arti lain manfaat dari menanam tanaman refugia di area pertanaman pokok antara lain :
- Mikrohabitat yang diharapkan mampu untuk memberikan kontribusi dalam usaha konservasi musuh alami
- Sebagai sumber nektar atau pakan bagi musuh alami sebelum adanya populasi hama di pertanaman
- Dapat terciptanya agro ekosistem yang seimbang, dimana jumlah hama yang ada bisa ditekan oleh keberadaan musuh alaminya, sehingga tidak akan menimbulkan kerugian secara ekonomi.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menanam Tanaman Refugia
Mengingat peran dari serangga musuh alami yang dapat menguntungkan untuk membantu pengendalian hama dan penyakit ini, maka diperlukan ada usaha konservasi musuh alami dengan menanam tanaman refugia bersamaan atau mendahului tumbuhan utama. Sebaiknya tumbuhan refugia ditanam sebelum tanaman utama supaya bisa dimanfaatkan sebagai tempat berlindung dan berkembang biak bagi musuh alami dan serangga pollinator yang berperan dalam polinasi yaitu perantara penyerbukan tanaman.


Refugia sangat cocok ditanam di pematang sawah. Diusahakan agar penanaman refugia dapat sejajar dengan sinar matahari sehingga tidak menutupi atau mengganggu penyerapan sinar matahari bagi tanaman utama. Selain dari itu pengolahan lahan dan pemupukan yang tepat sangat dianjurkan agar tanaman refugia tumbuh sesuai yang diharapkan.

Penerapan Tanaman Refugia
Penggunaan tanaman refugia yaitu berupa tanaman kacang panjang dan jagung pada plot tanaman padi pasang surut menunjukkan kelimpahan jumlah serangga herbivora yang di dapat pada subplot dengan tanaman refugia lebih rendah dibandingkan dengan tanaman padi yang tanpa refugia, baik pada vase vegetatif dan juga generatif.

Jumlah hama dilahan padi konvensional lebih tinggi daripada jumlah predator di lahan tersebut. Sedangkan jumlah hama pada lahan organik lebih rendah dari predatornya. Tingginya jumlah predator pada lahan organik ini disebabkan lahan organik memiliki keragaman tumbuhan berbunga yang lebih tinggi dibandingkan keragaman tumbuhan berbunga lahan konvensional.Predator mendatangi tumbuhan berbunga untuk sebagai tempat berlindung maupun mendapatkan makanan.
Jual Polybag Harga Murah

* Ingin info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik link berikut ini http://bit./hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ganti Pemakaian Pestisida, dengan Pengendalian Hama Terpadu"

Posting Komentar