HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Media Tanam Apa Saja yang Bisa Digunakan Untuk Bertanam?

Jual Polybag Harga Murah - Lim Corporation

Media tanam merupakan suatu media atau bahan yang digunakan untuk tempat atau wadah tumbuh dan berkembangnya akar tanaman. Media yang memiliki tekstur ringan dapat menciptakan kondisi aerasi dan drainase yang baik sehingga bisa mendukung pertumbuhan akar. Sistem perakaran tanaman bisa dipengaruhi oleh kondisi pada tanah atau media tumbuh tanaman. Yang dimana perlakuan yang mempengaruhi pola penyebaran akar diantaranya yakni suhu, aerasi, ketersediaan air dan unsur hara. Pemilihan media yang digunakan biasanya mempertimbangkan beberapa hal contohnya porositas baik, pH netral, tekstur baik dan daya simpan air yang besar. Dalam pengembangan tanaman industri yang khususnya tanaman kopi tidak lepas dari keberhasilan pembibitan. Untuk mendapatkan pembibitan yang mempunyai sifat yang sama dengan induknya dengan cara salah satunya yaitu stek batang. Kendala yang dihadapi stek batang diantaranya yakni pertumbuhan akar. Untuk mendapatkan perakaran yang bagus haruslah menyediakan unsurhara yang cukup untuk perkembangan akar dan tunas. Ketersediaan pada unsurhara ini akan sangat tergantung dengan ketersediaan air yang cukup.

http://bit.ly/hargapolybag

Sementara itu juga harus menyesuaikan media tanam yang bagus dalam perkembangan tanaman kopi. Media yang diinginkan oleh tanaman kopi harus mempunyai bahan organik minimal 2% dan tingkat keasaman antara 5,5 sampai 6,5. Dalam perbanyakan stek juga harus menyediakan air yang cukup sehingga bahan organik dapat terserap oleh tanaman. Ketersediaan air sangatlah berpengaruh pada media yang digunakan. Penanaman pada beberapa media terbaik adalah tanah, pasir, kompos dengan perbandingan komposisi 1:1:1 yang dapat meningkatkan pertumbuhan stek Cabe Jamu. Media terbaik pada stek Suren merupakan pasir yang bisa miningkatkan hasil stek Suren.

Berdasarkan dengan tipe bahan penyusunnya, media tanam dapat dibedakan menjadi bahan organik dan anorganik, Berikut ada beberapa macam media tanam yang sering di gunakan.

Media Tanam Arang

Arang dapat berasal dari kayu atau batok kelapa. Media tanam ini sangat cocok digunakan untuk tanaman anggrek di daerah dengan kelembapan tinggi. Faktor itu disebabkan arang tidak lebih sanggup untuk mengikat air dalam jumlah yang tidak sedikit. Keunikan dari media tipe arang ini yaitu sifatnya yang bufer atau disebut juga penyangga. Dengan demikian, jika terjadi kekeliruan dalam pemberian unsur hara yang terkandung di dalam pupuk dapat dengan segera dinetralisir dan diadaptasikan. Sementara itu, bahan media ini juga tidak gampang lapuk sehingga susah untuk ditumbuhi jamur alias eendawan yang dapat menyesalkan tanaman. Namun media arang cenderung miskin bakal unsur hara. Oleh karena itu, ke dalam media tanam ini perlu disuplai unsur hara yang berupa software pemupukan.

BACA JUGA:

Sebelum digunakan sebagai media tanam, idealnya arang dipecah menjadi potongan-potongan keeil terlebih dahulu sehingga memudahkan dalam penempatan di dalam pot. Ukuran pecahan arang ini sangat bergantung pada wadah yang digunakan untuk menanam dan tipe tanaman yang akan ditanam. Untuk mengisi tempat atau wadah yang memiliki diameter 15 em atau lebih, biasanya menggunakan pecahan arang yang berkapasitas panjang 3 em, lebar 2 sampai 3 em, dengan ketebalan 2 sampai 3 em. Untuk wadah atau tempat yang lebih kecil, ukuran pada pecahan arang juga wajib lebih kecil.

Media Tanam Tanah Liat


Tanah liat merupakan tipe tanah yang memiliki tekstur paling halus dan lengket atau berlumpur. Karakteristik dari tanah liat yaitu memiliki poripori berkapasitas kecil yang lebih tidak sedikit daripada pori-pori yang berkapasitas besar jadi memiliki performa mengikat air yang cukup kuat. Pori-pori mikro merupakan pori-pori halus yang berisi air kapiler atau udara. Sementara pori-pori makro merupakan pori-pori kasar yang berisi udara atau air gravitasi yang gampang hilang. Ruang dari setiap pori-pori mikro berkapasitas sangat sempit sehingga menyebabkan sirkulasi air atau udara menjadi lamban. Sebenarnya tanah liat memiliki sifat miskin unsur hara jadi perlu dikombinasikan dengan bahan-bahan lain yang kaya bakal unsur hara. Penggunaan tanah liat yang dikombinasikan dengan bahan-bahan lain semacam pasir dan humus sangat tepat untuk dijadikan sebagai media penyemaian, eangkok, dan bonsai.

Media Tanam Vermikulit dan perlit

Vermikulit merupakan media anorganik steril yang dihasilkan dari pemananasan kepingan-kepingan mika dan mengandung potasium dan H’,lum. Berdasarkan dengan sifatnya, vermikulit merupakan media tanam yang memiliki performa kapasitas tukar kation yang tinggi, pada khususnya dalam kondisi padat dan di saat basah. Vermikulit dapat menurunkan berat jenis, dan menambah daya serap air jika digunakan sebagai campuran media tanaman. Jika digunakan sebagai campuran media tanam, rmikulit dapat menurunkan berat tipe dan menambah daya absorpsi air sehingga dapat dengan mudah diserap oleh akar tanaman. Tidak mirip dengan vermikulit, perlit merupakan produk mineral berbobot ringan dan memiliki kapasitas tukar kation dan daya serap air yang rendah. Sebagai campuran untuk media tanam, kegunaaan perlit sama seperti Vermikulit, yaitu menurunkan berat tipe dan menambah daya serap air. Pemakaian pada vermikulit dan perlit sebagai media tanam disarankan untuk dikombinasikan dengan bahan organik untuk dapat mengoptimalkan tanaman dalam menyerap unsur-unsur hara.

Media Tanam Gabus/styrofoam

Styrofoam merupakan bahan anorganik yang terbuat dari kopolimer styren yang dapat dijadikan sebagai pilihan media tanam. Umumnya, styrofoam hanya digunakan sebagai media aklimatisasi/penyesuaian diri bagi tanaman sebelum ditanam pada lahan. Proses aklimatisasi tersebut hanya sementara. Styrofoam yang digunakan berbentuk kubus jengan ukuran 1 x 1 x 1 cm. Saat in, beberapa nursery menggunakan styrofoam sebagai campuran media tanam untuk menambah porousitas media tanam. Untuk menggunakan media ini, styrofoam yang digunakan dalam bentuk yang sudah dihancurkan menjadi bola-bola kecil, berkapasitas sebesar seperti biji kedelai. Pada penambahan styrofoam ke dalam media tanam membuatnya menjadi riangan. Namun, pada media tanam tidak jarang dijadikan sarang oleh semut.

https://bit.ly/2dWljly

Media Tanam Batang Pakis

Berdasarkan dengan warnanya, batang pakis dibedakan menjadi 2 tipe, yakni batang pakis hitam dan batang pakis coklat. Dari 2 tipe tersebut, batang pakis hitam lebih biasa digunakan sebagai media tanam. Batang pakis hitam ini berasal dari tanaman pakis yang sudah tua jadi lebih kering. Bukan hanya itu, batang pakis ini juga mudah untuk dibentuk menjadi potongan kecil dan dikenal sebagai cacahan pakis. Selain dalam bentuk cacahan, batang pakis juga banyak dipasarkan sebagai media tanam yang sudah siap pakai dalam bentuk lempengan persegi empat. Biasanya bentuk lempengan pakis digunakan sebagai media tanam anggrek. Kelemahan dari lempengan batang pakis ini yakni tidak jarang dihuni oleh semut atau binatang-binatang kecil lainnya. Karakteristik yang menjadi keunggulan media batang pakis lebih disebabkan sifat-sifatnya yang gampang mengikat air, memiliki aerasi dan drainase yang baik, dan bertekstur lunak sehingga mudah ditembus oleh akar tanaman.

Jual Polybag Harga Murah
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Media Tanam Apa Saja yang Bisa Digunakan Untuk Bertanam?"

Posting Komentar