HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Macam-macam Sayuran yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan

Jual Plastik Polybag Murah - Lim Corporation

A. Tanaman Yang Cocok Dibudidayakan Saat Musim Hujan

Ada 2 sisi hujan bagi para petani yaitu disatu sisi musim hujan merupakan berkah bagi kita semua terutama yang berprofesi sebagai petani, namun disisi lain kita sering direpotkan oleh berbagai masalah yang terjadi pada tanaman ketika musim hujan. YAng terutama yakni masalah gangguan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang intensitasnya akan meningkat tajam. Saat musim hujan pekerjaan kita sedikit lebih ringan sebab tidak perlu menyiram tanaman, tanaman juga akan tumbuh subur karena kebutuhan air terpenuhi. Namun kita juga harus selalu waspada terhadap serangan hama dan penyakit yang tertentu. Intensitas hujan yang tinggi akan mengakibatkan meningkatnya kelembaban udara, yang dimana pada kondisi ini beberapa jenis hama penyakit berkembang biak dengan cepat. Terutama yaitu penyakit jamur dan bakteri.

BACA JUGA:

B. Tips Budidaya Sayuran Dimusim Hujan

Untuk mengantisipasi kerugian yang diakibatkan serangan hama dan penyakit dimusim hujan kita perlu untuk melakukan tindakan yang tepat untuk pencegahan atau setidaknya mengurangi resiko kegagalan. Saya yakin setiap petani mempunyai cara tersendiri dalam mengantisipasi setiap resiko yang mungkin dialami. Berikut ada beberapa tips bercocok tanam pada saat musim hujan :
1. Memakai varietas unggul yang toleran terhadap curah hujan yang tinggi
2. Membudidayakan jenis tanaman yang tepat dengan sifat tahan pada musim hujan
3. Pengolahan lahan dengan baik yang disesuaikan pada kondisi lahan setempat, misalnya pengapuran, pengukuran pH tanah dan pembuatan bedengan untuk tanaman.
4. Memperbaiki drainase supaya air hujan tidak menggenang dilahan pertanaman, terpenting pada lahan datar atau sawah.
5. Menanam dengan jarak tidak terlalu rapat dengan tujuan untuk mengurangi kelembaban pada tanah.
6. Menggunakan mulsa plastik yang berguna untuk menjaga kelembaban tanah tetap stabil.
7. Sanitasi atau menjaga kebersihan lahan dengan cara membersihkan gulma atau rumput liar.
8. Memantau dan selalu mengontrol tanaman secara rutin agar tindakan dilakukan dengan segera apabila terdapat tanaman yang terserang hama maupun penyakit.
9. Menggunakan pestisida dengan tepat dan benar untuk menghindari pemborosan.
10. Menggunakan pestisida yang tidak gambang tercuci oleh air hujan, sebaiknya menggunakan perekat, pembasah dan perata saat melakukan penyemprotan.

http://bit.ly/hargapolybag

C. Jenis-jenis Tanaman Sayuran yang Cocok Dimusim Hujan

Seharusnya semua jenis tanaman baik sayuran daun ataupun sayuran buah cocok ditanaman pada musim hujan, hanya saja saat musim hujan tanaman membthkan perawatan yang lebih intensif. Positifnya kita tidak perlu lagi menyiram jadi lebih menghemat tenaga dan biaya penyiraman. Jenis-jenis tanaman yang paling cocok dan sesuai untuk dibudidayakan saat musim hujan yaitu tanaman yang berumur pendek dan memerlukan banyak air. Biaya untuk produksi budidaya tanaman sayuran yang memiliki umur pendek pada umumnya tidak terlalu besar dengan masa panen yang cepat sehingga untuk resiko kegagalan dan kerugian lebih rendah. Tanaman sayuran yang berumur pendek contohnya sayuran daun dan sayuran buah yang masa panennya tidak lebih dari 45 hari. Berikut jenis-jenis sayuran yang cocok dibudidayakan pada musim hujan :

Sayuran daun    

- Kangkung
- Sawi hijau/Pakcoy
- Sawi putih
- Sawi pahit
- Bayam Buncis
- Seledri
- Bawang daun

Sayuran Buah

- Blustru
- Mentimun
- Pare/Paria
- Kacang panjang
- dll

Dari beberapa jenis tanaman sayuran diatas merupakan tanaman berumur pendek yang cocok ditanam pada saat musim hujan. Serta beberapa pertimbangan yang diantarannya yaitu modal tidak terlalu besar, cepat untuk proses panen, memerlukan banyak air, dan lebih toleran pada curah hujan tinggi jadi resiko kerugian akan lebih kecil. Walaupun demikian budidayanya harus dilakukan dengan cara yang tepat untuk mengantisipasi resiko kegagalan. Tanaman sayuran lainnya misalnya cabai dan tomat dapat ditanam dimusim hujan, namun kedua jenis sayuran buah tersebut membutuhkan pemeliharaan yang super intensif serta membutuhkan modal yang tidak sedikit.

https://bit.ly/2dWIjly

D. Jenis-jenis Hama dan Penyakit Tanaman Dimusim Hujan

Budidaya sayuran pada musim hujan harus dilakukan dengan cara yang tepat dan lebih intensif, sebab beberapa jenis Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) berbahaya selalu mengancam tanaman. Ada beberapa jenis hama dan penyakit tanaman dimusim hujan diantaranya yaitu layu bakteri, antraknosa, layu fusarium, akar membusuk, daun membusuk, batang membusuk, dan terakhir bercak daun. Sementara hama tanaman yang banyak menyerang sayuran disaat musim penghujan diantaranya yakni hama jangkrik, hama gangsir, hama ulat grayak, hama ulat buah, hama kutu kebul, hama lalat buah, hama bekicot dan masih banyak lagi. Hama dan penyakit tersebut perlu untuk diwaspadai sebab intensitas serangannya lebih tinggi daripada dimusim kemarau. Disarankan untuk melakukan pemantauan sejak dini supaya dapat segera dilakukan pengendalian sebelum keadaan akan menjadi lebih parah.
Jual Polybag Harga Murah
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-macam Sayuran yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan"

Posting Komentar