HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ragu Menanam Brokoli di Lahan Sempit? Gunakan Polybag Saja!

Jual Polybag Pertanian & Perkebunan - Lim Corporation

Brokoli adalah salah satu sayuran yang kebanyakan diolah untuk makanan sayur sop, tumis dan capcai. Sayuran ini tentu sudah menjadi sayuran populer bagi kita semua bukan? Sekarang kita akan mencoba menanam brokoli di rumah sendiri, bisa dengan memakai pot maupun polybag, atau menggunakan wadah yang bisa digunakan yang tersedia di rumah.

Ada dua jenis brokoli yang umumnya kita kenal dipasar-pasar tradisional dan pasar swalayan, yakni brokoli putih dan brokoli hijau, namun untuk manfaatnya untuk kesehatan tubuh brokoli hijau lebih bermanfaat daripada brokoli putih. Mari kita mulai melakukan menanam brokoli, berikut ada beberapa langkah-langkah yang menjelaskan cara menanam brokoli.

Untuk memperoleh kualitas tanaman yang baik, pada proses pembibitan sebaiknya sebelum disemai benih, perlu untuk diberi beberapa perlakuan sebagai berikut:

1. Mensterilkan benih dengan cara merendam benih dengan memakai larutan fungisida dengan dosis yang sudah disarankan atau dengan merendam benih kedalam air panas sekitar 550C selama 15-30 menit.
2. Menyeleksi benih, dengan cara merendam benih kedalam air, benih yang baik akan tenggelam dan benih yang tidak baik akan mengambang.
3. Rendam benih dengan lama waktu 12jam lebih atau hingga benih sudah terlihat pecah supaya benih cepat berkecambah.

http://bit.ly/hargapolybag

Penyemaian dikerjakan dengan menaruh benih di tray atau polybag kecil dengan kedalaman 0,2-1,0 cm. Dapat juga dengan memakai wadah yang lebih lebar untuk menyemai, jadi tidak perlu repot untuk menyemai benih satu-satu ke dalam tray ataupun polybag. Media semai yang ideal yakni campuran tanah halus atau gembur, pupuk kandang matang dan arang sekam dengan menggunakan perbandingan 2:1:1 atau 1:1:1.

Proses Penanaman Brokoli

Setelah bibit mempunyai 4 helai daun atau berumur 1 bulanan, umumnya disebut dengan daun sejati. Penanaman dikerjakan pada wadah atau tempat polybag atau pot maupun langsung halaman rumah. Media tanam yang digunakan yaitu media tanam yang mempunyai unsur hara dan drainase yang baik untuk menunjang pertumbuhan. Pakailah tanah yang bertekstur gembur dengan campuran pupuk kandang yang sudah matang maupun pupuk kompos, alangkah baiknya tambahkan juga arang sekam bila tersedia. Perbandingan di antara tanah, pupuk kandang dan arang sekam yakni 2:1:1.

Proses Perawatan Brokoli

Ketika tanaman sayur brokoli telah tumbuh dengan sehat, kita perlu untuk melakukan perawatan untuk membantu pertumbuhan brokoli. Dalam proses perawatan ketika menanam brokoli, berikut ini hal yang perlu untuk dilakukan yakni:

Penyiraman

Penyiraman dikerjakan pada waktu pagi atau sore hari, jika musim kemarau dikerjakan 1-2 kali sehari terutama saat tanaman baru pindah tanam dan saat pembentukan bunga. Apabila di musim hujan bisa dilihat kondisinya, yang terpenting yaitu menyesuiakan saja dan tidak boleh meninggalkan media tanam yang menjadi kering.

BACA JUGA:
Pemupukan Tanaman Brokoli

Proses pemupukan dikerjakan secara berkelanjutan yaitu minggu pertama, minggu ketiga dan kelima dari penanaman (bukan pembenihan). Secara teknisnya, untuk melakukan metode pemupukan dari proses menanam brokoli, dengan melarutkan NPK sekitar satu sendok teh kedalam satu ember air dengan ukuran 5 liter, lalu siramkan keatas tanah sekitar tanaman. Pemberian  pupuk secara berlebihan dapat menyebabkan tanaman kering atau terbakar. Penyiraman larutan pupuk juga perlu untuk menghindari bagian daun brokoli.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Jika ada hama dan penyakit yang membutuhkan tindakan pengendalian dapat dilakukan dengan cara manual atau penyemprotan dengan pestisida. Apabila jumlah tanaman hanya sedikit dam memungkinkan untuk penanggulangan manual, bisa dilakukan secara manual. Tetapi bila tidak ingin repot, penyemprotan pestisida bisa dilakukan. Pakailah pestisida nabati atau alami, dapat dengan membuat sendiri ataupun membeli.

Perempalan Tanaman

Saat tanaman telah memasuki tahap masa berbunga, maka pada ketiak daun yang dekat dengan calon bunga akan mulai bermunculan tunas-tunas tanaman baru, supaya pertumbuhan dapat fokus pada calon bunga maka penting untuk melakukan perempalan tunas-tunas tersebut. Perempalan ini dapat dijadikan opsi saja, tunas baru dibiarkan tumbuh, tetapi bunga brokoli yang dihasilkan akan berukuran kecil. Jadi Anda memilih yang mana? Saya akan memberi tips untuk anda yaitu Tunas baru yang tadinya disingkirkan jangan dibuang dengan begitu saja, dijadikan olahan sayur dengan ditumis misalnya. Dengan begitu lebih bermanfaat.

https://bit.ly/2dWIjly

Tunas hasil Perempalan

Sesudah muncul bunga, opsi berikutnya yaitu bunga brokoli inginkan berwarna hijau gelap atau terang? Apabila anda menginginkan hijau terang maka daun-daun tua tanaman diikat ke atas untuk menutupi bunga yang sedang tumbuh yang berfungsi untuk melindungi melindungi bunga dari sinar matahari.

Proses Panen Brokoli

Pemanenan brokoli dapat dilakukan pada usia 55-100 hari sesudah tanam, tergantung pada jenis varietasnya.

Jual Polybag Harga Murah
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ragu Menanam Brokoli di Lahan Sempit? Gunakan Polybag Saja!"

Posting Komentar