HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Lengkap dan Mudah Menanam Kopi Robusta Bagi Pemula

Jual Polybag Perkebunan - Lim Corporation

Kopi merupakan tanaman tahunan yang bisa mencapai usia poduktif sampai 20 tahun. Kopi termasuk komonditas tanaman perkebunan yang paling banyak untuk perdagangkan, jadi tidak heran bila kopi banyak ditanam maupun dibudidayakan. Pusat budidaya kopi terdapat di Amerika latin, Asia Pasifik dan Amerika tengah serta  Afrika. Sementara untuk konsumen kopi terbesar berada di negara-negara seperti benua Eropa dan Amerika utara. Terdapat 2 jenis varietas utama tanaman kopi yang banyak dipakai yaitu kopi arabika dan kopi robusta. Namun selain 2 jenis kopi tersebut ada juga varietas turunan atau subvarietas dari kopi arabika dan robusta, salah satunya yaitu kopi luwak asli Indonesia. Di kesempatan ini kita akan membahasa tentang cara menanam kopi robusta.

Cara Budidaya Kopi Robusta

Syarat Tumbuh
Tanaman kopi dapat tumbuh secara optimal pada daerah iklim tropis ketinggian sekitar 800 sampai 1500 mdpl, mempunyai curah hujan yang sekitar 2000 sampai 3000 mm per tahun, mempunyai suhu udara yang optimal sekitar 21 sampai 24 derajat celcius. Tanaman kopi dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang mempunyai struktur tanah yang gembur dan kaya baham organik.

http://bit.ly/hargapolybag

Persiapan Bibit Kopi Robusta
Bibit kopi robusta bisa didapatkan dengan 2 cara yaitu cara generatif memakai biji dan vegetatif memakai cara okulasi dan kultur jaringan. Tetapi umumnya para petani memakai cara generatif yang lebih sederhana dan ekonomis walaupun mempunyai kelemahan tidak 100% mempunyai sifat unggul dari tanaman induk.

- Bibit dipilih dari tanaman induk kondisi yang sehat, sudah berproduksi sekitar 4 sampai5 kali, juga toleran terhadap hama dan penyakit.
- Kopi yang akan dijadikan bibit yaitu kopi yang sudah masak fisiologi atau sudah merah.
- Berikutnya pisahkan kulit dari biji, kemudian biji dicuci dan dikeringkan dengan anginkan tidak terkena cahaya matahari untuk melakukan persemaian atau perkecambahan biji selama sekitar 2,5 bulan dengan memakai media tanah dan pasir. Ukuran media semai tersebut sekitar 10x120x35 cm dan ditutupi atau dinaungi dengan menggunakan jerami atau alang-alang kering.
- Apabila benih sudah berkecambah, benih dipindah tanamkan dalam polybag dengan media tanam yang berupa campuran tanah dengan pupuk kandang. Tanam benih tersebut ke dalam polybag. Bibit bisa dipindah tanamkan pada lahan tanam sesudah berumur sekitar 5-6 bulan.

Persiapan Lahan Tanam
Lahan yang akan dipakai untuk menanam atau budidaya kopi robusta dibersihkan dulu dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Kemudian lakukan penggemburan tanah lahan dengan dicangkul atau dibajak.

Penanaman Tanaman Pelindung
Untuk dapat mengurangi intensitas cahaya secara langsung ke tanaman pada fase kritis 1 sampai 2 tahun, untuk menjaga kelembaban serta bisa dijadikan bahan pupuk organik maka harus melakukan penanaman tanaman atau pohon pelindung yang berupa pohon lamtoro. Pohon lamtoro ditanam 2 sampai 3 bulan sebelum bibit kopi robusta di tanam pada lahan dengan pola tanam berpagar ganda maupun membentuk persegi empat.

BACA JUGA:

Penanaman Kopi Robusta
Apabila pohon pelindung sudah ditanam, berikutnya 1 sampai 2 minggu sebelum tanam buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 40 x 40 x 40 cm serta beri jarak antar lubang sekitar 2,5×2,5 meter. Apabila semuanya sudah siap, kemudian lakukan penanaman bibit kopi robusta. buka polybag bibit dengan hati-hati lalu letakkan bibit pada lubang yang sudah disiapkan lalu timbun kembali dan padatkan.

Perawatan Tanaman Kopi Robusta

Penyulaman
Sebelum tanaman kopi menanjak berumur seminggu sesudah tanam, penyulaman dilakukan pada tanaman kopi yang tumbuh tidak normal atau mati serta ganti dengan tanaman kopi yang baru.

Penyiangan
Penyiangan dilakukan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada pada lahan. Penyiangan tersebut bisa dikerjakan secara manual dengan menggunakan koret atau yang lainnya atau dapat pula secara kimiawi dengan menggunakan herbisida.

Pembubunan
Pembubunan yaitu menaikkan tanah tepat disekitar tanaman kopi dengan tujuan menggemburkan tanah. Kegiatan pembubunan ini dikerjakan bersamaan dengan penyiangan.

Pemupukan
Pemupukan pertama dikerjakan ketika tanaman berumur sekitar 2 bulan sesudah tanam dengan memakai pupuk Urea, SP 36 juga KCL, dosis yang diberikan ke tanaman kopi diberikan disesuakan dengan umur tanaman kopi. Pemberian pupuk ini dikerjakan dengan cara ditabur atau dibenamkan dengan membuat larikan.

https://bit.ly/2dWIjly

Pemangkasan Pohon Pelindung
Lakukan pemangkasan pada pohon pelindung jika pohon pelindung nampak rimbun.

Pemangkasan Tanaman Kopi
Pemangkasan ini dikerjakan sesudah tanaman kopi mempunyai sistem percabangan yang kuat dan sudah berumur sekitar 4 sampai 5 tahun dengan ketinggian sekitar 1,8 cm sampai 250 cm. Pemangkasan ini dimaksudkan untuk merangsang pertumbuhan cabang buah baru, pembentukan bunga serta membuang cabang yang tidak produktif atau cabang yang terserang hama penyakit. Terdapat 3 pemangkasan yaitu pemangkasan bentuk, produksi dan juga pemangkasan peremajaan.

Pemanenan Kopi Robusta
Kopi Robusta bisa dipanen sesudah berumur sekitar 3 sampai 4 tahun tergantung dari varietas jenisnya. Siklus pemanenan kopi robusta bisa dikerjakan setelah 8 sampai 9 bulan sesudah pembungaan. Dalam setahun bisa dilakukan pemanenan dengan sebanyak 2 kali secara bertahap dengan istilah musim buah selang yaitu pada bulan februari sampai maret dan musim buah besar pada bulan april sampai september. Buah kopi yang dipanen yaitu buah yang telah masak dan berwarna merah.

Produsen Polybag Pembibitan
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Lengkap dan Mudah Menanam Kopi Robusta Bagi Pemula"

Posting Komentar