HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ternyata, Ini Bentuk dari Revolusi Industri 4.0 dalam Sektor Pertanian

Jual Polybag Tanaman Kualitas Terbaik - Lim Corporation

Masuk di era revolusi industri 4.0, berbagai macam aktivitas pasti dikaitkan dengan pemakaian mesin-mesin otomasi yang terintegrasi dengan jaringan internet. Karena semakin canggihnya teknologi pada era ini membuat keadaannya semakin berbeda. Seluruh sektor bisnis, pendidikan, dan politik sudah berevolusi. Kemudian bagaimana dengan revolusi industri 4.0 pada sektor pertanian?

Untuk revolusi industri 4.0 dalam sektor agrikultur ternyata lebih dominan terjadi di daerah Eropa. Hal ini diakibatkan oleh adanya bencana demografi, yaitu kondisi di mana jumlah penduduk yang berusia produktif lebih sedikit dibanding penduduk yang berusia nonproduktif jadi tenaga penduduk harus digantikan dengan teknologi.

Sementara itu di Indonesia, revolusi industri 4.0, terutama di sektor pertanian belum begitu berhasil berkembang. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab revolusi industri 4.0 belum berhasil diterapkan di Indonesia menurut LINE Jobs.

1. Sumber Daya Manusia

Nyatanya sebagian besar petani berusia lebih dari 40 tahun dan lebih dari 70% petani di Indonesia hanya berpendidikan setara SD bahkan bisa di bawahnya. Pendidikan formal yang rendah tersebut mengakibatkan pengetahuan dalam pengolahan pertanian tak berkembang serta monoton. Petani hanya mengolah pertanian seperti umumnya tanpa menciptakan inovasi terbaru demi meningkatkan hasil pangan yang berlimpah.


2. Kondisi Lahan Pertanian di Indonesia

Tak bisa dipungkiri bahwa penyebaran penduduk dan pembangunan di Indonesia belum sepenuhnya merata. Hal tersebut dibuktikan dengan masih banyaknya lahan tidur atau lahan yang belum digarap oleh masyarakat di daerah pedalaman. Dan untuk lahan di suatu wilayah strategis, justru menjadi rebutan dengan harga mahal.

Artikel Terkait:
Dan mengingat harga tanah yang semakin melonjak tinggi, luas kepemilikan lahan pertanian para petani di Indonesia pun rata-rata kecil. Bahkan, sebagian besar petani hanya bisa menggarap lahan milik orang lain jadi hasilnya pun harus dibagi dua. Bukan hanya itu dampak akibat konversi lahan pertanian menjadi nonpertanian yang mencapai 150 ribu—200 ribu hektare setiap tahun juga megakibatkan petani kekurangan lahan untuk bercocok tanam.

3. Teknologi Belum Sepenuhnya Diterima Masyarakat

Karena sistem pengalihan teknologi dari tradisional menjadi modern dalam pengolahan pertanian belum mampu diterima secara luas oleh para petani yang masih banyak memilih memakai peralatan tradisional dibandingkan dengan peralatan teknologi canggih. Tak hanya keterbatasan biaya, keterbatasan pengetahuan juga menjadi faktor yang menghambat laju teknologi untuk merambah sektor pertanian secara meluas.

Dan di sinilah peranan pemerintah sangat dibutuhkan untuk memberikan edukasi yang cukup bagi para petani supaya bisa memajukan sektor pertanian di era revolusi industri 4.0 ini. Adapun beberapa hal yang bisa dilaksanakan mungkin bisa memberikan seperti penyuluhan besar-besaran dan melaksanakan peragaan pemakaian alat pertanian yang dilengkapi dengan teknologi modern.

Untuk teknologi masa kini memang sudah merambah ke berbagai sektor sampai ke berbagai akses kehidupan. Akan tetapi teknologi juga harus dipakai secara bijak dengan tetap melihat dampaknya dari berbagai sisi. Contohnya dalam pertanian jangan sampai teknologi hanya dikuasai oleh segelintir orang atau merusak ekosistem yang ada tanpa memedulikan keseimbangan lingkungan tersebut.
Produsen Plastik Polybag
*Ingin info lengkap mengenai harga Polybag? silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata, Ini Bentuk dari Revolusi Industri 4.0 dalam Sektor Pertanian"

Posting Komentar