HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Menanam Padi yang Baik dan Menguntungkan Bagi Petani

Jual Polybag Harga Murah - Lim Corporation

Bagi seluruh masyarakat Indonesia, padi adalah salah satu tanaman budidaya yang paling utama. Karena olahan dari padi atau nasi merupakan makanan pokok untuk masyarakat Indonesia. Hal ini didukung oleh iklim Indonesia yang bersifat tropis, sehingga tanaman padi bisa tumbuh subur. Dengan demikian, untuk memperoleh panen yang melimpah, harus mengetahui tentang cara menanam padi yang baik dan menguntungkan. Karena padi merupakan bahan makanan pokok, dan negara kita pun memiliki julukan negara agraris, tetapi produksi padi nasional belum bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Belum lagi dengan banyaknya kendala dan kesulitan yang dijumpai saat melakukan proses penanaman padi hingga masa panen. Tidak jarang juga banyak petani padi merugi akibat dari serangan hama dan pengelolaan lahan yang kurang tepat. Simak cara menanam padi yang baik dan benar supaya memperoleh hasil yang menguntungkan.

http://bit.ly/hargapolybag

Cara Menanam Padi yang Baik dan Menguntungkan

Tanaman padi yang sehat adalah kunci awal yang harus dipenuhi supaya produktivitas lahan pertanian tinggi. Maka sedari semula tanaman padi harus diperlakukan secara baik, supaya unsur hara serta air mampu diserap dengan baik oleh tanaman.
Berikut cara menanam padi yang baik dan menguntungkan dari menurut ahlinya.

1. Pemilihan Benih Berkualitas

Benih padi yang berkualitas adalah hal yang penting apabila kita ingin meningkatkan hasil budidaya padi. Kini di pasaran terdapat banyak varietas benih padi yang bisa Anda cocokkan dengan kondisi lahan serta permintaan pasar. Ada beberapa ciri dari beras varietas unggulan:
- Tahan pada serangan hama dan penyakit
- Toleran pada kondisi lingkungan
- Bisa mengasilkan panen yang berlimpah
- Ketika direndam dengan larutan ZA 20 gr, benih tenggelam atau tidak mengapung.

2. Proses Penyemaian Benih Padi

Benih padi yang telah siap untuk segera disemai, langkah-langkahnya berikut ini:
- Membuat bedengan dengan ukuran lebar 1 – 2 m. Luas persemaian untuk lahan 1 hektar yakni sekitar 400 m atau 4% dari luas lahan.
- Tambahkan 2 kg bahan organik seperti pupuk kompos dan kandang, sekam padi atau abu. Apabila Anda berminat untuk mengolah kompos yang terbuat dari bahan sisa pertanian.
- Benih yang akan disemai haruslah direndam dahulu sekitar 2 x 24 jam
- Persemaian dikerjakan selama 25 hari sebelum masa tanam, usahakan untuk tempat menyemai benih padi berdekatan dengan lokasi tanam supaya pemindahan benih tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan benih tetap segar.
- Benih yang disemai tidak harus terbenam semuanya, sebab justru akan dapat menyebabkan kecambah terinfeksi patogen dan akhirnya membusuk.

3. Proses Pengolahan Lahan Pertanian

Sebelum melakukan menyemai benih padi, lakukanlah pengolahan lahan supaya lahan yang semula mengeras menjadi lebih gembur, datar dan berlumpur. Dengan begitu, gulma yang sempat hadir akan mati dan membusuk secara sendirinya dan menjadi humus yang baik untuk tanah. Ketika melakukan pengolahan lahan, lakukan juga untuk perbaikan dan pengaturan pematang sawah dan selokan, tujuannya yaitu supaya pengaturan irigasi lebih baik dan tidak boros pada air. Pengolahan lahan atau sawah bisa dilakukan dengan cara membajak atau mencangkul tanah, lalu lahan digenangi dengan air.

BACA JUGA:

4. Proses Penanaman Padi

Setelah persiapan benih dan lahan sudah selesai, maka benih sudah dapat ditanam. Usia benih yang sudah dapat untuk dipindahkan yaitu sekitar 20 hari, dengan ciri-ciri yaitu  berdaun 5 – 6 helai, tinggi 22 sampai 25 cm, batang tanaman bagian bawah besar dan keras, dan juga terbebas dari serangan hama. Satu lubang tanam hanya untuk satu benih, dengan kedalaman tanam berkisar 2 cm.

5. Pemupukan

Tanah yang dipakai dengan terus menerus untuk budidaya pasti lambat laun akan kekurangan unsur hara. Salah satu solusi yang dapat kita lakukan yaitu dengan pemberian pupuk, baik itu yang bersifat organik ataupun anorganik. Supaya penggunaan pupuk menjadi lebih efektif, maka kita harus mampu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tanaman serta jumlah ketersediaan unsur hara di dalam tanah. Disarankan Anda bisa memakai pupuk alami yang dibuat sendiri.

6. Perawatan serta Pemeliharaan Padi

Menanam padi yang baik dan menguntungkan berikutnya yaitu dengan merawat dan menjaga tanaman serta lahan padi. Salah satu metode perawatan yang umumnya dilakukan oleh para pertani yakni dengan penyiangan atau memberantas gulma yang mengganggu. Selain memiliki potensi menjadi inang untuk hama dan penyakit, gulma yang muncul akan menyerap unsur hara yang seharusnya digunakan oleh tanaman padi. Penyiangan padi ini bisa dikerjakan dalam dua tahap, yang pertama yaitu ketika tanaman padi berusia 15 hari, dan tahap kedua bisa dikerjakan ketika padi berusia 30–35 hari.

7. Proses Panen

Pemanenan padi tidak akan dapat menghasilkan sesuatu yang menguntungkan jika dilakukan dengan sembarangan, dan hanya boleh dilakukan saat bulir padi telah cukup masak, karena penen yang dilakukan tanaman terlalu dini akan menyebabkan turunnya kuantitas serta kualitas panen. Berikut ciri gabah yang sudah siap untuk panen:
- Daun sudah mengering dan 95% gabah sudah berwarna kuning
- Padi sudah berusia 30 – 35 hari sejak hari sesudah berbunga, atau bisa juga tergantung varietas yang Anda tanam
- Gabah gampang rontok jika diremas dengan tangan
- Kadar air pada gabah sisa 16 – 30 %

https://bit.ly/2dWIjly

8. Perlakuan Pasca Panen

Padi atau gabah yang telah dipanen harus segera diletakkan pada tempat yang beralas terpal dengan tujuan mengurangi atau menekan penyusutan hasil panen. Kemudian kita bisa memulai proses perontokan bulir padi, biasanya proses perontokan padi ini dikerjakan dengan memakai tenaga mesin atau manusia secara manual. Setelah itu, bulir-bulir gabah dijemur selama waktu 2 – 3 hari supaya kadar air semakin berkurang atau mencapai 14 % saja. Sesudah proses pengeringan selesai, gabah bisa disimpan di tempat yang bersih dan kering.

Jual Polybag Harga Murah
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menanam Padi yang Baik dan Menguntungkan Bagi Petani"

Posting Komentar