HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Selain Baglog, Ternyata Jamur Tiram Juga Bisa Ditanam di Polybag

Jual Polybag Harga Murah - Lim Corporation

Salah satu jamur yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan yaitu jamur kayu. Disebut demikian sebab jamur ini biasanya tumbuh menempel pada kayu yang sudah mati dan lapuk. jadi pembudidayaan secara tradisional juga memakai log kayu yang dipotong-potong. Namun kini budidaya jamur kayu banyak dilakukan dengan memakai serbuk gergaji kayu sebagai media tanamnya. Ada beberapa jenis jamur kayu yang banyak dibudidayakan yaitu Jamur Kuping, Tiram, Shiitake, Ling zhie, Kepala kera, Jamur Paha ayam dan banyak lagi.

Manfaat dari jamur kayu selain bergizi cukup tinggi juga bermanfaat untuk kesehatan diantaranya untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung, penyakit kolesterol, penyakit tekanan darah tinggi, penyakit paru-paru, dapat menetralisir racun dan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Sementara itu bermanfaat juga untuk anti virus, penyakit tumor, penyakit kanker,penyakit diabetes, penyakit hepatitis, penyakit sesak napas, penyakit migren dan masih banyak.

http://bit.ly/hargapolybag

SYARAT TUMBUH

Jamur kayu bisa tumbuh dan dibudidayakan di daerah beriklim dingin ataupun panas dengan suhu 12 sampai 36 0C, tetapi suhu optimum antara 20 sampai 28 0C. masing masing jamur mempunyai karakter dan kebutuhan biologi hidup berbeda beda. Beberapa diantaranya yaitu kebutuhan sinar matahari secara tidak langsung, kelembaban udara dan suhu serta sirkulasi udara. Untuk contoh jamur kuping akan tumbuh dengan optimal dengan suhu 22 0C dan kelembaban 93 %, jamur tiram akan tumbuh secara optimal pada suhu 27 0C dan kelembaban 60 %, jamur lingzhi akan dapat tumbuh dengan optimal pada suhu 25 0C dan kelembaban 65 %, jamur shiitake akan dapat tumbuh dengan optimal pada suhu 16 0C dan kelembaban 97 %.


TEKNIK PRODUKSI BENIH SIAP TANAM

Bahan dan Perlengkapan yang harus disiapkan untuk budidaya:
• Serbuk gergaji kayu yang lunak yang sudah diayak dan didiamkan satu bulan untuk menghilangkan getah dan sisa minyak pelumas yang terkandung didalamnya.
• Bahan campuran yaitu Gips (CaSO4), Kapur (CaCO3), Bekatul, TSP dll.
• Cincin plastik, kapas dan tutup cincin
• Plastik tahan panas
• Lampu, spirtus, alkohol, formalin, pinset

Penyiapan Media Tumbuh

Media untuk tumbuh jamur terdiri atas campuran yaitu Serbuk gergaji, Bekatul, kapur dan bahan tambahan lainnya perbandingannya yaitu 100:10 sampai 15:1 dan bibit jamur (F-3).  Berikut tahapan pengisian polybag dengan bahan serbuk gergaji:

BACA JUGA:
• Bahan-bahan semua dicampur rata dengan Kadar air 60% dengan cara memerciki campuran dengan air. Kemmudian Campuran media tumbuh tersebut dimasukan ke dalam polybag dan dipadatkan. Pemadatan bisa dilakukan dengan memakai mesin atau manual ditekan dengan tangan. Pengisian polybag hingga mencapai tinggi ± 2/3 atau 3/4 bagian. Pada mulut plastik dipasang dengan cincin plastik dan disumbat dengan kapas lalu ditutup dengan tutup cincin. Selanjutnya polybag sudah siap untuk disterilkan.
• Sterilisasi dikerjakan dengan memakai autoklap/panas bertekanan tekanan 1 atmosfer atau suhu 120 0C selama 5 sampai 6 jam atau bisa juga dikukus dengan suhu 95 sampai 100 0C selama 12 jam.
• Di hari berikutnya sesudah media dingin antara 35 sampai 40 C dilakukan inokulasi yaitu pemberian bibit f-3 dengan cara membuka kapas dan memasukan bibit pada lubang yang sudah disediakan dengan sendok steril, Kemudian lubang ditutup kembali dengan kapas.
• Polybag yang telah diinokulasi lalu disimpan sambil menunggu pertumbuhan mycelium.

TEKNIS BUDIDAYA

Sebelum media polybag dimasukkan, sebaiknya didalam kumbung jamur telah disterilkan dengan cara lantai ditaburi kapur dan insektisida. 1 sampai 2 hari lalu polybag dimasukkan dengan ditata rapi dilantai untuk menumbuhkan myselium. Sesudah ± 1/2 sampai 3/4 bagian permukaan media ditumbuhi oleh mycelium jamur, maka polybag sudah siap disusun dengan rak sederhana yang terbuat dari bambu dengan posisi tidur dan tumpuan diatur bolak – balik.

Selanjutnya dibuat lubang pada ujung polybag yang dekat tutup dengan cara menyobek plastik polybag berbentuk X, V bisa juga + sepanjang kurang lebih 1,5 Cm untuk jamur kuping dan tiram sebagai tempat munculnya tubuh buah jamur. Sementara untuk jamur ling zhie hanya cukup dengan melepas kapas sebagai tempat munculnya tubuh buah jamur juga untuk jamur shiitake sesudah miselium memenuhi media maka plastic dilepas seluruhnya. Saat itu jamur dirawat dengan cara dilakukan penyemprotan dengan memakai handsprayer. Apabila calon jamur telah tumbuh dan menginjak umur 15 hari, maka pada sisi yang berlawanan yaitu bagian belakang perlu dibuatkan lubang untuk munculnya tubuh buah jamur.

https://bit.ly/2dWIjly

PANEN DAN PASCA PANEN

Jamur kuping sudah siap dipanen jika ukurannya sudah optimal yang ditandai dengan ciri-ciri jamur telah mulai mengkerut dan keriting pada bagian pinggir tudung jamur yaitu ±30 hari.jamur tiram bisanya sudah siap untuk dipetik saat telah berusia 2 hari sejak tunas, jamur ling zhie biasanya sydha siap untuk dipetik pada umur 1,5 sampai 2 bulan sejak tunas. Pemanenan dilaksankan dengan mencabut seluruh bagian jamur yang ukurannya sudah optimal.

Sesudah dicabut, serbuk kayu yang menempel pada bagian akar jamur kuping harus segera dibersihkan. Lalu jamur dicuci bersih dengan air kemudian dikeringkan dengan sinar matahari atau bisa juga dengan mesin pengering bila cuaca tidak memungkinkan khusus untuk jamur kuping dan lin zhie. Tapi ada juga yang cukup dijual kondisi segar seperti jamur tiram dan jamur shiitake.  Langkah selanjutnya yaitu mengemas jamur tersebut kedalam kantong plastik kedap udara supaya jamur tahan lebih lama dan tampak lebih menarik. Kemudian jamur siap untuk dipasarkan.

Produsen Polybag Pembibitan
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selain Baglog, Ternyata Jamur Tiram Juga Bisa Ditanam di Polybag"

Posting Komentar