HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Praktis Budidaya Cabai Jawa Agar Sukses Bagi Pemula

Jual Plastik Polybag Best Quality - Lim Corporation

Cabai jawa adalah jenis rempah yang terbilang masih berkerabat dengan lada dan kemukus juga termasuk dalam suku sirih-sirihan. Cabai jawa atau yang lebih dikenal dengan nama sebutan cabai jamu menjadi salah satu bahan baku utama pembuatan obat herbal. Apabila Anda tertarik, berikut ini panduan budidaya cabai jawa.

Pembibitan

Sebelum anda melakukan budidaya cabai jawa, Anda harus memperoleh bibit cabai jawa yang unggul. Bibit dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu generatif dengan menggunakan biji dan dengan cara vegetatif dengan menggunakan tunas batang seperti setek. Banyak petani lebih memakai cara vegetatif. Hal ini sebab masa panennya terbilang lebih cepat, minimnya anggaran biaya tanam juga lebih efisien dalam waktu yang dipakai. Dalam perawatannya juga dianggap mudah oleh sebagain besar para petani.
http://bit.ly/hargapolybag
Untuk bibit cabai jawa yang akan dibudidayakan secara vegetatif bisa diambil dari 2 utas ruas batang produktif yang sudah mempunyai akar sekitar 1 sampai 2. Tunas akar ini menempel di substrat tumbuhan inang seperti batang pohon dan tiang. Pastikan pada kedua ruas batang tersebut masih berusia muda atau sudah tua. Kemudian siram batang setek tersebut dengan memakai air bersih sampai benar-benar terlihat segar. Jika sudah maka simpan pada tempat yang sejuk dan aman selama satu malam. Pada esok harinya, setek batang tersebut bisa ditanam di pot atau polybag.

Penanaman

Sesudah bibit siap maka budidaya cabai jawa bisa dilakukan. Masukkan tanah dan kompos ke dalam polybag dengan perbandingan 1:1. Kemudian masukkan satu batang bibit cabai jawa ke polybag. Berikutnya buat lubang untuk batang setek. Benamkan setek di campuran tanah tadi. Siram dengan rutin selama 0 sampai 4 minggu pertama setiap pagi dan sore harinya. Biasanya bibit yang telah berusia 1 bulan akan muncul tunas daun. Pucuk tanaman cabai jawa juga telah mulai tumbuh tinggi. Di usia 2 bulan, umumnya bibit ini sudah cukup ideal untuk dipindahkan ke lahan terbuka.

BACA JUGA:

Ketika ditempatkan di lahan terbuka, pastikan telah ada tanaman tinggi yang siap untuk tiang pemanjat, contohnya pohon kelapa. Buat 2 lubang dengan kedalaman masing-masing 15 sampai 20 cm dengan panjang dan lebar antara 10 sampai 15 cm. Di dasar lubang berilah pupuk kandang seperti kotoran ayam. Kemudian masukkan bibit setek batang tersebut dari polybag ke dalam lubang. Jangan lupa untuk menutupnya kembali dengan galian tanah tadi dan menyiramnya sebanyak 1 sampai 2 gayung untuk menjaga kelembapannya.

Perawatan

Perawatan cabai jawa bisa dilakukan dengan cara berikut ini!

Penyulaman
Lakukan penyulaman bila bibit setek batang cabai jawa yang ditanam tidak tumbuh normal. Atau pertumbuhannya akan terhambat dan cacat.

Penyiangan
Bersihkan tanah di sekitar tempat tumbuh cabai jawa dari tanaman pengganggu seperti gulma atau rumput liar lainnya.

https://bit.ly/2dWIjly

Pemupukan
Lakukan pemupukan ketika tanaman mulai merambat pada tiang. Pakailah pupuk cair organik buatan dari kotoran sapi setengah matang sebanyak ½ kg dan 2 liter air. Aduk dua bahan tersebut sampai benar-benar larut. Kemudian semprotkan pada akar dan batang tanaman cabai jawa selama 1 tahun, yaitu sebulan 2 kali.
   
Penyiraman
Lakukan penyiraman sebanyak sehari 2 kali, yaitu pagi dan sore hari. Hal demikian dilakukan supaya tanaman tersebut tetap lembap dan terjaga kesegarannya.

Pemanenan
Cabai jawa telah dapat dipanen saat akan memasuki usia 8 sampai 11 bulan sesudah masa tanam. Buah yang sudah matang akan berwarna merah muda atau merah tua. Pemanenan dilakukan dengan cara memetik di setiap cabai.
Produsen Polybag Pembibitan
*Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Praktis Budidaya Cabai Jawa Agar Sukses Bagi Pemula"

Posting Komentar