HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Manfaat Kulit Buah Naga yang Mampu Atasi Diare Burung Puyuh

Produsen Plastik Polybag Best Quality - Lim Corporation

Siapa sangka, manfaat kulit buah naga merah manjur menanggulangi serangan bakteri mematikan sekaligus menaikkan bobot unggas. Makhluk mungil Salmonella thypimurium itu berdampak besar bagi peternak. Bila bakteri tersebut barulah, akan jadi pertanda peternak puyuh merugi. Bakteri itu menyerang unggas lewat pakan atau minuman yang terkontaminasi. Akibat serangannya, mortalitas pada ternak puyuh dapat mencapai 80 persen.

Baca Juga:
Gejala serangan bakteri maut itu terlihat pada perubahan penampakan feses, kedinginan, dan puyuh terkulai lemah. Selain itu puyuh juga dehidrasi berkepanjangan. Selama ini para peternak mencegah serangan bakteri maut itu menggunakan antibiotik komersial jenis bacitracin. Padahal, peternak puyuh dapat memanfaatkan kulit buah naga untuk mencegah serangan bakteri itu.

Hasil pengujian menunjukkan, makin tinggi ekstrak kulit buah naga, makin tinggi pula daya hambat terhadap pertumbuhan Salmonella. Menurut peneliti, kadar 5 persen saja, ekstrak kulit buah naga merah mampu menghambat 6 mm pertumbuhan bakteri Salmonella.

Pengujian ekstrak kulit buah naga merah pada air minum ternak menyebabkan warna minuman berubah kemerahan. Itu karena kulit buah naga mengandung zat warna alami antosianin yang cukup tinggi sekaligus berperan sebagai anti-oksidan yang membangun sistem kekebalan tubuh. Meskipun demikian perubahan warna minuman itu tidak memengaruhi selera burung puyuh untuk minum.


Aplikasi ekstrak kulit buah naga menunjukkan hasil yang positif bila dibandingkan dengan antibiotik bacitracin. Mortalitas atau angka kematian burung puyuh menurun menjadi 1,6 persen diikuti dengan pertambahan bobot tubuh burung puyuh 2,83 gram per ekor per hari. Sementara itu, pada aplikasi antibiotik tingkat mortalitas kurang dari 4 persen dengan pertambahan bobot tubuh hanya 2,43 gram per ekor per hari.

Kulit buah naga merah mengandung beberapa senyawa aktif di antaranya flavonoid, steroid, triptrenoid, dan saponin. Senyawa-senyawa aktif itu berfungsi sebagai antibakteri dan anti-oksidan.

Dalam penerapan sehari-hari peternak dapat merebus kulit buah naga yang sudah dicuci terlebih dahulu menggunakan air dengan perbandingan 1:1 sampai mendidih selama 30 menit. Saring hasil rebusan untuk mendapatkan hasil ekstrak agar terpisah dengan ampas kulit buah naga.

Cara serupa juga dapat diberikan kepada ternak lain seperti ayam dan itik. Sebab, Salmonella juga memicu penyakit serupa pada unggas lain seperti ayam, itik, dan bahkan manusia.

Limbah rumah tangga itu menjadi alternatif bagi para peternak unggas khususnya burung puyuh untuk mengatasi serangan Salmonella. Sebab, harganya lebih murah sekaligus berdampak jangka panjang yang baik terhadap ternak dan lingkungan. Konsumen pun merasa lebih aman dan terlindungi.

Produsen Plastik Polybag
* Ingin info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Kulit Buah Naga yang Mampu Atasi Diare Burung Puyuh"

Posting Komentar