HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Simak, Tips Membasmi Lalat Buah Pada Tanaman Jeruk

Produsen Plastik Polybag Best Quality - Lim Corporation

Lalat buah merupakan hama yang sangat menjengkelkan, mereka dapat merusak buah dalam jangka waktu yang sangat singkat. Ketika tanaman buah yang kita tanam berbuah dengan lebatnya namun ternyata hasilnya membusuk sebelum akhirnya bisa dipanen. Buah yang terserang lalat buah ditandai dengan pembusukan buah yang sangat cepat dan terjadi perubahan warna pada kulit buah di sekitar sengatan. Biasanya terdapat lubang kecil hasil sengatan pada bagian kulit buah, juga terdapat belatung kecil pada buah ketika dibelah. Hal ini menyebabkan buah yang hampir masak akan membusuk dengan cepat. Serangan lalat buah tentu saja sangat merugikan karena dapat merusak nilai buah dan menghambat produktivitas.

Baca Juga:
Perkembangbiakan lalat buah terjadi dengan cepat pada kondisi lingkungan yang optimal, yaitu pada suhu sekitar 26° C dengan kelembaban 70%. Lalat buah betina dibuahi oleh lalat buah jantan dan akan menghasilkan telur yang diletakkan pada permukaan kulit buah. Telur akan menetas dan berproses menjadi lalat buah dewasa yang akan membuat buah membusuk. Cahaya juga mempunyai pengaruh pada perkembangan lalat buah. Pada kondisi cahaya terang, lalat buah betina lebih cepat meletakkan telurnya namun pupanya tidak akan tumbuh dewasa jika terkena sinar.

A. Tahap Pengendalian

Pada kasus tanaman jeruk, lalat buah lebih sedikit menyerang jeruk manis dan jeruk sejenis lainnya, sementara paling banyak menyerang jeruk pamelo. Di Indonesia sendiri, lalat buah dilaporkan menyerang 4 jenis jeruk yaitu, Barctrocera Papaye, B. Cucurbitae, B.Carambolae, dan B. Dorsalis.

Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk membasmi lalat buah pada tanaman jeruk:

1. Pengendalian fisik

Langkah pertama dalam membasmi lalat buah adalah melakukan pengendalian fisik dengan cara membungkus buah yang berumur 1.5 bulan. Hal ini dilakukan untuk mencegah peletakan telur (oviposisi) pada kulit buah. Anda bisa menggunakan kantong plastik atau kertas semen untuk membungkus buah.

2. Sanitasi kebun

Sanitasi kebun dilakukan dengan cara memusnahkan buah jeruk yang terlanjur terserang, baik yang sudah gugur maupun yang masih di pohon. Caranya dengan membakarnya atau menguburkannya dalam tanah agar memastikan bahwa larva yang di dalam tanah sudah musnah atau mati.


3. Memberi perangkap pada lalat buah jantan

Salah satu langkah untuk membasmi lalat buah adalah mengenali prosesnya. Memberi perangkap pada lalat buah jantan akan menghalangi proses perkawinan dengan lalat buah betina. Senyawa Methyl Eugenol (ME) yang dicampur dengan insektisida terkenal ampuh dalam mengendalikan populasi lalat jantan.

4. Pengasapan

Melakukan pengasapan secara berkala merupakan cara tradisional dalam mengendalikan lalat buah mendekati kebun dan menghalangi pupa menjadi dewasa.

5. Pengaturan jarak tanam

Tanaman dengan jarak yang tidak terlalu rapat membuat cahaya matahari mampu menyinari seluruh kawasan kebun hingga ke dalam tajuk tanaman. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pupa tidak akan menajdi dewasa jika kondisi dalam keadaan terang.

6. Teknik radiasi

Pelepasan dan pengendalian serangga mandul dapat dilakukan dengan teknik radiasi yaitu teknik merediasi sinar x dan sinar radioaktif . Namun, cara ini tergolong mahal dan masih jarang diterapkan.

Produsen Plastik Polybag 
* Ingin info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Simak, Tips Membasmi Lalat Buah Pada Tanaman Jeruk"

Posting Komentar