HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Inilah, Cara Pengolahan Minyak Nilam dengan Benar dan Baik

Produsen Plastik Polybag Best Quality - Lim Corporation

Cara pengolahan minyak nilam bisa dihasilkandengan cara suling, proses suling ini dilakukan dengan proses penguapan terhadap daun kering nilam tersebut.

Penyulingan merupakan suatu proses pemisahan komponen padatan atau cairan dari dua jenis zat yang berbeda atau lebih, berdasarkan titik uap dari kedua zat tersebut. Minyak hasil penyulingan tersebut selanjutnya harus di uji agar memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Baca Juga: 


Pengolahan minyak nilam dapat dilakukan dengan cara sederhana, dan pada dasarnya pemanfaatan dari tanaman nilam ini tujuannya adalah untuk mendapatkan minyak nilam itu sendiri.

Namun meski caranya sederhana, peralatan yang digunakan bernilai ekonomi yang cukup tinggi, karena sebagian besar alat yang digunakan berbahan stenless agar higenis dan awet.

Ada beberapa cara penyulingan  minyak nilam, diantanya yaitu dengan cara direbus, di kukus dan di uap. Untuk lebih jelas silahkan simak paparan berikut ini.

Cara Penyulingan Minyak Nilam

Di rebus
Cara penyulingan minyak nilam yang pertama adalah dengan cara direbus. Cara ini merupakan cara yang paling baik. Pada dasarnya sistem pengolahan dengan cara ini adalah dengan mengalirkan uap bertekanan tinggi. Pada cara ini harus ada dua drum yaitu drum perebus air dan drum bahan nilam.

Sistem kerjanya uap yang dihasilkan dari drum perebus air dialirkan pada drum bahan nilam. Bahan nilam yang akan disuling ditempatkan pada atas piringan yang berlubang lubang di dalam drum tersebut.

Piringan berlubang ini bisa lebih dari satu dengan penempatan secara bertingkat, dan diberi jarak pada setiap tingkatnya, baik pada bagian atas maupun pada bagian bawahnya.

Begitu juga antara piringan tersebut dengan alas drum juga harus ada jarak kosongnya, hal ini dimaksudkan untuk menampung uap yang dihasilkan dari drum perebus air.


Uap dari drum perebus air dialirkan ke drum bahan. Bersama uap ini minyak nilam akan terbawa mengalir ke pipa pendingin. Kemudian setelah mengalami pendinginan, campurkan air dengan minyak.

Karena masa zar air dan minyak berbeda, maka kedua zat ini akan memisah dengan sendirinya. Maka dengan mudah minyak nilam berkualitas tinggi bisa dipisahkan dari air tersebut.

Di kukus
Cara penylingan yang berikutnya adalah dengan cara di kukus. Cara penyulingan ini hampir sama dengan cara yang pertama, hanya saja penyulingan dilakukan dengan satu drum dimana daun nilam disimpan di atas piringan penyaring, dan air berada di drum bagian bawah. Kemudian air di panaskan, dan daun nilam akan terkena uap air tersebut.

Di uap
Cara penyulingan yang terakhir yaitu dengan cara di uap, penyulingan dengan cara ini merupakan penyulingan yang sempurna. Karena minyak yang dihasilkan tidak tercampur dengan air, sehingga hasil minyak atsiri dapat terjamin kualitasnya.

Prinsip dari cara uap yaitu daun nilam tidak terkontak langsung dengan air maupun api. Uap dengan tekanan tinggi dialirkan langsung melalui pipa ke katel/drum perebus air ke katel yang satunya yang berisi daun nilam.  Uap air yang keluar dialirkan lewat pipa menuju kondensor hingga mengalami proses kondensasi.

Kemudian cairan yang keluar menete ditampung dan selanjutnya dipisahkan untuk mendapatkan minyak nilam berkualitas tinggi.
Produsen Plastik Polybag Best Quality 
* Ingin info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah, Cara Pengolahan Minyak Nilam dengan Benar dan Baik"

Posting Komentar