HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Penyebab Penyakit Pada Tumbuhan Kentang dan Ciri-cirinya

Produsen Plastik Polybag Best Quality - Lim Corporation

Tanaman kentang memang sering terserang berbagai hama serta penyakit. Mulai dari ulat, orong-orong, hingga nematoda ialah hama penyerang kentang yang sangat mengganggu pertumbuhannya. Tak terkecuali dengan berbagai penyakit tanaman kentang yang dapat menjangkiti kapan saja.

Ada beberapa jenis penyakit tanaman kentang yang harus dihindari serta diwaspadai. Beberapa penyakit tersebut disebabkan oleh berbagai organisme berikut.

Cendawan
Setidaknya, ada tiga jenis cendawan yang harus Anda waspadai dalam membudidayakan kentang. Pertama merupakan spesies Phytophthora infestans penyebab penyakit busuk daun. Kedua, ada Alternania solani. Cendawan ini dapat menyebabkan penyakit cacar pada kentang. Cara memberantas kedua cendawan tersebut adalah dengan menggunakan antracol 0,2 persen dan dithane M-45 0,2 persen.

Ketiga, cendawan dengan nama ilmiah Streptomyces scabies. Cendawan ini mengakibatkan penyakit burik scab. Cendawan ini tidak dapat hidup pada tanah dengan pH kurang dari 5,4 atau lebih dari 7. Selain itu, cendawan ini tidak tumbuh pada keadaan hujan.

Gejala tanaman yang terserang burik scab adalah kulit umbi kentang menjadi kadas dan burik. Bagian dalam daging menjadi gabus sehingga tidak laku saat dijual.

Bakteri
Bakteri spesies Erwinia carotvora LR Holland dapat mengakibatkan penyakit busuk lunak pada umbi kentang. Bakteri ini bisa menyerang tanaman, baik di kebun ataupun di gudang penyimpanan. Ciri-ciri kentang yang telah terjangkiti bakteri ini ialah umbi kentang akan jadi busuk serta berair.


Cendawan dan bakteri
Bakteri Pseudomonas solanacearum dan juga cendawan Fusarium oxysporum dapat menyebabkan penyakit layu pada tanaman kentang. Hingga kini, belum ada teknik dan cara memberantas penyakit ini. Keduanya, baik bakteri maupun cendawan, menunjukkan gejala layu pada kentang.

Perbedaan serangan oleh bakteri atau oleh cendawan terdapat pada serangan kelayuannya. Bila seluruh batang mengalami kelayuan, penyakit disebabkan oleh bakteri. Batang kentang dipotong dan dipijit mengeluarkan lendir berwarna seperti susu dan berbau busuk. Lendir juga akan keluar apabila batang dimasukkan ke gelas berisi air putih. Akibatnya, air tersebut akan menjadi keruh.

Bila penyakit diakibatkan oleh cendawan, kelayuan akan terjadi pada cabang tanaman kentang tersebut. Cara menandainya adalah dengan menyayat cabang kentang. Cabang yang terserang cendawan akan berwarna kecokelat-cokelatan.

Virus
Beberapa jenis virus yang dapat menyerang tanaman kentang yakni Potato Virus Leafroll (PVLR), Potato Virus-X (PVX), serta Potato Virus-Y (PVY). Sampai sekarang, belum ada cara serta metode pemberantasan yang tepat apabila tanaman kentang terserang virus-virus tersebut.

Penyakit yang terserang PVRL akan mengalami gulung daun. Akibatnya, tanaman akan kurang mampu memproduksi umbi. Akan lebih parah apabila tanaman yang terserang baru saja ditanam. Pun jika menghasilkan umbi, bentuknya akan sangat kecil (kriel).

Cara mencegah umbi terserang PVRL adalah dengan memilih bibit yang terbebas dari virus tersebut. Kutu daun (Myzus persicae) harus diberantas. Kutu merupakan hewan vektor yang membawa virus PLVR.

Produsen Plastik Polybag
* Ingin info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Penyakit Pada Tumbuhan Kentang dan Ciri-cirinya"

Posting Komentar