HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Membuat Kecambah Kacang Hijau Cepat Anti Gagal, Pemula Wajib Coba !

Kecambah kacang hijau

Menanam kecambah sendiri merupakan pilihan yang tepat untuk mengantisipasi kenaikan harga sayuran. Apalagi kecambah atau toge merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi berbagi macam olahan dan campuran pada makanan yang bisa menggugah selera makan. 

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai cara membuat kacang hijau cepat anti gagal. Simak baik-baik yaa!

Baca Juga:

1. Menyiapkan Biji Kacang Hijau

Sebelum membuat kecambah kacang hijau, pastikan Anda sudah memilih biji kacang hijau yang berkualitas agar hasil yang didapat bagus. Untuk biji kacang hijau yang bagus mempunyai ciri besar dengan warna hijau merata dan tidak berwarna kecokelatan.

Cuci biji kacang hijau didalam baskom menggunakan air bersih. Jika sudah, rendam biji kacang hijau menggunakan air dingin selama kurang lebih 12 jam. Saat perendaman biji kacang hijau lebih baik baskom atau wadah perendaman biji kacang hijau sebaiknya ditutup.

2. Mempersiapkan Alat

Siapkan alat berupa toples plastik bekas yang nantinya digunakan sebagai tempat biji kacang hijau. Selanjutnya, beri lubang kecil-kecil pada bagian bawah dan samping toples menggunakan solder atau paku yang sudah dipanaskan dan pastikan bahwa ukuran lubang tidak lebih besar dari biji kacang hijau, pemberian lubang bertujuan untuk mengeluarkan air pada saat dilakukan penyiraman.

3. Membuat Kecambah Kacang Hijau

Setelah semua alat siap, maka langkah selanjutnya yakni membuat kecambah kacang hijau. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Setelah 12 jam perendaman pada biji kacang hijau, buang atau pindahkan air rendaman biji kacang hijau tadi dan bilas biji kacang hijau menggunakan air bersih.
  • Anda bisa memanfaatkan air bekas rendaman biji kacang hijau untuk menyiram tanaman.
  • Masukkan sedikit biji kacang hijau yang sudah direndam ke dalam toples yang sudah di lubangi, nantinya biji kacang hijau akan berkembang dan mempunyai ukuran yang lebih besar.
  • Tutup lubang toples dan masukkan ke plastik hitam dalam kondisi miring.
  • Tutup rapat plastik yang berisi toples biji kacang hijau dan simpan, hal ini bertujuan untuk meminimalkan udara dan cahaya yang masuk.
  • Setelah kurang lebih 4 jam buka plastik dan lakukan penyiraman dengan cara menyiramnya dengan air bersih dan pastikan air bisa keluar sempurna melalui lubang yang sudah Anda buat sebelumnya untuk menghindari terjadinya pembusukan
  • Jika sudah, simpan lagi ke dalam pastik dan letakkan ditempat sejuk dan tidak terkena cahaya
  • Setelah disimpan selama 12 jam kacang hijau akan berkecambah, siram kembali kecambah kacang hijau supaya mengembang lebih besar dan lakukan penyimpanan kembali
  • Dalam penyimpanan 24 jam kecambah kacang hijau akan mulai mengembang dan siram kembali, pastikan bahwa air yang keluar melalui lubang sudah keluar sempurna hingga air tuntas
  • Lakukan cara diatas dengan penyiraman 4 jam sekali hingga 36 jam penyimpanan
  • Setelah 48 jam kecambah kacang hijau sudah gemuk dan panjang dan siap untuk dipanen

Sebagai tambahan, Anda bisa melanjutkan penyimpanan selama 24 jam untuk mendapatkan kecambah kacang hijau yang lebih besar lagi dan untuk mennggunakan kecambah sebagai olahan masakan sebaiknya cuci bersih menggunakan air bersih terlebih dahulu. 

Cukup sekian bahasan mengai cara membuat kacang hijau. Semoga artikel yang saya buat kali ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan kepada banyak orang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Kecambah Kacang Hijau Cepat Anti Gagal, Pemula Wajib Coba ! "

Posting Komentar