HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Tepat Menanam Buah Pir


Buah pir merupakan buah yang juga menjadi favorit dikalangan masyarakat, buah ini memiliki karakter yang hampir sama dengan buah melon dan semangka yakni memiliki rasa manis yang menyegarkan dan memiliki kandungan air yang melegakan tenggorokan. Perbedaannya adalah buah pir mengandung antioksidan yang berperan dalam meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Buah yang berasal dari daerah beriklim tropis ini memiliki 30 spesies dari genus Pyrus. 

Permintaan buah pir sama halnya dengan permintaan buah lainnya yang cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Namun karena buah pir menghendaki kondisi iklim sedang yakni hanya dapat hidup pada suhu 240C di siang hari dan 140C pada malam hari menjadikan buah pir mengahadapi tatangan fatal terkait iklim di Indonesia yang mengenal 2 musim setiap tahunnya. Adanya ketidakcoocokan iklim menjadikan hasil produksi yang didapatkan tidak maksimal baik secara rasa amaupun jumlah. Daerah di Indonesia yang masih dapat melakukan penanaman buah Pir secara optimal adalah daerah Malang dan Nusa Tenggara Timur.

Tertarikkah anda untuk mulai melakukan budidaya buah pir? Jika iya, maka sebaiknya anda membaca artikel ini sampai habis. Selanjutnya untuk syarat tumbuh buah lemon sendiri adalah sebagai berikut :

1.Hanya bisa dikembangkan di dataran tinggi yakni hanya bisa tumbuh sampai pada dataran tinggi diatas 1.000 mdpl.
2.Menghendaki suhu 240C di siang hari dan 140C pada malam hari
3.Tanah subur yang berkondisi baik dan kering dan mendapatkan pancaran sinar matahari secara penuh di tempat sirkulasi udara
4.Area pertanaman harus bersih dari rerumputan dan gulma

Adapun langkah budidaya pada buah pir adalah tidak jauh berbeda dengan buah Apel.
 1.Penanaman
Sebelum menanam bibit, lahan harus disipkan terlebih dahulu, dibersihkan dari rerumputan dan gulma kemudian setelah bersih divampur dengan pupuk kandang, perbandingan yang digunakan adalah satu ember untuk satu lahan bibit, setelah itu bibit disiram dengan air secukupnya. Pada musim hujan, penyiraman tidak perlu dilakukan setiap hari.

2.Pemupukan
Pemupukan sebaiknya dilakukan dalam interval sekitar satu bulan. Pupuk yang digunakan bisa memakai pupuk kandang ataupun pupukNPK. Jika pupuk NPK cukup dua sendok makan.

3.Penyiangan
Penyiangan penting dilakukan agar nutrisis yang diserap oleh buah Pir masuk secara maksimal dan tidak terbagi dengan tanaman kompetitif disekitarnya baik rumput maupun gulma.

4.Pemangkasan
Pengkaslah cabang yang tidak beraturan, saling tumpang tinidih yang sekiranya menghalangi intensitas sinar matahari masuk dengan sempurna terhadap buah Pir. Biasanya dan umumnya dipertahankan hanya 3 cabang saja.

5.Pencegahan Hama 
Dengan maksud menjaga hasil produksi agar buah Pir selalu dalam kualitas terbaik, dianjurkan untuk membungkus buah dengan plastik pada tangkainya sehingga buah Pir dapat terhindar dari serangan hama dan pemangsa seperti kelelawar.

6.Penyemprotan
Penyemprotan pestisida dalam rangka pengendalian hama biasakan dilakukan setiap 2 minggu sekali setelah usia tanaman mencapai 1 tahun.

7.Panen
Masa pemanenan buah pir dilakukan ketika buah pir tampak besar dan dewasa. Buah Pir matang pada suhu kamar untuk kualitas terbaik. Di Indonesia panen buah pir dari hasil budidaya Pir biasanya dilakukan pada bulan September-Oktober. Buah Pir yang dihasilkan juga memiliki karakteristik yang tidak terlalu baik. Buah Pir yang dihasilkan memiliki ukuran yang relatif kecil dan rasa yang dihasilkan tidak semanis buah pir yang diusahakan pada iklim sedang. Buah Pir sendiri tidak mengenal musim sehingga bisa dipanen sepanjang tahun dengan catatan bahwa udidaya yang dilakukan menggunakan teknik tanam tertentu yang memungkinkan bisa panen sepanjang tahun.

Masih terkendalanya masalah iklim untuk buah Pir di Indonesia menjadikan anda harus cermat dalam memilih lokasi pembudidayaan buah Pir ini, agar hasil yang didaptkan bisa maksimal baik secara kualitas maupun kuantitas. Untuk menunjang keberhasilan budidaya buah Pir ini, anda harus selalu memantau informasi terbarukan terkait cara budidaya buah Pir yang efektif dan efisien. 

Selamat mencoba mempraktekkan budidaya buah Pir, sukses selalu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tepat Menanam Buah Pir"

Posting Komentar