HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Memindahkan Bibit Tanaman Agar Tidak Stress, Jangan Sampai Salah!

Pemindahan Bibit Tanaman

Saat masa awal tanam bibit biasanya suatu tanaman harus melalui proses penyemaian terlebih dahulu di polybag. Tujuannya agar tanaman lebih mudah dirawat dan memudahkan pemantauan perkembangan tanaman serta agar tanaman tidak berebutan nutrisi yang ada di dalam tanah.

Setelah bibit yang Anda tanam berubah menjadi tanaman kecil, artinya Anda sudah bisa memindahkannya dari polybag ke dalam pot atau tanah. Pemindahan tanaman tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena bibit tanaman bisa stress.

Baca Juga:

Pada umumnya tanaman akan mengalami stress dalam beberapa waktu setelah dipindahkan dari polybag ke pot atau lahan. Tanaman yang mengalami stress akan mengakibatkan kerugian seperti pertumbuhan dan perkembangannya terhambat.

Nah, agar tanaman tidak mengalami stress dan layu setelah dipindahkan, ada beberapa cara yang benar dalam memindahkan tanaman. Berikut ulasannya.

1. Siapkan pot atau lubang tanam

Sebelum Anda mencabut tanaman dari tempat yang lama, siapkan pot atau lubang tanam terlebih dahulu untuk mempercepat proses pemindahan tanaman. Siapkan pot yang berukuran lebih besar dari tempat sebelumnya, sedangkan untuk lubang tanam, buatlah lubang tanam yang memadai untuk dimasuki tanaman. Jangan lupa juga untuk menyiapkan media tanam tambahan di wadah yang lain untuk mempermudah proses pengisian tanah.

2. Mengeluarkan bibit

Keluarkan bibit tanaman yang akan dipindahkan dari polybag ke tempat lain secara hati-hati. Jika Anda menggunakan polybag, keluarkan bibit dengan cara merobek plastik polybag menggunakan gunting untuk mempermudah proses mengeluarkan tanaman. Anda juga bisa menggunakan cara lain, yakni dengan menidurkan tanaman, lalu pukul bagian bawah polybag hingga media tanamnya keluar.

Sebelum melakukan pengeluaran bibit, usahakan jangan menyiram tanaman selama 2-3 hari agar struktur media tanam menjadi lebih padat untuk mempermudah proses pengeluaran dan agar medai tanam tidak rusak setelah dikeluarkan dari polybag.

3. Proses pemindahan

Dekatkan polybag yang ingin dikeluarkan bibit tanamannya dengan tempat pot atau lubang tanam baru agar tanaman bisa dipindah lebih cepat. Setelah bibit tanaman dikeluarkan dan dipindahkan, tambahkan media tanam ke dalam tempat yang baru sampai penuh, setelah itu padatkan tanahnya.

Sebaiknya proses pemindahan tanaman dilakukan saat sore hari setelah jam 3 sore. Waktu ini adalah waktu yang pas dalam memindahkan tanaman karena sinar matahari tidak terlalu terik.

4. Siram air

Lakukan penyiraman setelah tanaman dipindahkan ke tempat yang baru. Anda bisa menyiramnya dengan air secukupnya, tujuannya untuk meningkatkan kelembaban udara di sekitar tanaman sehingga mencegah tanaman tersebut mengalami penguapan secara berlebihan. Jika sudah, rawat tanaman tersebut dengan baik agar tanaman bisa tumbuh subur, cepat berbuah dan berbunga. Seperti biasanya dengan menambahkan pupuk dan menyiramnya secara teratur.

Cukup sekian artikel yang bisa saya bagikan, semoga bisa memberikan banyak manfaat kepada banyak orang. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memindahkan Bibit Tanaman Agar Tidak Stress, Jangan Sampai Salah!"

Posting Komentar

LANGGANAN