Jual Polybag Murah: Panduan Langkah Budidaya Seledri Paling Jitu, Agar Panen Melimpah!

Rabu, 07 Juni 2017

Panduan Langkah Budidaya Seledri Paling Jitu, Agar Panen Melimpah!


Seledri ialah sayuran daun serta tanaman obat yang umumnya dipakai untuk bumbu masakan. Negara lain seperti China, Jepang, serta Korea memanfaatkan bagian tangkai daun untuk dijadikan bahan makanan. Di Indonesia sendiri, seledri disebarluaskan oleh penjajah Belanda serta dipakai daunnya guna menyedapkan sup maupun untuk lalapan. Pemakaian seledri terlengkap ialah di negara Eropa : buah, daun, tangkai daun, dan juga umbinya dimanfaatkan keseluruhan.

Persiapan Awal

Sudah disebut sebelumnya, terdapat 2 macam cara budidaya seledri yaitu menggunakan cara perbanyakan oleh biji (generatif) ataupun perbanyakan oleh anakan (vegetatif). Guna menentukan yang mana, Anda perlu mengerti lebih dulu keperluan atau tujuan penanaman seledri tersebut.

Kalau Anda ingin budidaya seledri memakai skala besar serta komersial, jadi lakukanlah cara perbanyakan generatif. Sama halnya dengan skala kecil, semisal menanam daun seledri pada polybag ataupun pot, lebih gampang guna mengerjakan perbanyakan dengan vegetatif ataupun dari anakan.
*Baca juga Dapatkan Keuntungan yang Berlipat Ganda dari Tanam Jahe Merah di Polybag!!

Pembibitan Seledri

Langkah pada tahapan ini seledri kembali berurusan menggunakan 2 cara pembibitan tadi. Disebabkan Anda bakal menerapkan pembibitan secara vegetatif, jadi pastikan Anda telah mempunyai seledri sendiri sebelum-sebelumnya guna diambil anakan dari seledri tersebut yang selanjutnya akal ditanam pada polybag ataupun pot yang telah disediakan.

Kalau ternyata Anda tidak punya, jadi apa salahnya kalau menerapkan pembibitan secara generatif lebih dahulu.

Penanaman Seledri

Langkah dan cara menanam seledri sesudah mengerjakan tahap persemaian benih ialah pindahkan bibit ke dalam polybag maupun pot yang dipergunakan untuk tempat tanam. Sebelum menggerjakan itu, Anda wajib mengerjakan beberapa persiapan lain seperti berikut : Sediakan polybag berukuran sedang (40 x 50 cm).

-Isikan polybag menggunakan media tanam. Media tanam tertata dan tersusun dari campuran tanah, lalu arang sekam, serta pupuk kompos memakai perbandingan 1:1:1.
-Sesudah dicampukan, ayak lebih dulu hasil dari campuran tadi.
-Copot/cabut bibit dari baki semai dan siram sedikit air supaya gampang dicabut, kerjakan secara hati-hati serta perlahan.
-Bikin lubang di media tanam pada polybag sekitar 3 cm, berikutnya letakkan bibit serta timbun kembali menggunakan media tanam.

Perawatan Seledri

Sesudah bibit dipindah serta ditanam di polybag, selanjutnya Anda cuma butuh mengerjakan langkah perawatan intensif dengan menerapkan penyiraman seledri tiap pagi serta sore. Tujuannya guna melindungi kelembaban pada media tanam tanaman seledri. Janganlah berlebihan ketika menyiram tanaman supaya tak becek serta melindungi dari akar busuk.

Penyiraman dengan rajin bisa Anda terapkan tiap hari selama 1 minggu awal sesudah bibit dipindah dari area persemaian. Sesudah itu, Anda hanya menyiram seledri cukup 3x dalam seminggu dan menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Jika kemarau, cukup 3x seminggu. Kalau musim penghujan, selaraskan dengan kadar kelembaban pada media tanam serta pindahkan tumbuhan ke tempat yang tak kena air hujan langsung.
*Anda sedang mencari-cari plastik pertanian?? Bisa Anda dpatkan info harga terupdatenya DISINI

Pemanenan Seledri

Sesudah perlindungan dan perawatan rutin dikerjakan, dalam waktu sekitar 2-3 minggu umumnya seledri telah dapat dipanen. Langkah budidaya seledri dengan polybag memang tak membuahkan hasil seledri dalam jumlah yang banyak, tetapi setidaknya Anda dapat mengonsumsi sendiri buat keluarga maupun tetangga di rumah.

Ciri spesifik seledri yang siap panen ialah nampak pada daunnya yang jadi rimbun. Langkah memanennya tak terlalu sulit, yakni Anda cuma butuh memangkas bagian dasar atau pangkal utama pada batang seledri, serta bukan pada anakannya. Seledri yang telah dipetik dapat dipanen beberapa kali menggunakan jarak yakni sekitar 1-2 minggu sesudah panen pada seledri sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar