Jual Polybag Murah: Terapkan Cara Ini Ketika Ingin Budidaya Garut, Jika Ingin Panen Melimpah!

Senin, 17 Juli 2017

Terapkan Cara Ini Ketika Ingin Budidaya Garut, Jika Ingin Panen Melimpah!



Garut ialah tanaman yang berbentuk terna dan menghasilkan umbi yang bisa dikonsumsi. Garut belum menjadi sumber pangan, tetapi sering ditanam di halaman di daerah pedesaan untuk cadangan makanan ketika musim paceklik melanda.

- Cara Mudah Budidaya Tanaman Garut
1. Penentuan bibit
Tanaman ini bisa diperbanyak secara vegetatif, dengan memakai bagian pangkal rhizoma maupun tunas umbi untuk bibit benih yang memiliki panjang sekitar 4-7 cm. Bibit yang dipakai haruslah bibit dengan kondisi yang sehat, tak kurus, serta kebal terhadap penyakit.

2. Pengelolahan Tanah
Tanaman garut memerlukan keadaan tanah yang cukup gembur, jadi umbi bisa tumbuh dan berkambang secara leluasa.

3. Proses Penanaman
Untuk cara bertanaman garut bisa Anda kerjakan ketika awal musim penghujan. Bibit benih ditanam di tugal-tugal memakai kedalaman sekitar 10 cm lalu lubang ditutupi kembali menggunakan tanah.
*Baca juga Panduan Lengkap & Praktis Cara Budidaya Sirsak

4. Proses Pemupukan
Supaya dapat tumbuh dengan keadaan subur, harus dikerjakan pemberian pupuk organik ataupun anorganik. Bagi pupuk organik bisa dikasih sekitar 25-30 ton/ha, serta urea 350-400 kg/ha, SP-36 200-300 kg/ha, dan KCl 100-350 kg/ha. Langkah pemupukan dapat dilakukan 2 proses, pertama selaras dengan proses penanaman serta yang kedua yakni ketika tanaman akan berbunga.

5. Perawatan & Pemeliharaan
Proses penyiangan harus dikerjakan, hanya saja ketika tanaman berbunga tidak perlu. Jangan lupa juga untuk mengerjakan langkah pembubunan.

6. Hama & Penyakit
Untuk hama yang kadang muncul serta butuh ditangani secara cepat ialah ulat penggulung daun. Karena hama ini menyebabkan gangguan pada tanaman yang cukup serius, namun jangan takut sebab hama ini bisa dibasmi menggunakan sebuah larutan yang memiliki kandungan arsanik.

Kalau untuk penyakit yang kadang menyerang ialah penyakit akar yang umumnya menjangkit pada tanaman di wilayah lembab dengan curah hujan yang tinggi serta sistem pengairan yang kurang baik.
*Jangan lewatkan info terupdate mengenai plastik mulsa, silahkan klik DISINI

7. Pemanenan
Pada bagian umbi bisa dipanen saat berumur 10-12 bulan dengan ciri-ciri adanya daun yang sudah mulai menguning.

8. Pasca Panen
Untuk Anda yang sudah memanen hasil tanaman garut, umbi garut bisa dimanfaatkan menjadi tepung serta pati.

- Lainnya Tentang Tanaman Garut
Kegunaan & Manfaat
Untuk sumber zat karbohidrat serta bisa dipergunakan untuk bahan pembuatan kue, kripik, dodol, mie keringes krim, makanan guna pendamping ASI.

Kandungan Gizi
Pada kandungan zat karbohidrat serta zat besi pada tepung garut, memiliki tingakatan lebih tinggi daripada tepung terigu serta beras dengan isi kandungan lemak yang paling rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar