HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Mudah Membuat Benih Cabai di Polybag dengan Baik dan Benar

Cara Membuat Bibit Tanaman Cabai di Polybag

Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan. Penetapan hasil cabai yang baik serta optimal tidak cuma dari perawatan serta konsumsi nutrisinya saja, tetapi harus juga jadi perhatian dari sisi benih serta varietas.

Tentukan benih cabai yang unggul adalah langkah paling baik untuk membudidayakan cabai, bila benih yang dipakai cuma benih dengan kualitas biasa, karena itu hasil panen nanti tidak optimal.

Banyak petani saat ini beli benih cabai di beberapa toko pertanian. Semua produk berkemasan itu menjanjikan produktivitas tinggi, kualitas cabai yang super dan sebagainya. Tetapi sebetulnya petani dapat juga membuat benih cabai sendiri dengan kualitas yang tidak kalah menjanjikan dari kualitas benih yang dipasarkan di beberapa toko.

Di bawah ini ialah langkah untuk bikin benih cabai sendiri:

Induk tanaman cabai

Biji atau benih cabai yang akan dipakai adalah buah yang diambil dari tanaman induk. Induk tanaman harus mempunyai ketetapan spesial supaya buah serta biji cabai yang dibuat bermutu baik:

- Tanaman induk harus tumbuh secara baik, sehat, serta tidak terkena penyakit. Karakter induk yang diambil ialah pohon dengan tangkai lurus meninggi, daun tidak keriting serta tidak layu.

- Tanaman yang dibuat induk harus mempunyai keseragaman perkembangan di atas lapangan.

- Rawat secara baik tanaman yang akan dipakai untuk bahan pembenihan.

- Umurnya memerlukan waktu 7-8 bulan untuk membuahkan buah cabai yang optimal.

- Seharusnya pilih pohon yang buah cabainya lebat.

- Sesudah masuk babak berbuah, petik cabai yang sudah betul-betul tua serta kulit luarnya nampak merah mengkilap.

Sesudah memperoleh induk tanaman cabai yang akan membuahkan benih yang bagus, tanaman induk dirawat secara baik supaya perkembangannya optimal serta buah cabai yang dibuat dalam bermutu unggul.

Pekerjaan perawatan tanaman induk cabai meliputi; penyiraman yang pas, pemupukan yang pas, perempelan, penyiangan, pembasmian hama dan lain-lain. Tanaman dikasih perawatan extra supaya tidak cacat serta berpenyakit.

Mengambil biji pada induk cabai

Sesudah induk tanaman cabai tumbuh secara baik serta membuahkan buah, selanjutnya buah cabai diambil untuk diambil bijinya serta dibuat untuk benih. Awalnya buah cabai disortir, cuma dipakai buah cabai yang keadaannya bagus, seragam, kulit luarnya bagus serta tidak cacat.

Buah cabai yng busuk, ada cacat, ukurannya tidak seragam seharusnya dibuang. Sesudah didapat buah cabai dengan kualitas baik, buah cabai disayat jadi dua sisi.

Berhati-hati waktu lakukan proses penyayatan sebab bisa melukai biji cabai didalamnya. Sesudah buah cabai terbelah jadi dua, biji-biji cabai yang ada didalamnya dikeluarkan.

BACA JUGA:

Inilah 9 Jenis Beras Bagus yang Bisa Kamu Jumpai di Pasar

Yuk Gunakan Waring Sayur Agar Kualitas Hasil Panen Tetap Terjaga

Arti Warna-warna Tempat Sampah yang Perlu Diketahui, Yuk Tambah Wawasan!

Sesudah memperoleh induk tanaman cabai yang akan membuahkan benih yang bagus, tanaman induk dirawat secara baik supaya perkembangannya optimal serta buah cabai yang dibuat dalam bermutu unggul.

Pekerjaan perawatan tanaman induk cabai meliputi; penyiraman yang pas, pemupukan yang pas, perempelan, penyiangan, pembasmian hama dan lain-lain. Tanaman dikasih perawatan extra supaya tidak cacat serta berpenyakit.

Setelah itu biji-biji cabai itu dijemur di bawah cahaya matahari serta dikeringkan dengan diangin-anginkan. Waktu biji cabai akan disemai, dilaksanakan seleksi lagi biji cabai yang bagus serta tidak baik.

Pemilihan ini harus dilaksanakan. Arah dari pemilihan ini ialah supaya biji yang dipakai untuk benih akan mempunyai daya tumbuh sampai 80% waktu ditanam.

Seleksi biji atau benihnya

Langkah untuk memilih biji yang bagus itu gampang. Sediakan ember atau bak yang berisi air serta input benih ke wadah. Ember yang berisi air serta benih selanjutnya diaduk-aduk serta didiamkan.

Sesudah diperam semasa tadi malam, bila ada biji dalam ember yang mengapung atau mengambang karena itu biji itu harus dibuang sebab tidak baik untuk dibuat benih.

Sebaliknya, biji cabai yang terbenam saat dicelup adalah biji yang baik untuk dibuat untuk benih cabai. Biji cabai yang terbenam langsung bisa disemai.

Beberapa alasan waktu pilih serta membuat benih cabai

- Benih cabai yang dipakai ialah benih cabai yang seragam serta tumbuh dengan subur. Dari benih yang subur.

- Taklukkan benih tanaman yang kurang sehat. Pilih yang sehat sehat saja. Termasuk juga yang didepak ialah benih yang terserang jamur.

- Sesudah benih cukup usia karena itu dapat dipindah ke media tanam lain seperti pot dan lain-lain.

Selesai sudah artikel untuk hari ini, jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Sampai jumpa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Benih Cabai di Polybag dengan Baik dan Benar"

Posting Komentar

LANGGANAN