HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ternyata Ini, Keuntungan Dibalik Penggunaan Polybag Untuk Budidaya

Polybag Tanaman
Hai para sobat tani, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, perikanan dan juga perternakan. Kali ini penulis akan membahas sedikit tentang Keuntungan Polybag Untuk Budidaya Tanaman.

Dari dulu hingga sekarang, salah satu kegiatan yang paling menyenangkan yakni bertanam atau berkebun. Lebih menyenangkan lagi bila tanaman yang dibudidayakan tumbuh subur dan hasilnya mulai kelihatan, baik dalam bentuk sayuran segar seperti sawi, tomat, cabai, bayam, maupun buah yang bisa langsung dikonsumsi dan tak perlu khawatir terkena sisa residu serta resiko menelan lilin yang dipakai untuk melapisi buah supaya tak cepat busuk.

Namun masalahnya, bagaimana para penggiat berkebun yang mempunyai lahan terbatas mensiasati hal ini? Tak perlu khawatir, sekarang sudah banyak cara berkebun diperkenalkan, diantaranya yakni cara hidroponik, cara aquaponik sampai dengan berkebun organik. Untuk mengatasinya, salah satu cara berkebun organik bagi pemilik lahan terbatas yaitu dengan menggunakan media tanam pot, botol bekas ataupun dengan polybag.

Polybag merupakan wadah plastik (umumnya berwarna hitam, meskipun ada juga yang berwarna biru atau putih), yang mempunyai beberapa lubang kecil untuk sirkulasi air supaya tanaman tak membusuk dan akhirnya mati. Adapun beberapa ukuran polybag, disesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya plastik polybag digunakan sebagai wadah atau media pengganti pot.

Sebelum membahas lebih jauh, dari sini apakah Anda tertarik untuk mulai budidaya dengan polybag? Ya, mungkin sebagian besar dari kita masih ragu untuk budidaya dengan polybag ini. Namun apa salahnya kita mencobanya. Bisa jadi dari keraguan kita ini mungkin akan terbayar jika kita sudah mencoba dan merasakan hasil panen buah atau sayuran yang kita tanam sendiri.

Budidaya Stroberi dengan Polybag
Dan jika sukses saat budidaya dengan polybag tentunya akan menjadi ladang penghasilan bagi kita. Karena hasil panen buah dan sayuran tidak hanya untuk konsumsi sendiri tetapi bisa dijual ke pengepul atau tukang sayur keliling. Namun sebelum Anda mulai budidaya dengan polybag, wajib Anda tau alasan kenapa harus memakai polybag untuk budidaya.

Baca Juga:
Ukuran, Fungsi, Serta Harga Plastik Polybag Tanaman
Polybag Mempermudah Dalam Budidaya Tanaman Organik
Jadi Begini, Sukses Budidaya Sawo dengan 6 Langkah Mudah!

Adapun alasan pemilihan polybag untuk media atau wadah saat budidaya buah dan sayur di lahan terbatas, berikut ini penjelasannya:
1. Biaya lebih murah bila dibandingkan dengan memakai pot.
2. Proses perawatan lebih mudah.
3. Kuat & tidak mudah rusak.
4. Lebih ringan.
5. Bentuknya seragam.
6. Tidak cepat kotor.
7. Bisa dipakai berulang kali setelah ditreatment terlebih dahulu.
8. Tersedia di toko/perlengkapan pertanian, atau toko plastik.
9. Polybag sangat baik untuk drainase.
10. Aerasi tanaman bisa berlangsung baik, sehingga tanaman dapat tumbuh maksimal.
11. Mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi pemakaian media tanam beserta nutrisi yang diperlukan.
12. Proses pengontrolan atau pengawasan setiap tanaman lebih mudah apabila ada gangguan, misalnya serangan hama/penyakit, atau kekurangan unsur hara tertentu.
13. Penambahan bahan organik/pupuk kandang lebih mudah, tinggal disesuaikan dengan takaran.
14. Hemat ruang dan tempat penanaman.
15. Komposisi media tanam bisa diatur.
16. Nutrisi yang diberikan, bisa langsung diserap akar, tak hanyut oleh hujan.
17. Tanaman bisa dibudidayakan kapan saja, tanpa mengenal musim.
18. Tanaman mudah dipindah-pindahkan tempatnya, sesuai dengan kondisi yang diperlukan.
19. Memindahkan tanaman ke lahan tanam yang sesungguhnya lebih mudah (untuk perkebunan tanaman keras).
20. Dari berbagai jenis tanaman hortikultur dan berumur pendek seperti cabai, tomat, terong, kacang-kacangan, strobery, melon dan lain-lain, hampir semuanya dapat ditanam dalam polybag. Demikian juga aneka jenis sayuran, seperti kangkung, bayam, pokcoy, sawi, seledri, daun bawang, bawang merah dan lain-lain.
21. Untuk produktivitas hasil panen buah atau sayuran yang diperoleh tak jauh beda dengan tanaman yang ditanam di lahan terbuka, demikian pula dengan mutu produk. Justru, bertanam memakai polybag adalah salah salah alternatif pemecahan masalah jika kita perlu mengkonsumsi buah atau sayuran segar.

Selain itu, polybag juga digunakan di berbagai perkebunan tanaman keras. Namun pemakaian polybag disini hanya untuk media penyemaian benih sampai saatnya dipindahkan ke lahan perkebunan yang sebenarnya. Terdapat 2 ukuran polybag yang digunakan di perkebunan tanaman keras, yaitu ukuran kecil lebar 10-14 cm (baby bag) yang digunakan di fase pembenihan awal (usia bibit sekitar 3-6 bulan) dan polybag ukuran besar 15 cm ke atas (big bag), digunakan sejak pemindahan benih awal sampai bibit siap dipindahkan ke lahan yang sesungguhnya (usia bibit lebih dari 12 bulan).

Contoh perkebunan besar yang memanfaatkan polybag sebagai wadah pembibitan, diantaranya yaitu seperti perkebunan kelapa sawit, perkebunan jati, perkebunan jabon, perkebunan karet, perkebunan akasia, perkebunan sengon, dan masih banyak lagi.

Polybag Budidaya
Setelah membaca penjelasan di atas, masih adakah alasan untuk tidak berkebun meski punya lahan terbatas? Manfaatkan saja polybag sebagai alternatif wadah media tanam yang murah dan mempunyai banyak keunggulan jika dibandingkan dengan berkebun menggunakan pot.

Untuk info harga Polybag, silahkan klik DISINI

Nah, berakhir sudah pembahasan materi untuk artikel kali ini. Jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya dan share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini. See you later!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Ini, Keuntungan Dibalik Penggunaan Polybag Untuk Budidaya"

Posting Komentar

LANGGANAN