HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengenal Lebih Dalam Fakta Buah Parijoto Beserta Manfaatnya!

Pernahkah Anda mendengar buah Parijoto! Bila Anda masih asing mendengarnya atau bahkan sama sekali belum pernah mendengar nama buah itu merupakan hal yang wajar. Buah parijoto ini tumbuh di daerah Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah dan mempunyai banyak manfaat. Adapun salah satu manfaat buah ini dipercaya bisa menjadi solusi bagi wanita yang sulit hamil. Bukan hanya itu, buah dengan warna merah ini juga ampuh meningkatkan kesuburan hormonal pada wanita hingga menjaga fisik bayi ketika didalam kandungan. 

Untuk bentuk buah ini cukup menarik, buahnya menyerupai anggur tetapi dengan ukuran yang lebih kecil, dan warna buahnya yang ungu kemerahan sangat cantik dan menggoda. Sebab inilah yang membuat buah parijoto lebih banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias daripada dikonsumsi. Tanaman buah yang mempunyai nama ilmiah Medinilla speciosa L ini termasuk jenis tanaman semak dan juga sering disebut anggur Asia.

Baca Juga:

Tak hanya di pulau Jawa, tanaman ini juga sudah menyebar sampai Kalimantan dan Filipina. Untuk di pulau Jawa sendiri tanaman ini umumnya banyak dijumpai di wilayah Gunung Muria Jawa Tengah, Gunung Andong Magelang, dan beberapa gunung lainnya. Tinggi tanaman parijoto ini sekitar 45cm - 60cm, dengan batang bercabang kayu dan daun hijau bersisik. Pertumbuhan tanaman ini bisa maksimal di daerah teduh dan lembab, umumnya tumbuh di ketinggian 500-1.000 mdpl.

Meskipun tanaman parijoto banyak tumbuh dengan liar, tanaman ini juga bisa dibudidayakan di pekarangan rumah, pot atau polybag, hingga dijadikan tanaman hias di dalam ruangan. Apabila Anda berkunjung ke Makam Sunan Gunung Muria di Kudus, Anda akan menemui pedagang yang menjual buah kecil ini di sekitar kompleks makam. Jangan bersedih, jika ingin mengkonsumsi buah ini tetapi belum tersedia di daerahmu, sebab Anda bisa membelinya secara online di beberapa aplikasi online shop.

Secara turun-temurun, masyarakat Kudus dan sekitarnya meyakini bahwa buah ini bisa meningkatkan kesuburan hormonal pada wanita dan juga menjaga fisik bayi dalam kandungan. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, buah parijoto ini dapat membuat wajah anak lebih tampan atau cantik.

Tanaman ini diyakini sebagai tanaman peninggalan atau warisan Sunan Muria karena buah ini hanya ditanam di kawasan lereng Muria. Di dalam buah parijoto ini terdapat kandungan antioksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas supaya tidak masuk ke tubuh.

Bukan hanya itu, flavonoid juga mempunyai manfaat lain diantaranya yaitu untuk mengahambat penyebaran tumor, menghambat pertumbuhan sel kanker, serta menghambat aktivitas enzim yang merupakan pemicu terjadinya peradangan dan penyakit pada sistem imun. Tak hanya sebagai obat kesuburan, parijoto juga mempunyai manfaat lain, di antaranya:

Mengobati Sariawan

Apabila ingin memanfaatkan buah ini sebagai obat sariawan, caranya cukup mudah. Anda cukup mencuci bersih buah parijoto segar sebagnyak sekitar 4-6 gr, kemudian giling sampai halus dan larutkan dalam 100 ml air putih. Hasil larutan tersebut bisa Anda gunakan untuk berkumur sebagai obat sariawan.

Mengobati Diare

Untuk mengobati diare Anda bisa memanfaatkan bagian daun parijoto. Cara membuatnya yaitu ambil sekitar 15-20 gr daun parijoto segar kemudian cuci terlebih dulu. Setelah itu rebus daun parijoto yang sudah dibersihkan tersebut dengan 450 ml air sampai mendidih selama 15-20 menit dan saring. Jika sudah, tunggu sampai dingin dan Anda bisa meminumnya dua kali sehari di waktu pagi dan sore.

Mengobati Kolesterol

Pemanfaatan buah parijoto untuk mengatasi penyakit kolesterol, Anda bisa langsung mengonsumsi buah parijoto yang sudah matang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lebih Dalam Fakta Buah Parijoto Beserta Manfaatnya!"

Posting Komentar