HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ternyata Garam Laut Juga Bisa Untuk Pupuk Lho! Begini Caranya

Memang betul, jika negara Indonesia terkenal dengan pertaniannya. Apabila berbicara tentang pertanian, maka Indonesia menjadi negara dengan mayoritas penduduknya merupakan seorang petani, apalagi yang berada di daerah pedesaan.

Supaya bisa melaksanakannya, untuk saat ini tak perlu mempunyai lahan yang luas, kita bisa memanfaatkan pekarangan untuk memulai bertani dalam skala kecil. Untuk menyuburkan tanaman dan menghemat biayanya, kita juga bisa memanfaatkan bahan dapur sebagai pupuknya.

Namun tak hanya bahan dapur seperti MSG saja yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman. Akan tetapi garam laut juga bisa diolah menjadi pupuk yang bagus untuk menyuburkan tanaman, baik itu tanaman hias, sayuran, maupun buah-buahan. Berdasarkan kutipan yang dilansir dari Home Guides SF Gate, Fine Gardening menjelaskan bahwa garam laut juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk penyubur untuk tanaman, rumput, dan pohon.

Baca Juga:

Garam Laut Bermanfaat sebagai Pupuk Tanaman

Dari hasil sebuah studi yang dilakukan saat menganalisis seperti apa rasa tomat ketika diberi nutrisi dengan memakai dan juga tanpa larutan garam. Untuk tomat yang diberikan nutrisi dengan larutan garam ternyata mempunyai rasa yang lebih enak, besar kemungkinan hal ini diakibatkan oleh gula dan asam yang dihasilkan oleh garam meningkat. Pada hasil analisis tersebut, peneliti telah menambahkan air laut sebagai daun basah. Walaupun hasil pada sebagian daunnya menjadi sedikit gosong, tetapi tanaman tersebut masih dalam kondisi baik.

Sekarang, pupuk yang mengandung garam laut biasa sudah bisa dibeli di beberapa toko pertanian. Akan tetapi, pemakaiannya harus dikerjakan dengan berhati-hati, sebab natrium yang terlalu banyak bisa merusak tanaman dan membuat rumput terbakar.

Pengaplikasian garam laut ini bisa dilakukan pada tanaman tomat, dan berbagai jenis melon untuk menambah rasa manis. Sebagian besar orang juga mengatakan bahwa garam laut bisa membantu pertumbuhan bunga mawar.

Sebuah kutipan yang dilansir dari Healthline, garam laut mengandung banyak natrium klorida dan juga sedikit kandungan zat besi, seng, dan kalium. Tetapi, untuk garam laut yang lebih gelap mengandung lebih banyak nutrisi dan kotoran. Maka dari itu, sebaiknya jangan memakai garam laut hitam untuk tanaman Anda.

Penggunaan Garam Laut

Pemakaian garam laut yang benar bisa membantu tanaman menjadi lebih sehat dan garam laut juga organik serta murah. Tapi, yang harus diketahui ketika memanfaatkannya sebagai pupuk, harus terlebih dulu diencerkan.

Cara yang tepat untuk melarutkan garam laut cukup bervariasi tergantung dengan jenis tanaman yang digunakan untuk memperoleh manfaatnya. Penerapan garam laut tak boleh langsung ke tanah. Karena banyak pakar ahli menyarankan untuk mencampurkannya dengan air atau pupuk yang larut dalam air.

Untuk langkah yang pertama mulailah dengan melarutkan garam ke dalam sedikit air dan menyaringnya. Setelah disaring, tambahkan 1 sendok teh larutan garam tersebut ke dalam satu galon air dan tuangkan ke dalam penyemprot tanaman. Bila Anda berencana memakai pupuk atau fungisida tambahan, campurkan sesuai petunjuk pada kemasan dan tambahkan ke penyemprot. Setelah itu, Anda bisa mulai menyemprot tanaman dengan baik sampai air mulai mengalir. Kerjakan cara tersebut setiap beberapa minggu selama musim tanam.

Cara Lain Penggunaan Garam Laut

Adapun cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan penanaman dengan menggunakan garam laut. Pakailah sekitar 1 cangkir untuk setiap 130 meter persegi lahan dan gali sekitar 12 inci teratas dari tanah, kemudian siram sampai garam terlihat sedikit encer. Untuk penggunaan pada tanaman bunga, Anda bisa taburkan pada setengah cangkir sebulan sekali sekitar 3 inci dari pangkal tanaman dan siram sampai bersih.

Pengaplikasian pada tanaman sayuran, campurkan 3 sendok makan garam laut ke dalam sekitar 3 liter air dan tuangkan ke dalam alat penyemprot, pakailah campuran ini setiap dua minggu.

Sedangkan untuk pohon, taburkan sedikit garam laut pada akarnya setiap empat bulan sekali. Setelah itu, tambahkan 2 sendok makan untuk setiap 0,7 meter persegi serta siram dengan selang sesudahnya, lakukan cara ini setiap empat bulan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Garam Laut Juga Bisa Untuk Pupuk Lho! Begini Caranya"

Posting Komentar

LANGGANAN