HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Menanam Buah Matoa yang Mudah & Simpel!

 

Ternyata budidaya buah matoa dapat dilakukan dengan cara menanam generatif maupun dengan cara vegetatif, tentunya kedua cara ini memiliki efek kelebihan serta kekurangan masing - masing, akan tetapi, jika mengharapkan pohon matoa cepat berbuah serta memiliki rasa buahnya yang menyerupai pohon induknya, maka kamu perlu mencangkok batangnya. Di bawah ini beberapa langkah menanam pohon matoa.

Baca Juga:




1. Menyiapkan Buah Matoa.

Jika memutuskan untuk menyiapkan bibit hasil cangkokan, maka perlu adanya pemilihan pohon indukkan yang sudah terbukti akan hasil buah dengan kualitas buah yang sama akan indukannya. Cara budidayanya hampir sama dengan pencangkokan srikaya, yakni dengan pilih salah satu cabang dahan yang tidak terlalu tua serta tidak terlalu muda, lalu kamu bisa memulai mencangkok dengan cara yang benar dengan menyayat bagian kulit serta menghilangkan bagian kambiumnya, lalu tutup dengan tanah yang dibungkus dengan plastik maupun sabut kelapa. Kemudian biarkan cangkokan sampai mengeluarkan akarnya.

Setelah mengeluarkan akarnya, kamu potong dan pindahkan ke plastik polybag yang telah berisi dengan campuran tanah sertapupuk kandang. Rawat bibit sampai mengeluarkan banyak akar serta terlihat tanda - tanda bibit mulai tumbuh. Jika tidak ingin repot repot, carilah bibit matoa di kios - kios penjual bibit tanaman di daerah kamu. Biasanya bibit matoa banyak dijual di situ, pastikan ketika memilih bibit dengan yang tidak terlalu banyak cabang dahan serta kualitas daun serta pohonnya terlihat subur.


2. Membuat Lubang Tanam.

Untuk budidaya buah matoa, dapat dilakukan dengan media tanam lansung ke tanah serta bisa di tanam di media polybag. Jika menginginkan menanam buah matoa di polybag, maka perlu menyiapkan polybag yang berukuran cukup besar, atau kamu bisa menggunakan potongan dari drum bekas. Kemudian, isi dengan campuran tanah gembur, arang sekam, serta pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1 (2 tanah : 1 arang sekam : 1 Pupuk).

Apabila, buah matoa yang dijadikan tanaman buah dalam polybag tidak dapat menghasilkan buah yang maksimal, maka kamu perlu membuat lubang tanam dengan diameter ukuran 50 x 50 cm dengan kedalaman 50 - 60 cm. Kemudian kamu isi lubang dengan pupuk kandang sampai 2/3 bagiannya terisi. Lalu biarkan lubang selama 1 bulan sebelum akan ditanami, suapaya pupuk kandang dapat meresap sempurna ke dalam tanah dan membuat kondisi tanah stabil.

Ingin Mencari referensi alat pertanian yang murah? kamu bisa klik Disini!

 

3. Menanam Matoa.

Setelah bibit buah matoa hasil cangkokan ditanam ke wadah polybag, maka bibit buah matoa sudah dapat dipindahkan ke media lahan tanam permanen baik berupa polybag maupun ke lahan tanah secara langsung. Ketika hendak di tanam ke lahan terbuka perlu adanya membuka polybag-nya terlebih dahulu secara perlahan lahan, supaya tidak ada akar yang terpotong. Selanjutnya kamu tanam ke lubang tanah dan tutup kembali dengan tanah campuran pupuk galian, kemudia kamu padatkan secara perlahan degan di tekan - tekan. Jangan lupa lakukan penyiraman setelah masa penanaman selesai dilakukan.


4. Merawat Matoa.

Perawatan buah matoa yang dilakukan ialah hanya melakukan penyulaman bibit jika mati serta pembersihan gulma dan tanaman liar pengganggu yang ada disekitar bibit pohon matoa. Pemupukan sendiri dilakukan secara berkala yakni setiap 1 bulan sekali menggunakan pupuk kandang.

Lakukan pemangkasan ketika usia bibit matoa mencapai umur 3 tahun pada masa penanaman, hal ini bertujuan supaya bibit pohon matoa dapat menghasilkan banyak cabang dahan, sehingga peluang akan setiap cabangnya dapat menghasilkan buah yang lebat dan lebih besar. 


5. Masa panen.

Pohon matoa hasil cangkokan dapat menghasilkan buah pada kisaran umur 4 tahun setelah masa tanam, jika budidaya matoa dari teknik biji maka memerlukan waktu selama 6 tahun untuk berbuahnya. Buah matoa yang siap dipanen, akan mengeluarkan bunga setelah 2 bulan. Pemanenan sendiri dilakukan dengan memotong bagian tangkai buah matoa mengunakan gunting ataupun pisau pertanian.


Semoga Bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menanam Buah Matoa yang Mudah & Simpel!"

Posting Komentar

LANGGANAN