Jual Polybag Murah: 4 Cara Termudah Budidaya Pala, Supaya Panen Melimpah Ruah!

Selasa, 13 Juni 2017

4 Cara Termudah Budidaya Pala, Supaya Panen Melimpah Ruah!



Pala termasuk tanaman pohon dan berasal dari kepulauan di Indonesia yakni Banda, Maluku. Dikarenakan nilai jualnya yang menggiurkan sebagai bahan rempah-rempah, buah serta biji pala sudah menjadi kamunitas perdagangan terpenting sejak pada masa kerajan Romawi. Banyak juga orang-orang yang ingin membudidayakanya guna di jual untuk mendapatkan keuntungan hasilnya yang lumayan tinggi.

Tahapan Cara Budidaya Pala Secara Praktis & Mudah

1) Persiapan Lahan
Langkah ini bisa dimulai dengan mengolah lahan lebih dulu yakni melakukan pembersihan semak belukar, rumput berkayu, serta membersihkan sisa tanaman yang ada, dan juga mengemburkan serta meratakan tanah, pada tahap pengolahan tanah bisa Anda lalkukan dengan cangkul maupun mesin bajak.

*Baca juga Panduan Langkah Budidaya Seledri Paling Jitu, Agar Panen Melimpah!

Pengolahan tanah disamakan dengan luas area tanam serta dana guna pembudidayaan, maka pendanaan modal bisa dikeluarkan dengan bijak serta tepat.

2) Penanaman Tanaman
Proses persiapan tanam disarankan mengerjakan pada waktu memasuki musim hujan, faktor ini guna menjamin tersedianya air pada area tanam, setelah itu langkah berikutnya yaitu membuat lubang tanam berukuran panjang, lebar, serta ketinggian yakni (40 x 40 x 40 cm) maupun (60 x 60 x 60 cm) memakai jarak tanam (9 x 10 m) serta angka populasi benih bibit pala 111 bibit per hektar.

Penanaman bibit dikerjakan dengan menyiapkan bibit pala yang sudah berumur 1-2 tahun menuju lahan tanam, masukkan 1 bibit pala di depan lubang secara keseluruhan, diteruskan dengan membuka plastik polybag lalu meletakkannya tepat pada lubang tanam sampai batas leher akar, kemudian tutup lagi dengan tanah serta padatkan.

3) Pemeliharaan & Perawatan
- Penyulaman
Kerjakan penyulaman pada tanaman yang mati pada lahan tanam dan diganti dengan yang baru, penyulaman dikerjakan kurang lebih 2 minggu sesudah masa tanam.

- Penyiangan
Sesudah masa tanam lakukan langkah penyulaman secara rutin, dimulai dengan membasmi gulmaserta rumput liar yang ada di area lahan dan disekeliling bibit pala.

- Pemupukan
Pemupukan diberikan sesudah proses penyiangan selesai. Jenis pupuk yang dipakai pada tanaman ini seperti jenis pupuk organik, kandang kambing, ayam, sapi, serta kompos dan juga anorganik maupun pupuk kimia yakni Urea,SP-36 serta Kcl.

4) Pemanenan & Pasca Panen
Pemanenan dikerjakan jika pala sudah matang dengan menunjukan adanya warna buah yang merekah serta bijinya berwarna hitam serta pula biasanya sudah berumur 7-8 tahun.

*Butuh plastik pertanian seperti : polybag, paranet, plastik UV, plastik mulsa, dll Hub. 081232584950 | 087702821277 | 085233925564.
- Dapatkan Info Harga Terupdate Semua Produk Lim Corporation

Cara memanennya dikerjakan dengan cara dipetik, tetapi ini dikerjakan jika pohon tidak terlalu tinggi, namun kalau ketinggian pohon mencapai 10-15 meter maka pemanenan dikerjakan memakai galah dari bambu. Pala dikumpulkan pada 1 wadah lalu dimasukkan ke karung guna dibelah serta dikering guna hasil biji pala yang berkualitas baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar