Jual Polybag Murah: Budidaya Ganyong dengan Mudah di Polybag Sebagai Pengganti Nasi

Minggu, 18 Juni 2017

Budidaya Ganyong dengan Mudah di Polybag Sebagai Pengganti Nasi



Anda tau Ganyong??? Ganyong ialah sejenis tanaman yang menghasilkan umbi yang lumayan terkenal, tetapi keberadaannya makin terancam sebab tak banyak masyarakat yang membudidayakan serta mengonsumsinya. Umbi ganyong ini memiliki kandungan pati, walaupun tak setara banyaknya dengan ubi jalar.

1. Waktu Tanam & Pembibitan

Langkah penanaman lebih baik dikerjakan ketika akan musim hujan. Bibit yang dipakai ialah umbi rizoma dan sudah mendekati ukuran umumnya yang mempunyai 1-2 mata tunas. Keperluan bibit yang dibutuhkan guna area seluas 1 hektar dibutuhkan sekitar 2 ton bibit.

2. Pengolahan Tanah

Guna menjaga perkembangan umbi bisa tehambat, lebih baik dikerjakan olah tanah yang dimaksudkan guna membuat tanah gembur serta memberantas sisa tumbuhan dari penanaman sebelumnya.
Pengolahan area lahan lebih baik dikerjakan ketika musim kemarau datang, sebab ketika itu ialah waktu yang baik sebab panas dapat mematikan investasi hama serta gulma yang terdapat pada lahan.
Kemudian tanah dibuatkan bedengan selebar 120 cm dan tinggnya sekitar 25-30 cm, panjangnya cuma menyelaraskan saja dengan panjang pada lahan, jarak antara bedengan berkisar 30-50 cm.
#Baca juga 4 Cara Termudah Budidaya Pala, Supaya Panen Melimpah Ruah!

3. Penanaman Tanaman

Sebelum proses tanam lebih baik bedengan dikasih pupuk kandang sekitar 20-30 ton/ha. Langkah penanaman dikerjakan memakai cara umbi bibit ditanam ke dalam lubang tanam menggunakan jarak antar lubang tanam sekitar 40 x 70 cm, yakni jarak antar tumbuhan serta jarak antara tiap barisan.

4. Perawatan & Pemeliharaan

Tumbuhan ini amat gampang pemeliharaanya daripada tanaman untuk budidaya lainnya. Ganyong tidak memerlukan air serta pupuk yang banyak, jadi sistem drainase serta pemberian pupuk dapat dioptimalkan.
Untuk memperoleh hasil yang memuaskan, ganyong hanya dikerjakan langkah pembumbunan saja supaya bentuk umbi dapat tumbuh maksimal. Proses pembubunan dapat dilakukan ketika tanaman berusia 2 – 2,5 bulan.

5. Pemanenan

Usia panen ganyong ini bergantung pada ketinggian area tempat, pada daerah yang tinggi serta memiliki intesitas hujan yang cukup tinggi usia panennya akan sedikit lama dibandingkan di tanaman pada dataran rendah.

Untuk dataran rendah usia siap panen dapat dikerjakan ketika tanaman berusia 6-8 bulan untuk umbi rebus, kalau guna diambil tepung ataupun patinya saja, ketika panen lebih baik dilakukan saat berusia 12 bulan sebab ketika itu pati yang terkandung mencapai angka puncaknya.

Budidaya Ganyong juga bisa dilakukan dalam polybag sehingga tidak memerlukan lahan yang luas. Jika anda membutuhkan polybag silahkan call/sms/wa 085233925564 – 087702821277 – 081232584950 . Harga polybag terupdate dan termurah silahkan cek DISINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar