HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

5 Cara Mudah Menanam Tomat Dalam Polybag

Cara Menanam Tomat Dalam Polybag

Halo semua, kembali lagi bersama penulis. Kali ini kita akan membahas artikel soal 5 cara menanam tomat dalam polybag. Tomat digolongkan untuk sayuran, walau memiliki susunan buah. Tanaman ini dapat tumbuh baik didataran rendah atau tinggi dari mulai 0-1500 mtr. dpl, bergantung dari varietasnya. Tanaman tomat menginginkan tanah yang subur serta gembur, dengan pH seputar 5,5-7.

Di alam bebas pohon tomat seperti perdu, ketinggiannya dapat capai tinggi 3 mtr.. Tetapi sesudah dibudidayakan tinggi tanaman ini tidak lebih dari 2 mtr. serta umumnya didukung oleh ajir atau tali untuk meredam supaya tidak ambruk.

Tanaman tomat dapat tumbuh baik di beberapa media seperti tempat terbuka, hidroponik, taman vertikultur serta media pot atau polybag. Kesempatan ini kami akan merinci mengenai langkah menanam tomat dalam polybag. Jika ingin mengenali berkebun tomat jumlah besar di tempat terbuka baca tutorial umum budidaya tomat.

Pemilihan Jenis Tanaman

Pada umumnya, orang memperbedakan tomat dari bentuk buahnya. Ada empat kelompok tomat yang beredar banyak di pasar yaitu, (1) Tomat buah atau tomat granola, memiliki bentuk bundar dengan pangkal mendatar (2) Tomat gondol, memiliki bentuk lonjong biasa dipakai untuk bahan baku saus, (3) Tomat sayur, teskturnya keras rasa-rasanya sedikit kecut, (4) Tomat cherry, memiliki bentuk kecil rasa-rasanya manis kecut.

Langkah menanam tomat dalam polybag tidak susah. Langkah awal pilih tipe tomat serta varietas yang akan ditanam. Cocokkan tempat tempat budidaya dengan varietas tomat yang akan diambil, khususnya untuk situasi iklim serta ketinggian tempat.

Untuk hasil yang optimal, pakai benih unggul dari sumber yang paling dipercaya. Benih tomat dari beberapa varietas dapat didapat di beberapa toko pertanian. Info tentang karakter-sifat tanaman dapat dibaca pada merek yang tercantum dalam paket benih.

Penyemaian Benih Tomat

Langkah menanam tomat dalam polybag seharusnya lewat step persemaian terlebih dulu. Benih yang berbentuk biji harus disemaikan jadi bibit tanaman. Cara ini dibutuhkan sebab benih yang baru tumbuh membutuhkan perlakuan yang lain dengan tanaman yang sudah tumbuh besar.

Sediakan tempat serta media persemaian terlabih dulu. Pilih tempat persemaian yang terlindung dari hujan serta cahaya matahari dengan cara langsung. Media persemaian dapat berbagai macam, silakan baca langkah membuat media persemaian untuk hortikuktura.

BACA JUGA:

Ternyata Ini, Keuntungan Dibalik Penggunaan Polybag Untuk Budidaya

Tips & Trik Memilih Polybag yang Tepat Untuk Budidaya, Penasaran!

Ingin Tahu Apa Saja Keunggulan Serta Fungsi dari Plastik UV Greenhouse?

Pemupukan penambahan dapat diberi sesudah dua minggu dengan pupuk cair organik, pupuk kompos atau NPK. Perawatan lain yang perlu dilaksanakan ialah penyiangan. Janganlah sampai tumbuh gulma dalam tempat persemaian. Bibit tanaman tomat siap dipindah dari tempat persemaian ke polybag sesudah 30 hari atau telah mempunyai minimal 5 helai daun.

Untuk persemaian yang memakai ploybag, isi polybag dengan media persemaian. Jika tidak ada polybag dapat memakai daun pisang. Selanjutnya benamkan benih tomat sedalam 1 cm di dalam media itu. Lantas tutup permukaannya serta siram seperlunya. Tiap polybag cukup diisi satu benih.

Sesudah benih disemaikan, kerjakan penyiraman tiap 2 kali satu hari dengan gembor yang halus. Hati-hatilah saat menyirami, janganlah sampai menghancurkan permukaan persemaian.

Pemupukan penambahan dapat diberi sesudah dua minggu dengan pupuk cair organik, pupuk kompos atau NPK. Perawatan lain yang perlu dilaksanakan ialah penyiangan. Janganlah sampai tumbuh gulma dalam tempat persemaian. Bibit tanaman tomat siap dipindah dari tempat persemaian ke polybag sesudah 30 hari atau telah mempunyai minimal 5 helai daun.

Perpindahan Bibit Tomat

Sebelum bibit dipindah, sediakan media tanam serta polybag. Isi polybag itu dengan tanah, arang sekam, serta kompos dengan perbandingan 2:1:1. Untuk bertambah detilnya melihat langkah membuat media tanam untuk polybag.

Ada dua langkah menanam tomat dari tempat persemaian ke polybag. Pertama, mengalihkan bibit dengan ditarik. Triknya, siram persemaian dengan air supaya media tanam jadi lunak. Lantas cabut tanaman dengan berhati-hati janganlah sampai akar tanaman putus atau rusak. Selanjutnya masukan tanaman itu dengan cara tegak lurus pada lubang tanam yang ada pada polybag. Tempat akar harus tegak lurus janganlah sampai bengkok atau terlipat. Mengatur kedalaman lubang tanam sesuai panjang akar.

Ke-2, mengalihkan bibit dengan diputar. Triknya tanaman tomat diangkat dengan media yang ada di sekelilingnya. Untuk bibit dari bedengan, cungkil tanaman sedalam 10 cm dengan sekop atau tangan. Selanjutnya angkat serta alihkan berikut dengan tanahnya.

Untuk bibit dalam polybag semai, sobek atau tarik plastik polybag semai selanjutnya dipindah dan tanahnya di dalam polybag yang semakin besar. Polybag semai dari plastik dapat digunakan berkali-kali.

Perawatan Serta Perawatan

Perawatan tanaman tomat dalam polybag atau pot relatif gampang. Kesehatan tanaman bertambah lebih termonitor sebab terlepas dari penyebaran penyakit melalui akar. Menjaga supaya media tanam tidak kering. Siram minimal 2 kali satu hari, tapi jangan begitu basah untuk hindari busuk akar.

Siangi gulma yang ada dalam polybag dengan teratur. Jika ada tanaman yang layu atau mati, cabut selekasnya serta buang media tanamnya supaya tidak menyebari tanaman lain. Perawatan yang lain dibutuhkan ialah pemotongan tunas serta pemberian ajir untuk penunjang tanaman.

Pupuk tanaman sesudah 1 minggu dengan kompos sekitar segenggam untuk tiap polybag. Kerjakan tambahan pupuk kompos tiap bulan, atau jika nampak tanaman kurang subur. Jika tanaman akan berbuah dapat ditambah lagi pupuk buah atau pupuk organik cair.

Hama serta peyakit tanaman tomat agak banyak. Jika nampak ada gempuran hama, mengambil hama itu dengan cara manual. Buang daun atau tangkai yang rusak terserang hama. Penyemprotan sebaiknya dilaksanakan jika betul-betul dibutuhkan. Supaya bertambah aman untuk kesehatan serta lingkungan pakai pestisida organik yang bertambah alami. Silakan baca langkah membuat pestisida organik.

Pemanenan

Tanaman tomat dalam polybag bisa dipanen sesudah 3 bulan, bergantung dari varietasnya. Persyaratan buah tomat yang siap dipanen ialah yang beralih warna dari hijau ke kuning-kuningan atau pinggir daun nampak kering serta tangkai menguning. Pemetikan dilaksanakan pada buah yang sudah masak saja.

Buah tomat tidak masak dengan cara serempak. Kerjakan pemetikan tiap 2-3 hari sekali, jangan begitu rapat untuk hindari kerusakan tanaman. Waktu pemetikan yang terbaik sore dan pagi hari, saat cahaya matahari tidak terik. Demikian rincian singkat tenang langkah menanam tomat dalam polybag.

Itu tadi ulasan singkat artikel tentang 5 cara menanam tomat dalam polybag. Semoga bisa menambah wawasan kita semua, Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mudah Menanam Tomat Dalam Polybag"

Posting Komentar