HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Mudah Menanam Lidah Buaya dalam Pot atau Polybag

Lidah buaya (Aloe vera) tanaman sekulen yang telah lama dikembangkan sebagai obat sejak ratusan tahun silam terutama untuk luka bakar. Hal ini tak lepas karena beragam manfaat yang terkandung di dalam lidah buaya. Dimana tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias lidah buaya juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias pembersih udara indoor/dalam ruangan. Tanaman lidah buaya ini juga memiliki beragam manfaat bagi kecantikan dan banyak digunakan sebagai olesan untuk kulit. Lidah buaya tidak dapat ditanam melalui proses stek daun lidah buaya ditanam menggunakan biji buah yang dihasilkan atau secara (generatif).

Bersamaan meningkatnya pemahaman masyarakat tentang manfaat tanaman satu ini, permintaan lidah buaya pun semakin meningkat seiring dengan waktu. Hal ini membuat masyarakat untuk budidaya lidah budaya semakin meningkat, Selain mudah dalam perawatan tanaman permintaan lidah buaya dipasaran pun terus meningkat baik permintaan dalam negeri maupun luar negeri.

Berikut beberapa jenis tanaman lidah buaya yang sedang ramai dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi, Antara lain adalah:

- Aloe ferox yang berasal dari Afrika 
- Aloe Barbandensis berasal dari Amerika 
- Aloe Sinensis yang berasal dari Cina

Dari ketiga jenis lidah buaya yang sedang populer ini ALoe Barbandensis asal amerika memiliki kualitas budidaya terbaik dikarenakan memiliki ukuran yang lebih besar serta memiliki daya tahan terhadap hama dan penyakit.

Teknik Penanaman Lidah Buaya Dalam Media Pot

Persiapan Tanam

- Pot atau Polybag
Pemilihan media tanam merupakan salah satu faktor penentu pertumbuhan tanaman lidah buaya. Untuk membuat tanaman dapat tumbuh dengan baik dan optimal media pot berukuran sedang atau besar sangatlah membantu, Tapi ukuran pot yang terlalu besar juga kurang efisien dan memerlukan biaya yang lebih juga. Untuk itu pemilihan pot yang berukuran sedang adalah keputusan paling baik, dengan diameter ukuran pot yang berkisar 20 cm untuk meminimalisir biaya dan tempat.

- Media Tanam
Media tanaman lidah buaya menggunakan pasir, tanah dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 2:1:1.

- Pembibitan
Setelah pot dan media tanam telah dipersiapkan, Selanjutnya adalah proses pembibitan. Proses pembibitan tanaman lidah buaya dapat dilakukan dengan cara generatif diatas maupun vegetatif dengan mengambil anakan yang melekat pada tanaman induk. Untuk mengambil anakan tanaman lidah buaya ini, Cabut anakan lidah buaya hingga bagian akarnya. Selanjutnya tanam bibit lidah buaya pada media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Penanaman kedalaman bibit pada media tanam harus diperhatikan, Jangan sampai terlalu dalam ataupun jangan juga terlalu dangkal.


Perawatan

Untuk Proses perawatan tanaman lidah buaya cukup mudah dilakukan, Berikut beberapa hal yang perlu 
diperhatikan:

- Penyiraman
Setelah anda menanam bibit lidah buaya, berikan jeda beberapa hari sebelum anda melakukan penyiraman karena akan berdampak pada resiko pembusukan akar. Setelah beberapa hari, anda dapat memulai penyiraman secara teratur terutama pada musim panas untuk mempercepat pertumbuhan.

- Pemupukan
Pemupukan dapat dilakukan pada saat tanaman berumur sekitar 3-4 bulan setelah masa tanam dan setelah masa panen pertama. Pemberian pupuk ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, kalium, unsur-unsur nitrogen guna pembentukan klorofil atau zat hijau daun dan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pupuk yang dapat digunakan untuk lidah buaya adalah kombinasi dari pupuk urea, TSP dan KCL dengan dosis 1:1:½. Pemberian pupuk kandang atau kompos juga dapat diberikan untuk tanaman lidah buaya berguna untuk memberi nutrisi dan kandungan unsur hara pada media tanam.

- Pembumbunan dan Penyobekan
Pembumbunan atau meninggikan media tanam dilakukan untuk memperkokoh tanaman dengan cara mengumpulkan tanah pada batang tanaman, Proses ini dilakukan pada saat tanaman berumur 3 bulan. Sedangkan penyobekan atau memisahkan tanaman anakan dari induknya sebaiknya dilakukan ketika masa tanam berumur sekitar 5-6 bulan. Pemisahan tanaman bertujuan untuk menjaga pertumbuhan indukan tanaman lidah buaya agar tidak terganggu.

- Pengendalian Hama dan Penyakit
Untuk tanaman lidah buaya yang dibudidayakan dalam media pot atau polybag hama yang sering dijumpai adalah ulat, Sedangkan penyakit yang dapat menyerang adalah fusarium sp yang menyebabkan pembusukan pangkal batang dan pangkal daun. Namun kelebihan media tanam pot atau polybag dalam budidaya lidah buaya adalah minimnya serangan gulma dan penyakit. Untuk menghindari hama dan penyakit tersebut anda dapat menyemprotkan insektisida dan fungsida. Panen pertama dapat dilakukan setelah tanaman lidah buaya berumur sekitar 8-12 bulan, Pemanenan berikutnya dapat dilakukan setiap 1 bulan sekali dari masa panen sebelumnya.

Pengembangbiakan


Untuk membudidayakan tanaman lidah buaya sangatlah mudah. Yakni dengan penanaman tunas muda, Tunas muda dapat dipindahkan pada pot baru ketika berukuran 6-12 cm. Untuk memotong tunas muda lakukan dengan sangat hati-hati jangan sampai akar tanaman terluka. Diamkan tunas muda yang telah dipotong beberapa hari di tempat yang kering dan sejuk sebelum anda menanamnya di pot dengan media tanam yang sama.

Ketika menanam lidah buaya dalam media pot, Letakkan lidah buaya di tempat yang sejuk dan mendapat sinar matahari secara cukup. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman dengan baik. Buah dan bunga tanaman lidah buaya dapat digunakan sebagai bibit tanaman secara generatif. Namun proses penanaman secara generatif tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan cara vegetatif.

Sekian pembahasan tentang cara budidaya tanaman lidah buaya semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk budidaya lidah buaya dan jangan lupa share artikel ini agar semua orang dapat melihat informasi budidaya lidah buaya. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menanam Lidah Buaya dalam Pot atau Polybag"

Posting Komentar