HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tak Hanya Indah, Tanaman Ekor Kucing Juga Punya Banyak Khasiat Bagi Tubuh

Tanaman ekor kucing

Acalypha hispida Burm.F atau yang biasa dikenal dengan tanaman ekor kucing merupakan tanaman hias yang mempunyai manfaat herbal. Bunga yang satu ini mempunyai bentuk yang unik dan menggemaskan. Uniknya, bunga yang satu ini jika diremas bagian-bagiannya akan berhamburan.

Sesuai dengan namanya, tanaman ini mempunyai bentuk bunga yang dikeluarkan oleh ketiak daun layaknya ekor kucing berwarna merah. Karena bentuk dan keunikannya, tanaman ini sering dijadikan sebagai penghias di pekarangan rumah. 

Baca Juga:

Dibalik keindahan dan keunikannya, bunga ekor kucing tenyata punyai segudang khasiat untuk kesehatan. Di kesempatan kali ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai kandungan dan khasiat dari tanaman ekor kucing. Yuk simak penjelasannya !

Kandungan dalam Tanaman Ekor Kucing

Tanaman ekor kucing mengandung beragam senyawa penting seperti fenolik, alkaloid, tanin, saponin, acalyphin, 8 minyak atsiri, steroid, phlobatanin, hidroksi antraquinon, dan glikosida. Beberapa senyawa tersebut dipercaya mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat tanaman ekor kucing

1. Mengobati cacingan

Cacingan pada Anda dapat diobati dengan bunga dari tanaman ekor kucing. Biasanya, anak yang terkena cacingan akan mempunyai badan yang kurus meskipun sudah makan banyak.

Anda dapat mengobati cacinggan dengan merebus 15 gr bunga dari tanaman ekor kucing menggunakan air bersih secukupnya. Setelah itu, dinginkan air rebusan tersebut dan saring. Konsumsi air rebusan bunga ekor kucing secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mengatasi disentri

Bagi Anda yang mengalami d isentri, Anda dapat mencoba mengonsumsi bunga dari tanaman ekor kucing.

Caranya gunakan bunga ekor kucing sebanyak 10-30 gram, cuci bersih bunga ekor kucing tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih, gunakan saringan untuk menyaring. Air rebusan bunga ekor kucing pun siap dikonsumsi ketika Anda mengalami disentri.

3. Mengobati luka

Jika Anda mengalami luka berdarah akibat goresan atau jatuh, Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan daun tanaman ekor kucing.

Caranya cuci segenggam daun tanaman ekor kucing, lalu tumbuh hingga halus. Jika sudah, oleskan tumbukan daun tanaman ekor kucing ke luka dan balut menggunakan kain perban.

4. Mengatasi vitiligo

Vitiligo merupakan kondisi dimana seseorang mengalami bercak putih atau warna kulit memudar pada area kulit manapun ditubuh.

Vitiligo dapat diatasi dengan daun tanaman ekor kucing, caranya yakni siapkan daun tanaman ekor kucing dan kencur berukuran setengah ibu jari. Cuci kedua bahan tersebut hingga bersih, lalu giling hingga halus. Oleskan gilingan kedua bahan tersebut pada kulit yang terkena bercak putih. Lakukan cara tersebut secara rutin hingga membaik.

5. Mengatasi muntah darah

Mengobati muntah darah menggunakan bunga ekor cukup mudah, Anda cukup mengunyah bunga ekor kucing secara bersamaan dengan pinang putih, jahe, kencur, dan daun pulai yang masih muda. Lakukan cara ini setiap hari secara rutin. Jika Anda tidak suka, Anda dapat mencoba cara lain dengan menghaluskan bunga ekor kucing dengan gula merah kemudian dimakan.

6. Mengobati radang usus

Banyak orang yang memanfaatkan bunga ekor kucing untuk menyembuhkan radang usus. Cuci bersih bunga dari tanaman ekor kucing sebanyak 30 gram, lalu rebus menggunakan air secukupnya hingga mendidih. Air rebusan ekor kucing pun siap untuk dikonsumsi.

Sejak lama, tanaman ekor kucing telah diolah secara tradisional oleh masyarakat untuk dijadikan pengobatan alami dan terbukti bermanfaat. 

Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan kepada banyak orang. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tak Hanya Indah, Tanaman Ekor Kucing Juga Punya Banyak Khasiat Bagi Tubuh"

Posting Komentar

LANGGANAN