HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

4 Cara Jitu tanam Bawang Putih di Rumah Kamu!


 

Bawang putih, siapa sih yang tidak tahu akan rempah rempah yang satu ini! rempah yang memiliki ciri khas bau yang bikin mata kamu menangis ketika mengupas atau memotongnya. Bawang putih merupakan bumbu dapur yang wajib ada di dapur rumah kamu, selain sebagai bumbu penyedap bawang putih juga memiliki beberapa manfaat yang cukup banyak lho. Pada kali ini kita akan membahas bagaimana cara budidaya bawang putih di lingkungan rumah kamu.

Baca Juga:




Cara Budidaya Bawang Putih:


1. Pilih Jenis Bawang.

Bawang putih memiliki 2 jenis varietas lho, dan semua varietas itu dapat dibudidayakan sendiri di rumah. Jenis bawang putih tersebut ialah bawang putih softneck dan bawang putih hardneck. Bawang dengan varietas softneck memiliki bentuk daun yang menjuntai ke bawah tanah. Sementara hardneck memiliki batang tegak lurus serta keras di tengahnya terdapat umbi bawangnya. 

Bawang softneck dinilai lebih mudah untuk ditanam serta mudah dikembangkan di daerah dengan cuaca yang cenderung panas. Hasil yang dapat dipanen biasanya kecil-kecil tetapi memiliki rasa yang sangat kuat. Sedangkan hardneck cocok ditanam di daerah dingin yang cenderung bersalju dengan rasa yang tidak begitu kuat.

Jika kamu ingin mencari media tanam yang unggul kamu bisa Klik Disini!

 

2. Cara Menanam Bawang Putih di Pot.

Cara menanam bawang putih sebagai berikut:

  1. Siapkan lahan yang cukup.
  2. Beberapa pot kecil atau yang berukuran besar sesuai kebutuhan.
  3. Menyediakan tanah subuh sebagai media tanam.
  4. Potong bagian bawah bawang putih yang masih ditempeli akar.
  5. Buat lubang pada tanah di pot dengan kedalaman 10 cm.
  6. Masukkan potongan bawang pada lubang, lalu tutupi lagi dengan tanah.
  7. Sirami dengan air secukupnya, saja, serta lakukan penyiraman hingga tanahnya lembab.
  8. Setelah beberapa hari, muncul daun berwarna hijau yang menunjukkan bawang putih mulai berkembang.
  9. Terakhir berikan pupuk organik.


3. Perawatan.

Masa tanam bawang putih berkisar 3 hingga 4 bulan. Biasanya di waktu waktu tersebut kamu hanya perlu mengecek kondisi tanahnya agar tidak terlalu kering dan pastikan agar tetap lembab. Jika di waktu masa tanam daunnya dapat kamu potong agar nutrisi terpendam pada bawang merahnya sehingga dapat mempercepat masa panennya. Jangan lupa setiap 1 minggu sekali kamu memberikan pupuk organik pada bawang putih agar kandungan ph tanah tetap stabil. Lakukan pencabutan gulma di sekitar media tanamnya agar senantiasa nutrisi tidak terbagi bagi.


4. Memanen Bawang Putih.

Cara menanam bawang putih sebagai berikut:

Masa panen bawang putih dapat ditentukan berdasarkan varietasnya serta kondisi cuaca di sekitar wilayah kamu. Biasanya masa panen bawang putih berkisar antara 3 hingga 4 bulan, tergantung pada varietas apa yang kamu tanam. Panas cuaca dapat mempercepat tumbuh kembangannya mereka, sementara di suhu cuaca yang dingin dapat memperlambat proses perkembangannya. Umbi bawang putih siap dipanen  di bagian tengah daun tampak berubah menguning dan cenderung coklat. Panennya dengan cara mencabut atau menyekop permukaan tanah dengan menggunakan beberapa alat, lalu angkat daun hingga bawang terlihat. Setelah itu bersihkan dari tanah yang menempel" jangan dengan air" supaya tidak busuk. Ketika sudah simpan di tempat yang kering dan sejuk.  


Nah, diatas merupakan cara mudah dan simpel dalam menanam bawang putih di rumah kamu dengan media tanam pot. Pastikan ketika kamu hendak memulai budidaya kamu sudah mengantongi beberapa referensi lain agar menunjang keberhasilan budidaya kamu. Semoga bermanfaat. Sekian, Terima Kasih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Jitu tanam Bawang Putih di Rumah Kamu!"

Posting Komentar

LANGGANAN