HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Siapa yang Mau Menanam Bombay di Rumah, Kamu Harus Tau Caranya!

 

Bawang bombay berasal dari Bombay, India. Hampir semua orang mengenal bawang ini. Bawang bombay ini masih satu jenis dengan bawah merah dan putih, namun memiliki ukuran yang jauh lebih besar, bawang bombay juga memiliki lapisan daging yang sangat tebal. Bawang bombay dianggap lebih efisien digunakan dibandingkan dengan bawang merah sehingga banyak digunakan dalam memasak. Bawang bombay juga beraroma kuat dan memililiki karakter agak manis.

Baca Juga:




1. Persiapan Lahan.

Langkah pertama yang harus siapkan dalam menanam bawang bombay ialah mempersiapkan lahan tanamnya. Suhu ideal untuk menanam bawang bombay berkisar 18-20℃. Daerah yang baik untuk membudidayakan bawang bombay daerah pegunungan atau daratan tinggi. Sebenarnya, bawang bombay dapat budidaya di dataran rendah, namun hasilnya tidak akan maksimals. Kriteria lahan tanam yang sesuai untuk membudidayakan bawang bombay ialah sebagai berikut ini :

  1. Minimal memiliki ketinggian 200 mdpls.
  2. Kandungan pH tanah sekitar 5,5-7,5.
  3. Terkena sinar matahari langsung minimal 10 jam per harinya.
  4. Tanah subur. 
  5. Dekat sumber air.
  6. Memiliki kandungan hara.


2. Pemberian Pupuk Dasar.

Pemberian pupuk dasar bertujuan supaya kebutuhan unsur hara tetap terpenuhi selama masa tanam bombay, sampai panen bawang bombay. Sebaiknya, pupuk dasar yang digunakan ketika pupuk organik berupa pupuk kandang maupun pupuk kompos. Jangan menambahkan pupuk anorganik karena dapat menyebabkan rasa dari bawang bombay berubah dam berbahaya bagi tubuh yang mengonsumsinya.

Tata cara pemberian pupuk:

  1. Buat galian memanjang dengan ke dalam Tabur pupuk organik di sepanjang alur lubang.
  2. Kemudian cacah tanah agar pupuk dapat merata.
  3. Lalu tutup lubang dan tinggikan tanah diatasinya hingga membentuk bedengan. Bedengan tidak perlu ditutup dengan mulsa agar suhu tanah tetap dingin serta sejuk. Bedengan dibuat dengan lebar kisaran 80 cm dan tinggi 15-20 cm.


3. Pembibitan Bawang Bombay.

Untuk pembibitan bawang bombay, kali ini melalui generatif umbi. Cara pembibitannya adalah sebagai berikut :

  1. Pemilihan bibit unggul, dengan ciri ciri indukan tidak boleh cacat, harus besar, berasal dari tanaman yang unggul dan sehat.
  2. Kemudian cuci bersih serta simpan bibit di tempat yang lembab dan teduh selama 1-3 minggu sampai bibit bertunas lagi.

  3. Penanaman bibit bawang bombay ke bedengan, setelah bibit bawang bombay tumbuh dengan cukup tinggi, bawang bombay dapat di pindahkah ke  lahan bedengan dengan cara sebagai ini :

  4. Buatlah lubang pada media tanam pada bedengan dengan jarak sekitar 20 x 20 cm.
  5. Tanam bibit bawang bombay pada masing-masing lubang yang tersedia, usahakan penanam dilakukan pada sore hari agar cuaca tidak terik.
  6. Siram bibit yang baru saja kamu ditanam.
  7. Pada minggu pertama masa tanam lakukan penyulaman dan ganti bibit yang tidak tumbuh dengan baik.

4. Perawatan Bawang Bombay.

Perawatan bawang bombay tidak susah. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan :

    Penyiraman.

Bawang bombay yang kekurangan air akan berumbi yang relatif kecil dan rasa yang tidak sedap. Penyiraman sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan kelembaban pada tanah bedengan.

    Penyiangan.

Karena tidak diberi media mulsa, maka gulma akan tumbuh dengan bebas, sehingga perlu dilakukannya penyiangan untuk membersihkan gulma agar nutrisi terfokus pada bawang bombay.


5. Pemanenan Bawang Bombay.

Bawang bombay dapat dipanen saat sudah berumur 4-5 bulan setelah masa tanam. Cara memanen bawang bombay dengan benar sebagai berikut :

  1. Galilah sedikit tanah di sekitar umbi bawang bombay, lalu cabut dengan hati-hati agar tidak merusak bawang bombay. 
  2. Bersihkan tanah yang menempel pada bawang bombay, kemudian simpan di tempat yang dingin serta kering dan terhindar dari paparan sinar matahari yang masuk.
  3. Bawang bombay sebaiknya disimpan dengan cara digantung agar tunasnya tidak tumbuh akar kembali.


Nah, diatas merupakan cara mudah dan simpel dalam menanam bawang putih di rumah kamu dengan media tanam yang luas. Pastikan ketika kamu hendak memulai budidaya kamu sudah mengantongi beberapa referensi lain agar menunjang keberhasilan budidaya kamu. Semoga bermanfaat. Sekian, Terima Kasih.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siapa yang Mau Menanam Bombay di Rumah, Kamu Harus Tau Caranya!"

Posting Komentar

LANGGANAN