HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mau Coba Tanam Kencur Dengan Polybag? Yuk Simak!

 

Kencur, budidaya kencur kunci cara menanam agar bisa tumbuh dengan subur ialah memperhatikan tanah yang digunakan untuk menanamnya. Tanah yang cocok untuk menerapkan cara menanam kencur yakni, tanah berwarna hitam serta berpasir. Tanaman kencur bisa di tanam di daratan tinggi maupun daratan rendah.

Kencur dapat ditanam langsung pada lahan sempit ataupun di dalam polybag loh. Untuk kali ini kita akan membahas bagaimana cara menanam kencur ke polybag. Yuk simak ke bawah!


Baca Juga:


Berikut cara menanam kencur di polybag.


1. Persiapan Benih kencur.


  1. Pertama ialah menyiapkan benih kencur.
  2. Selanjudnya pilih bibit kencur yang sudah tua atau sudah masak, yakni telah berumur sekitar 10 bulan serta memiliki 2 calon tunas..
  3. Setelah benih disiapkan, letakkan benih tersebut pada tempat yang tidak terkena matahari secara langsung serta tempat yang tidak terlalu basah, maupun tempat yang terbuka.


Mau cari media tanam yang murah serta kualitas oke? yuk Klik Disini!


2. Persiapan wadah Polybag.

  1. Siapkan polybag denagn ukuran besar, yakni berdiameter 10 cm, 15 cm, 20 cm, ataupun lebih. Pada bagian dasar polybag beri lubang-lubang kecil agar ada drainase.
  2. Kemudian, isi selapis bawah dengan pecahan bata merah, sekam arang, ataupun serbuk kelapa.
  3. Isikan ke dalam polybag. 
  4. Berikan  dan campur pupuk kandang atau pupuk kompos dengan tanah subur dengan perbandingan 1:1.
  5. Letakkan polybag tersebut pada tempat yang teduh sekitar 1 hingga 2 hari sampai kondisi tanah stabil.


Ingin mencari Polybag dengan harga murah dengan kualitas  barang kuat serta tahan lama, Yuk Klik Disini!


3. Tahap Penanaman Kencur.

Dalam satu media tanam, harus ditanami 2 rimpang benih dengan jarak penanaman sekitar 10 cm hingga 15 cm. Posisi penanaman benih yaitu bagian calon tunas menghadap ke atas tanah.

Dalam menempatkan tunas kencur jangan sampai terbaik ya, karena hal tersebut akan berakibat memperlambat pertumbuhannya, serta membuat benih tidak tumbuh.


4. Tahap Perawatan Kencur.

Perawatan tanaman kencur, yakni pemupukan, penyiraman, penyiangan, serta pengendalian hama penyakit.

Lakukan penyiraman jika dirasa tanahnya sudah terlalu kering, Penyiraman dilakukan setiap 2 hingga 3 kali seminggu pada pagi serta sore hari.

Selain itu, supaya tanaman kencur lebih sehat makan lakukan pemupukan dengan larutan NPK sebanyak 10-30 gram di dalam 10 liter air. Larutan pupuk tersebut disirami kepada media tanam sebulan sekali saja.

Bersihkan gulma di sekitar tanaman kencur secara menyeluruh serta berhati-hati agar tidak merusak perakaran kencur. Setidaknya, penyiangan pertama kali dilakukan saat tanaman kencur berumur sekitar 2 hingga 3 minggu, untuk penyiangan selanjutnya dapat dilakukan selama 3-6 minggu sekali, tergantung kondisi gulmanya.

Apabila terjadi serangan hama serta penyakit dapat dilakukan penyemprotan dengan pestisida organik dan jangan menggunakan pestisida anorganik agar tidak berbaya untuk tumbuhan kencur. 

Beberapa hama yang sering menyerang biasanya ulat daun, belalang, orong orong, serta belatung.

Sedangkan penyakit yang sering menyerang tanaman kencur biasanya penyakit busuk akar rimpang ataupun bercak kuning pada daun.


5. Pemanenan Kencur.

  1. Tanaman kencur sudah dapat dipanen pada kurung umur 8-12 bulan setelah masa tanam. 
  2. Cara melakukannya dengan mengambil seluruh tanaman yang ada di dalam polybag.
  3. Selain itu, bisa memotong tanaman kencur pada bagian pinggirnya. 
  4. Sisa tanaman kencu bisa dibiarkan tumbuh untuk musim tanam selanjutnya.
  5. Saat kemarau datang tanaman kencur akan mati, apabila musim penghujan akan hidup kembali. Saat tanaman kencur itu mati, maka waktu itu kencur sudah bisa dipanen.
  6. setelah di panen usahakan simpan di tempat yang sejuk serta kering, dan usahakan jangan diletakkan di tampat yang lembab ataupun basa agar akarnya tidak tumbuh.


Nah, di atas merupakan cara mudah dan simpel untuk menanam kencur di polybag, jadi ayo mulai menanam. Sekian, Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Coba Tanam Kencur Dengan Polybag? Yuk Simak!"

Posting Komentar

LANGGANAN