HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tekni Budidaya Srikaya Jumbo dengan Mudah & Cepat!

 

Menanam srikaya berukuran jumbo mungkin tidak asing lagi di telinga kamu kan? buah satu ini berasal dari Australia dengan bobot buah yang bisa mencapai 800 gram per buah, lho, jauh lebih besar dibanding buah srikaya lokal yang hanya berukuran 100 – 200 gram per buahnya. Srikaya introduksi bisa tumbuh dengan subur di Indonesia pada lahan yang memiliki ketinggian  100 – 1.000 mdpl. Akan tetapi, budidaya srikaya jumbo akan maksimal jika kamu tanam di lahan dengan ketinggian 100 – 300 mdpl. Nah, berikut ini cara menanam buah srikaya dengan metode cangkok.


Baca Juga:




Di bawah ini Cara Budidaya Srikaya Jumbo.


1. Penanaman.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ilah memilih wadah tanam buahnya dlu. Buah srikaya dapat ditanam dengan media pot ataupun polybag berdiameter 40 – 70 cm atau kamu bisa langsung menanamnya di lahan asli. Penanaman buah srikaya di pot  atau polybag dapat dilakukan dengan media tanam yang terbuat dari campuran tanah, arang sekam, serta pupuk kandang dengan perbandingan jumlah takaaran 1:1:1.

Sementara lain, untuk yang menanam srikaya di lahan asli, perlu menyiapkan dahulu lubang tanam yang berukuran 50 × 50 × 50 cm. Selanjutnya, kamu dapat pisahkan tanah galian pada bagian atas dengan tanah bagian bawahnya. Setiap lubang harus diberikan pupuk kandang maupun kompos sebanyak 10 – 15 kg, pastikan juga untuk sebagian dari pupuk dicampur dengan tanah bagian atas. Terakhir lubang tanam dapat kamu biarkan saja selama 2 – 4 minggu sebelum mulai masa tanamnya.


2. Pemilihan Bibit.

Untuk bibit buah srikaya disarankan untuk menggunakan bibit dari hasil cangkok, stek, ataupun sambung pucuk. Untuk mendapatkan bibitnya kamu bisa membeli di toko pertanian atau kamu bisa membuatnya sendiri dengan pohon srikaya jumbo yang kamu punya, pastikan sebelum kamu membeli atau membuat bibit indukan dari pohon harus sehat dan bebas ari hama penyakit. Karena itu, dapat mempengaruhi kualitas dari srikaya kamu.

Sedang mencari Polybag dengan harga yang murah? kamu bisa chek Disini!

3. Pemeliharaan.

Penyemaian.

Penyemaian pada bibit srikaya menjadi faktor penting dalam proses pertumbuhannya. Usahakan kamu membersihkan gulma ataupun tanaman liar yang berada di sekitar bibit buah kamu, agar tidak terjadinya kompetisi pengambilan unsur hara. Penyemaian sendiri dapat dilakukan dengan bebebrapa metode yakni mencabut, mencangkul, serta lain sebagainya.

Penyiraman.

    Pemeliharaan tanaman srikaya di pot, polybag ataupun lahan asli, sama saja kok. Tanaman ini perlu disiram, dipangkas, dipupuk, serta dirawat buahnya. Tanaman srikaya perlu disiram sebanyak 2 – 3 liter air per pohon setiap harinya. Penyiraman harus rutin dilakukan supaya bunganya tidak rontok karena faktor kekeringan. Penyiraman untuk tanaman di pot atau polybag harus dilakukan setiap hari yakni di pagi dan sore harinya. Penyiraman dilakukan hingga kondisi tanahny memjadi lembab.

Pemangkasan.

    Bibit buah srikaya yang sudah tumbuh setinggi 2 m, perlu mendapatkan pemangkasan pertama. Pemangkasan sebaiknya dilakukan ketika masuk musim hujan, karena tanaman dapat stres apabila pemangkasan dilakukan saat kondisi tanah kekurangan kandungan air. Pemangkasan sendiri memiliki banyak manfaat dan tujuan, sehingga cara pemangkasannya pun harus disesuaikan dengan berhati hati.

Pemupukan.

    Pemupukan srikaya dapat kamu lakukan ketika masih muda, yakni dengan menggunakan pupuk NPK dengan perbandingan tiap tanaman lain 15:15:15 sebanyak 30 – 40 gram per tanamannya serta dapat juga di berikan pupuk kandang 5 kg yang ditebar di bagian atas media tanamnya. Pupuk dapat diberikan dua bulan sekali saja. Setelah berumur sekitar 2 tahun, tanaman perlu diberikan pupuk NPK lagi dengan takaran 15:15:15 sebanyak 50 – 75 gram per tanamannya. Pupuk dapat diberikan dengan cara dibenamkan ke dalam lubang media tanam secara melingkar sedalam 3 - 5 cm.

Hama Penyakit.

    Penyemprotan hama penyakit juga sangat mempengaruhi pertumbuhan buah srikaya. Jadi lakukan penyemprotan insektisida serta fungsida untuk menhindari kegagalan hasil panen. Pastikan ketika kamu menggunakan insektisida maupun fungsida kamu menggunakan bahan bahan organik agar buah dan tanah perkebunan tetap sehat alami

Kami menyediakan alat pertanian dengan harga yang terjangkau, kamu bisa Klik Disini!

4. Pemanenan.

Pemanenan buah srikaya tergantung dari varietas apa yang kamu tanam, biasanya buah srikaya yang di tanam dari teknik cangkok, stek maupun sambung pucuk dapat berbuah ketika sudah berumur 2 - 2,5 tahun. Pemanenan buah srikaya, sebaiknya dipilih yang sudah benar benar matang sekaligus melakukan pemangkasan pada dahan pohonnya. Pemangkasan sendiri dapat dilakukan setelah proses pemanenan buah. Pemangkasan dapat meremajakan tanaman kembali setelah usai berbuah lebat. Serta cabang yang lemah akibat menopang buah yang lebat dapat dipotong agar muncul tunas baru yang lebih kokoh dan sehat.


Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tekni Budidaya Srikaya Jumbo dengan Mudah & Cepat!"

Posting Komentar

LANGGANAN