HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mau Tanam Kedondong? Gunakan Cara Jitu Berikut Ini


 

Pohon kedondong ialah salah satu tanaman buah yang tergolong dalam suku Anacardiaceae. Bentuk buahnya yang lonjong, berwarna hijau gelap dengan kulit buah yang keras, biji berserabut. daging buah renyah serta terasa sangat asam jika matang maupun mentah. Menanam kedondong sangatlah simpel dan mudah, karena buah kedondong biasanya tumbuh di segala lingkup tempat dengan media tanah mulai dari lempung hingga yang sedikit berpasir, asalkan memiliki unsur hara yang kaya, curah hujan sedang, terkena pancaran sinar matahari 80%, serta memiliki suhu udara sekitar 19°C-32°C.

    Baca Juga:




Tata Cara Budidaya!


1. Persiapan Media Tanam.

Tempat lahan tanam yang digunakan untuk menanam kedondong dapat berupa polybag ataupun pot berukuran besar dengan diameter sekitar 60 cm serta tinggi sekitar 70 cm. Bahan media tanamnya ialah tanah campuran bokashi dengan perbandingan keduanyan sekitar 1 : 1. Campurkan kedua bahan tersebut dicampur dengan bahan Furadan 3 gram. Jagan lupa memberikan insektisida untuk mencegah hama penyakit yang ada di tanah, lalu campurkan semua bahan hingga tercampur merata.

Ingin mencoba menananm? tapi tidak punya peralatan pertanian, kamu bisa klik Disini!

2. Persiapan Bibit.

Menanam kedondong dapat dilakukan dengan beberapa cara mulai dari biji, stek, cangkok, serta sambung pucuk. Akan tetapi, lebih baik menggunakan bibit pohon kedondong melalui stek, cangkok atau sambung pucuk karena dengan cara itu dapat mempercepat berbuah dan lebih identik dengan tanaman induknya. Pilihlah bibit yang sehat atau terbebas dari hama penyakit yang menyerang.


3. Penanaman.

Masukkan media tanam kedalam ke wadah pot atau polybag dengan ketinggian tanah sekitar 25 cm, lalu siram media tanam hingga basah, setelah itu masukkan bibit kedondong dari stek, cangkok, sambung pucuk serta atur akarnya hingga menyebar rata ke tanah. Kemudian masukkan kembali media tanam ke polybag atau pot, lalu tekan tekan permukaan tanah agar tidak ada rongga di sekitar akar. Lakukan penyiraman secara merata jika sudah melakukan tahapan tahapan tersebut.


4. Pemeliharaan Tanaman.

Penyiraman.

    Penyiraman dilakukan 2 x dalam sehari secara rutin pada pagi ataupun sore harinya, ketika tanaman baru ditanam. Jika sudah tumbuh dengan bagus, penyiraman dapat dilakukan 2 hari sekali saja, serta jika sudah mulai tumbuh besar bisa dilakukan penyiraman setiap 5-7 hari sekali dengan melihat kondisi tanahnya agar tidak terlalu kering maupun basah.


Penyiangan.

    Lakukan penyiangan pada gulma serta tanaman liar lainnya yang tumbuh disekitar tanaman kedondong kamu, pastikan kamu rutin mengechek dalam pot atau polybag setiap 2 minggu sekali.


Pemupukan.

    Pemupukan pertama pada tanaman kedondong dapat dilakukan pada saat berumur 2 minggu dengan menggunakan pupuk urea serta pupuk NPK. Pemupukan kedua dapat dilakukan saat kedondong sudah berumur 1 bulan, 2 bulan, 4 bulan, 8 bulan dan seterusnya setiap kelipatan dua, juga ditambahkan pupuk bokashii. Pemupukan juga disesuaikan dengan umur serta dosis yang pas serta lakukan penyiraman hingga pupuk mulai meresap kedalam tanah.


5. Pemanenan.

Panen dari kedondong sekitar 1 tahun hingga 1,5 tahun dari masa penanaman yang kamu lakukan dan tergantung varietas yang kamu tanam. Ciri ciri buah kedondong yang sudah siap dipanen di antaranya warna kulit hijau tua, serta sudah mengeluarkan bau harum. Meskipun buah ini bisa juga dibiarkan sampai berwarna kuning seperti buah yang matang pada umumnya. sesuaikan dengan selera kamu saja. Dan pastikan jika kamu memetiknya menggunakan alat bantu agar tidak merusak sisa tangkai buah di pohonnya.

Nah, diatas merupakan cara mudah membudidayakan buah kedondong dengan mudah dan praktis. Semoga Bermafaat. Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Tanam Kedondong? Gunakan Cara Jitu Berikut Ini"

Posting Komentar

LANGGANAN