HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips & Trik Menanam Si Manis Legit Buah Sirsak



Menanam pohon sirsak di rumah memberikan banyak sekali keuntungan. Selain itu, rumah kamu juga jadi lebih teduh serta asri. Tanaman sirsak merupakan salah satu dari sekian pohon yang mampu pengusir tikus di sekitaran rumah. Tertarik, yuk simak cara menanam sirsak cepat berbuah di halaman rumah.

    Baca Juga:




1. Memilih Bibit.

    Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah menentukan bibit yang hendak kamu tanam. Pemilihan bibit sirsak bisa menggunakan 2 cara yakni baik dari biji ataupun sambung pucuk. Nah kali ini saya akan menerangkan cara tanam menggunakan sambung pucuk sebagai berikut:

  1. Pilih bibit sambung pucuk yang berkualitas baik tanpa cacat, bebas hama penyakit, serta daun sirsak yang tak mudah rontok.
  2. Kamu bisa mendapatkan bibit sambung pucuk dari pedagang tanaman.
  3. Ketinggian bibit pohon sirsak harus sekitar 40 hingga 60 cm dengan usia tanaman kisaran 4 bulan.
  4. Setelah menentukan bibit sirsak, sudah bisa kamu lakukan persiapan lahan tanam di pekarangan rumah.

Ingin mencari bibit tanaman yang berkualitas? kamu bisa check harga Disini!

 

2. Persiapan Lahan Tanam.

    Cara menanam sirsak agar cepat berbuah selanjutnya ialah mempersiapkan lahan tanamnya. Tanaman sirsak yang baik memerlukan lahan tanam yang gembur serta bebas dari bakteri atau hama yang bersarang. Maka dari itu, perlu adanya pembajakan lahan tanam terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul, sekop atau alat pertanian lainnya. Buat lubang tanam dengan kisaran 50×50 cm serta berikan jarak antar tanaman lain sekitar 4 hingga 5 meter jika lebih dari satu pohon yang kamu tanam. Berikan pupuk kandang sebanyak 15 kg setiap lubang tanamnya. Diamkan lubang tanam selama 2 minggu sebelum dimulai penanamannya supaya pupuk terurai dengan baik dan bakteri dalam tanah akan menghilang.


3. Penanaman.

  1. Jika sudah 2 minggu, kamu sudah bisa melakukan tahap penanaman. 
  2. Jika tidak ada sistem irigasi dalam lahan kamu, ada baiknya jika penanaman dilakukan pada musim hujan. 
  3. Cara penanaman sirsak harus serta harus dilakukan hati-hati. 
  4. bibit dari cangkok/okulasi/sambung pucuk maka masukkan dulu pohon sirsak secara perlahan tanpa merusak bagian akar.
  5. Masukkan bibit hingga dekat pada bagian pangkal batangnya, lalu padatkan tanah dan siram dengan air secukupnya supaya menyerap dengan optimal.

Pastikan mencari Media Tanam yang berkualitas hanya ada Disini! 

 

4. Penyiraman.

Langka selanjutnya perawatan secara rutin. Tanaman sirsak memerlukan perawatan mulai dari pemupukan, penyiraman, penyiangan, serta pemangkasan. Untuk penyiraman sendiri tanaman sirsak, harus dilakukan 1 kali dalam sehari. Usahakan tanah jangan sampai kering, karena sirsak membutuhkan cukup banyak air untuk tumbuh kembangnya. Ketika musim hujan, sebaiknya siram tanaman sirsak sebanyak 2 hari sekali, supaya kelembapan tanah tetap terjaga.


5. Penyiangan.

Setelah tanaman berusia 1 bulan, kamu sudah harus mulai melakukan penyiangan. Bersihkan gulma serta rumput di sekitar area tanaman sirsak sekaligus menggemburkan lahan tanah. Penyiangan bisa menggunakan tangan atau alat pertanian lainnya. Lakukan penyiangan hingga area sekitar tanaman benar-benar bersih sehingga unsur hara dalam tanah tetap terjaga untuk tanaman kamu.


6. Pemupukan.

Berikan pupuk lanjutan ketika tanaman berusia 3 bulan. Dapat memberikan pupuk jenis NPK sebanyak 250 gram per tanamannya. Ketika berusia 9 bulan, berikan, pupuk NPK sebanyak 250 gram. Usia 15 bulan berikan, pupuk NPK sebanyak 350 gram. Usia 21 bulan berikan pupuk NPK 350 gram. Ketika sudah berusia 27 - 33 bulan Berikan pupuk NPK  400 gram. Di usia ke 39 - 45 bulan, berikan pupuk NPK sebanyak 500 gram. Selain memberikan pupuk NPK, juga dapat diberikan pupuk kandang, tapi setahun sekali saja.


7. Pemangkasan.

Pemangkasan tanaman sirsak perlu dilakukan supaya cepat berbuah. Lakukan pemangkasan secara teratur pada bagian cabang-cabang dahan yang tidak beraturan. Tanaman sirsak yang terlalu banyak cabang dahan membuat batang utama kekurangan akan nutrisi. Akibatnya, pohon semakin lambat berbuahnya. Pemangkasan bisa membuat tinggi pohon sirsak hanya mencapai ketinggian sekitar 3 m serta dapat cepat berbuah dalam waktu yang lebih singkat. 


8. Masa Panen.

Masa panen buah sirsak dapat berbuah pada umur 2 - 3 tahun. 1 pohon sirsak yang subur dapat menghasilkan buah hingga 20 - 30 buah. Ketika pemanenan gunakan gunting untuk memotong dahan buahnya, pastikan menggunakan alat yang steril. Biasanya panen buah sirsak berlangsung pada bulan Januari sampai bulan Februari.


Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips & Trik Menanam Si Manis Legit Buah Sirsak "

Posting Komentar

LANGGANAN