HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengenal Tanda-Tanda Tanaman Diserang Hama Kutu Sisik & Cara Membasminya

Kutu Sisik pada Daun

Bagi sebagian orang, berkebun menjadi hobi pengisi waktu luang yang menyenangkan. Namun, berkebun tidaklah semudah yang dibayangkan. Beberapa hama yang kerapkali menyerang tanaman menjadi salah satu masalah yang harus segera diatasi.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis hama yang bisa menyerang tanaman, salah satunya adalah hama kutu sisik. Jika dibiarkan hama tersebut bisa merusak atau bahkan bisa membunuh tanaman.

Baca Juga:

Oleh karena itu, mengenali tanda-tanda tanaman terserang kutu sisik dan cara membasminya merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Di artikel kali ini akan membahas lebih lanjut apa itu hama kutu sisik dan bagaimana cara membasminya.

Beri Ulasan Toko Kami Di Google Maps

Mengenal Hama Kutu Sisik

Hama kutu sisik merupakan hama kutu-kutuan yang menyerang tanaman dengan cara memakan batang, daun ranting, hingga buah. Hama kutu sisik berbentuk seperti lintah kecil yang bergerak dan melekat pada permukaan daun maupun batang tanaman. 

Kutu fisik berkembang biakn dengan cara memakan getah floem yang ada pada tanaman, dalam kondisi yang parah kutu sisik bisa membuat tanaman menjadi mati.

Tanda-Tanda Tanaman Terserang Hama Kutu Sisik

Keberadaan hama kutu sisik bisa mengganggu atau merusak tanaman, agar bisa segera diberi penanganan Anda perlu mengenali tanda-tanda tanaman yang terserang hama kutu sisik sebelum hama tersebut merusak semua tanaman yang Anda miliki.

Diambil dari beberapa sumber, inidia tanda-tanda tanaman terserang kutu sisik serta cara membasminya.

1. Daun Menguning

Tak hanya kurang penyiraman, daun yang menguning juga bisa disebabkan karena serangan kutu sisik. Pada beberapa kasus, tanaman yang terserang kutu sisik daunnya akan berubah menjadi warna kuning serta terdapat bercak-bercak klorotis.

2. Daun Rontok

Jika sudah dibiarkan dan makin parah, serangan hama kutu sisik bisa membuat daun tanaman menjadi rontok atau defoilasi (Perontokan daun).

3. Ranting Mengering dan Bernoda Hitam

Hama daun sisik juga bisa mengakibatkan ranting atau cabang tanaman menjadi kering. Selain itu, tanaman yang terserang kutu sisik juga bisa menyebabkan noda hitam dan kecokelatan pada daun.

Cara Mengatasi Hama Kutu Sisik

Setelah mengenal hama kutu sisik dan tanda-tandanya, Anda juga harus mengetahui cara mengatasi hama kutu sisik agar bisa diberi penanganan sebelum tanaman rusak akibat terserang kutu sisik. Ada beberapa cara dalam mengatasi hama kutu sisik, antara lain:

1. Memotong Daun

Memotong daun yang sudah diserang kutu sisik merupakan langkah yang tepat untuk menghentikan penyebaran kutu sisik. Anda bisa memotong daun yang sudah menguning karna kutu sisik.

2. Mengikis Daun

Selain Memotong daun, Anda juga bisa melakukan pengikisan pada daun yang terserang kutu sisik. Caranya, siapkan kain yang sudah dibasahi dan lap bersih. Setelah itu, lakukan pengikisan pada kutu sisik menggunakan jari sambil menggosok menggunakan lap basah.

3. Insektisida

Seperti cara membasmi hama pada umumnya, hama kutu sisik juga bisa diatasi dengan menggunakan insektisida. Namun sebelum mengaplikasikan insektisida, bersihkan terlebih dahulu kutu sisik dengan cara manual. Setelah itu, aplikasikan insektisida dengan cara menyemprotkan pada daun dan batang tanaman yang terserang.

Pengendalian secara kimia menggunakan insektisida yang bersifat selektif sehinga musuh alami tidak ikut musnah. Jika tanaman belum berbuah pengendalian kutu sisik menggunakan insektisida dilakukan dengan insektisida sistemik secara saputan batang.

Cukup sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan kepada banyak orang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Tanda-Tanda Tanaman Diserang Hama Kutu Sisik & Cara Membasminya"

Posting Komentar