HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Menanam Buah Durian Tidak Sesulit itu kok, Check Disini!

 

Buah durian, siapa sih yang tidak tau akan buah ini yang memiliki bentuk, aroma, serta rasa buah yang sangat khas. Buah ini juga sering di sebut sebagai rajanya para buah, karena memiliki banyak sekali vitamin serta manfaat yang tersembunyi lho. Untuk membudidaya buah ini harus di daratan tinggi karena suhu tersebut sangat cocok untuk tumbuh kembangnya. Supaya durian dapat tumbuh dengan subur serta menghasilkan buah yang banyak, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan simak ke bawah:

    Baca Juga:




1. Pahami Syarat Tumbuh Durian.

Durian bisa tumbuh dengan baik apabila berada di daerah yang memiliki curah hujan sekitar 1500-3500 mm/tahun, suhu udara sekitar 18-30°C. Untuk pohon durian yang masih kecil perlu di beri naungan atap karena ia tidak suka sinar matahari langsung, namun jika pohon sudah bertumbuh dewasa membutuhkan itensitas cahaya matahari sebanyak 60-80%.

Ketinggian suatu daerah sangat mempengaruhi pertumbuhan durian, lho. Supaya pohon durian bisa berbuah maksimal sebaiknya ditanam pada daerah dengan ketinggian di bawah 80 mdpls. Durian masuk dalam jenis pohon yang cocok dibudidayakan pada tanah dengan kandungan pH netral. Jenis tanah yang sesuai ialah grumosol serta ondosol dengan kandungan pH tanah sekitar 5-7.

Kamu sedang mencari media tanam dengan bahan yang berkualitas menunjang pertumbuhan buah durian kamu? kamu bisa check Disini!

 

2. Persiapan Lahan Tanam.

Cara menanam durian suapaya cepat berbuah dengan mempersiapkan lahan serta media tanam berikut:

  1. Tanah yang digunakan harus memiliki kandungan pH netral serta termasuk dari salah satu jenis tanah grumosol atau ondosol.
  2. Bersihkan lahan yang mau ditanam dari gulma serta batu. Kemudian buat bedengan dengan mencangkul tanah dengan kedalaman sekitar 30 cm supaya gembur subur.
  3. Cara menanam pohon durian agar cepat berbuah dengan pemupukan. Pemupukan durian sendiri menggunakan 3 jenis pupuk yang berbeda.


3. Pemilihan Bibit Tanaman Durian.

Bibit yang unggul harus memenuhi beberapa syarat yakni terlihat segar, memiliki cabang batang kokoh, memiliki lebih dari 2 batang batang.

Supaya bisa menghasilkan durian yang banyak serta berkualitas sebaiknya kamu memilih bibit unggulan seperti montong, musang king, bawo, dan lain sebagainya.


4. Cara Menanam Bibit Durian.

  1. Pilih bibit atau benih yang berkualitas unggul
  2. media tanam sudah dibajak ataupun di cangkul
  3. Cek kandungan pH tanah.
  4. Sesuaikan suhu udara sekitar 18-30°C
  5. Tanam bibit atau benih dengan cara merobek polybag secara hati-hati agar tidak ada akar yang rusak ataupun putus.
  6. Setelah bibit tertanam jaga selalu kelembaban tanah dengan melakukan penyiraman 2x sehari saat musim kemarau ataupun menyesuaikan dengan kebutuhan jika saat musim penghujan.
Kami menyiadakan polybag dengan berbagai ukuran. Yuk kunjungi toko kami Disini!

 

5. Cara Perawatan Pohon Durian.

  •   Pemangkasan

Lakukan pemangkasan dahan pohon durian secara rutin, cara ini bisa merangsang pertumbuhan cabang baru serta dapat memaksimalkan pertumbuhan kembangnya.

  •     Irigasi Lahan

Pohon durian yang baru ditanam sebaiknya disiram sehari sekali saja, setelah pohon durian berusia 1 bulan baru bisa disiram 3 minggu sekali.

  •     Penanganan Hama Penyakit

Penanganan hama penyakit harus dilakukan dengan cepat supaya pohon durian kamu tidak rusak ataupun mati, caranya dengan menyemprotkan insektisida dan fungisida setiap 2 minggu sekali atau sesuai kebutuhan tanaman dan pastikan untuk menggunakan bahan organic.


6. Cara Pemupukan Pohon Durian.

Cara menanam durian agar cepat besar ada pada jenis pemupukannya. pemupukan dilakukan sebanyak 3 tahapan selama masa tanam.

Pemupukan I dilakukan saat tanaman sudah berusia 0-2 tahun. Untuk pemupukan II yang dilakukan pada tanaman usia 2-4 tahun. Kemudian, untuk tanaman yang sudah berusia lebih dari 4 tahun, mereka akan memasuki fase pemupukan III. Lakukan pemupukan dengan 3 jenis pupuk, yakni pupuk kandang, pupuk cair, serta pupuk perangsang buah. Dan untuk 2 pupuk pertama di berikan setiap 2 minggu sekali, sedangkan pupuk perangsang dilakukan 6 bulan sekali.


7. Panen Durian.

Pohon durian sudah mulai berbuah setela berusia sekitar 3 tahun setelah masa tanam tergantung dengan jenis apa yang kamu tanam. Panen buah bisa dilakukan sekitar 90 hingga 130 hari sejak bunga panen mekar. Proses pematangan buah dari buah pertama sampai terakhir bisa terjadi selama 2 bulan 2 minggu. Pemanenan bisa dilakukan dengan 2 cara yakni dipetik ketika buah sudah tua, kemudian diperam, lalu yang kedua menunggu buahnya jatuh dari pohon.

Nah, di atas merupakan cara budidaya buah durian dengan cara yang simpel dan mudah. Kunci keberhasilan ialah kamu harus sangat telaten serta harus tau betul jenis pohon durian tersebut. Sekian, Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menanam Buah Durian Tidak Sesulit itu kok, Check Disini!"

Posting Komentar

LANGGANAN