HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Teknik Penanaman Buah Mentega yang Mudah dan Cepat!

 

Buah mentega atau biasa kita sebut buah bisbul merupakan salah satu jenis tanaman buah yang masih satu saudara dengan buah kesemek. Bentuk buah mentega hampir sama dengan buah kesemek, lho, akan tetapi buah ini memiliki bulu bulu halus di sekitaran kulit buahnya. Warna buah mentega berwarna merah serta isi daging dalamnya berwarna putih sedikit kekuning - kuningan. Nama lain dari buah mentega ialah buah lemak.

Buah mentega memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, adapun manfaat buah mentega diantaranya yakni menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan pencernaan perut, mencegah penyakit anemia, serta baik untuk memperbaiki sel sel tubuh yang telah rusak dan lain sebagainya.


Cara Menanam Buah Mentega.


1. Persiapan Bibit.

Bibit buah mentega dapat dilakukan melalui beberapa metode yakni dengan cara biji maupun sistem sambung batang atau okulasi. Budidaya dengan cara biji serta dengan tunas akar. Biasanya jika menggunakan tunas akar akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk berbuah yakni sekitar 7 - 10 tahun lamanya baru akan berbuah.

Agar dapat mempercepat penghasilkan buah di waktu penanamannya, dapat dilakukan dengan menggunakan bibit dari okulasi, yakni menempelkan cabang pohon buah mentega yang sudah berbuah ke batang bagian bawah hasil dari biji. Selain okulasi kamu bisa menggunakan cara yang paling banyak digunakan yaitu dengan sistem pengcangkokkan. Jika tidak ingin repot dapat membeli bibit di kios kios penjual bibit tanaman. Bibit hasil pembelian dari kios, sebaiknya jangan langsung ditanam, akan tetap[ai biarkan dulu bibit 1 - 2 minggu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

2. Persiapan Lahan Tanam.


Lahan tanam yang akan digunakan untuk menanam buah mentega harus dibersihkan terlebih dahulu dari gulma maupun tanaman pengganggu lainnya. Setelahnya, dapat membuat lubang tanam dengan ukuran kisaran 50 x 50 x 50 cm, setelahnya isi lubang tanam dengan pupuk kandang hingga mencapai 2/3 bagian wadah polybag, kemudian biarkan lubang tanam selama 2 - 3 minggu lamanya sebelum ditanam. Jika ingin menanam dalam julah yang banyak, maka buatlah lubang yang sama dengan jarak antar lubang tanam lainnya sekitar 3 x 3m.

Mencari Media Tanam yang berkualitas dengan harga yang murah? kamu bisa klik Disini!

3. Menanam Bibit Buah Mentega.


Jika semua persiapan sudah siap, segera lakukan penanaman bibit. Pertama lepaskan plastik polybag dari bibit dengan berhati - hati supaya media tanam serta perakarannya tidak rusak. Kemudian masukkan bibit ke lubang tanam lalu tutup kembali lubang dengan sisa tanah campuran pupuk yang ada disekitar lubang tanamnya, lalu lakukan penyiraman setelah masa penanaman telah usai. Sebaiknya lakukan penanaman pada awal musim penghujan supaya kamu tidak repot - repot untuk melakukan penyiraman setiap harinya.



4. Merawat Pohon Buah Mentega.

Penyiangan pada gulma ataupun tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar lingkungan bibit tanaman kamu, juga perlu melakukan pemupukan tambahan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos setelah masa tanaman berumur 2 - 3 bulan. Lakukan juga penyemprotan hama penyakit dengan fungsida maupun pestisida, pastikan juga menggunakan bahan bahan organik.

5. Masa Panen.

Tanaman buah mentega atau bisbul dapat tumbuh dalam ketinggian mulai dari 0 – 800 mdpl, dan mampu bertahan hampir segala jenis tipe tanah. Buah mentega umumnya dapat di panen ketika sudah berumur sekitar 6 – 8 tahun setelah masa tanamnya. Musim panen raya buah mentega antara awal bulan Maret – ahir bulan Mei .



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Penanaman Buah Mentega yang Mudah dan Cepat!"

Posting Komentar

LANGGANAN