HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR POLYBAG

Jual Polybag, Pabrik Polybag, Polibag, Distributor Polybag, Supplier Polybag, Polybag Murah, Plastik Polybag, Harga Polybag, Ukuran Polybag, Plastik Polybag, Polybag Tanaman, Polybag Sampah, Kantong Plastik Sampah, Kantong Sampah Medis



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Cepat Budidaya Kunyit di Pekarangan Rumah Kamu

 

Kunyit ialah salah satu tanaman rempah rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Ternyata menanam kunyit bisa kamu lakukan dengan mudah, lho di rumah, baik di tanah di pekarangan, pot, maupun polybag. Meskipun kunyit berasal dari negara India, tetapi kunyit dapat dengan mudah ditemukan di seluruh kawasan Asia, termasuk Indonesia. Kali ini kita membahas cara menanam kunyit di media pot dengan mudah, yang dapat dilakukan sendiri di rumah kamu.

Baca Juga:




1. Memilih  Media Tanam. 

Hal pertama yang harus kamu persiapkan sebelum menanam kunyit ialah media tanam pot. Pilih pot yang  berukuran besar supaya kunyit dapat dengan mudah berkembang melebihi ketinggian 1 meter.

Media tanam pot harus memiliki kedalaman setidaknya 12 inci serta lebar 12-18 inci, sehingga tanaman kunyit dapat menyebarkan umbinya dengan bebas dan leluasa. Tanam kunyit satu hingga dua rimpang di dalam pot. 

Sedang pusing mencari peralatan Green House yang berkualaitas dengan harga yang murah? kamu bisa klik Disini!


2. Menanam kunyit. 

Untuk yang berada di wilayah Indonesia, kunyit dapat ditanam sepanjang tahun, lho. Untuk yang tinggal di kawasan subtropis, musim terbaik untuk menanam kunyit ialah musim semi ataupun musim panas ketika suhu udara mulai tetap di atas 13 derajat celcius. 

Setelah mendapatkan rimpang kunyit, ikuti cara tanam di bawah ini:

  1. Pecah rimpang yang berukuran besar menjadi potongan-potongan kecil, masing-masing harus memiliki setidaknya 2 hingga 4 tunas kunyit. 
  2. Isi pot dengan tanah organik yang lembab yang sudah dikeringkan dengan baik. 
  3. Tempatkan benih kunyit sekitar 5 cm di bawah permukaan tanah pot, dengan kuncup yang menghadap ke atas. Siram pot secara menyeluruh hingga tanah lembab.  
  4. Penampilan tanaman kunyit mirip dengan jahe, jadi ia membutuhkan iklim yang hangat serta lembab untuk berkembangnya. 
  5. Terakhir pastikan posisi tanaman kunyit harus terlindung dari angin. Di daerah tropis, biasanya tanaman ini tumbuh dalam naungan daun daun besar dan tidak menyukai sinar matahari langsung sepanjang harinya.

Ingin Mencari media tanam Pot, kamu bisa klik Disini!

 

3. Kondisi lahan Tanam.

Tanam kunyit di tanah yang ringan dan lempung yang kaya akan bahan organik. Gunakan tanah yang dikeringkan dengan baik jika tidak, tanaman akan menderita. 

4. Perawatan.

Penyiraman. 

Penyiraman kunyit mirip dengan jahe. Jadi jagalah agar tanah tetap lembab sepanjang musim tanamnya. Sirami secara teratur untuk menjaga kelembapan kondisi tanah. Suhu ideal untuk menanam kunyit ialah kisaran antara 20 hingga 35 derajat celcius. 

Pupuk. 

Berikan pupuk pada tanaman kunyit setiap bulannya dengan pupuk cair serba guna selama musim tanamnya, serta dengan pupuk kandang ataupun pupuk kompos. 

Pemangkasan. 

Ketika daun kunyit berwarna kuning atau menguning kamu dapat membuang maupun memotong secara teratur.

Hama penyakit. 

Tanaman kunyit tidak rentan terhadap penyakit ataupun hama yang serius. Akan tetapi tungau, laba-laba merah serta orong orong dapat menjadi masalah. Penyakit yang kerap dideritanya ialah pembusukan pada rimpang serta bercak pada daun. Pembusukan muncul ketika tanaman ditanam di tanah yang tergenang oleh air. Karena itu, penting untuk menanam kunyit di tanah dengan drainase yang bagus. 


5. Masa Panen. 

Tanaman kunyit membutuhkan waktu 8 - 10 bulan setelah masa tanamnya. Pemanenan dilakukan ketika daun menguning serta batang mulai mengering. Memanen kunyit tidak sulit kok, cukup gali seluruh permukaan tanaman termasuk akarnya. Potong jumlah yang dibutuhkan, kemudian tanam kembali pada bagian yang tersisa untuk mendapatkan tanaman baru yang akan tumbuh.


Nah, diatas merupakan cara menanam kunyit dengan media tanam pot yang mudah dan simpel. Tapi sebelum kamu hendak membudidaya tanaman kunyit kamu juga harus sudah mengantongi beberapa referensi lain guna menunjang keberhasilan budidaya kunyit kamu dan menghindari terjadinya kegagalan masa tanam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cepat Budidaya Kunyit di Pekarangan Rumah Kamu"

Posting Komentar

LANGGANAN